Hastag Campus

Agar Skripsimu Lancar, Tekankan 5 Hal Ini biar Gak Keteteran!

Skripsi menjadi tanda bahwa seorang mahasiswa sudah berada di akhir masa studinya di bangku perkuliahan. Menjadi momok dan tantangan tersendiri bagi mahasiswa semester akhir yang hari-harinya hanya berkecimpung dengan skripsi, skripsi dan skripsi.

Karena itulah, selama mengerjakan skripsi dibutuhkan banyak hal yang harus kamu lakukan agar bisa membantumu untuk mempermudah selama pengerjaan. Inilah lima hal yang perlu untuk kamu tekankan agar skripsimu segera kelar.

1. Yakinkan diri bahwa kamu benar-benar ingin fokus mengerjakan skripsi 

Sebelum memulai langkah sudah seharusnya seseorang mempersiapkan diri. Begitupun juga saat kamu akan bertemu dengan tugas akhir kuliahmu, yakni skripsi. Kamu perlu banget untuk mengumpulkan niat sebulat mungkin untuk meyakinkan diri bahwa kamu akan bertemu dengan skripsi.

Sebelum berhadapan dengan skripsi, kamu harus berjanji pada diri sendiri bahwa kamu akan fokus. Sikap fokus ini perlu kamu miliki agar saat diperjalanan selama mengerjakan skripsi kamu tidak akan mudah goyah oleh kendala apapun itu, apalagi dengan hal remeh-sepele yang kerap banget menganggu.

Jadi, pastikan kamu bertekad bulat untuk benar-benar fokus mengerjakan skripsi.

Baca juga: Tugas Tak Kunjung Rampung? Mungkin 5 Hal Ini Jadi Sebabnya

2. Niat saja nggak cukup, loh. Butuh aksi nyata biar skripsimu nggak jadi korban halu-mu!

Jangan sampai kamu terjebak sama rencanamu sendiri. Kamu yang pada mulanya sudah mempersiapkan diri dengan segala planning yang teramat bagus nan rapi, namun yang ada pada praktiknya hanyalah nol. Ini sama saja kamu membohongi niatmu sendiri.

Saat kamu yakin dengan rencana yang bakal mengantarkanmu untuk memudahkan mengerjakan skripsimu itu, kamupun juga harus benar-benar merealisasikannya.

Misalnya, kamu menargetkan diri untuk bisa menyelesaikan skripsi dalam tenggat empat bulan, namun ternyata di bulan pertama kamu bahkan belum menunjukkan progres apa-apa.

Jangan sampai planning yang kita rancang sebagus mungkin malah berakhir menjadi angan-angan semata dan membuatmu semakin terhambat dalam menyelesaikan skripsimu.

3. Upayakan kerja disiplin daripada kerja rodi, jangan menyakiti diri 

Disiplin berarti kamu mengerjakan segala kegiatanmu dengan baik sesuai dengan rencana sehingga hasilnya teratur, rapi, dan tentunya bernilai memuaskan. Namun sebaliknya, pelaksanaan tanpa perencanaan akan membuatmu kesulitan selama dalam perjalanan. Skripsi tidak bisa kamu kerjakan dalam sekali waktu, karena butuh proses yang bertahap.

Kamu bukan ‘Bandung Bondowoso’ yang dalam semalam bisa membangun seribu candi, loh. Sistem kebut semalam atau sistem kerja rodi sangat tidak baik untuk dilakukan dalam penggarapan skripsi.

Pertama karena skripsi sendiri butuh pengerjaan yang bertahap apalagi jika banyak revisi yang membutuhkan ketelatenan. Nggak mungkin, dalam sekali ketik skripsimu selesai sehingga kamu bisa siap ujian, bukan? Kedua, pikirkan juga dampak buruk dari sistem kebut kerja yang mengancam kesehatanmu.

Yakin mau kerja rodi saat nggarap skripsi? Pilihan yang paling sehat adalah kerja disiplin.

Baca juga: Baru Lulus, Ini 5 Manfaat Tidak Terlalu Pilih-pilih Pekerjaan

4. Istirahat sejenak sangat boleh kamu lakukan saat suntuk apalagi mulai merasa lelah 

Wajar merasa kelelahan saat sedang melakukan sesuatu, begitupun juga saat kamu tengah mengerjakan skripsi yang sangat menguras tenaga dan pikiran. Bukan sebuah kesalahan saat kamu berpikir untuk beristirahat sejenak, entah itu sekedar rebahan atau jalan-jalan keluar untuk menyegarkan pikiranmu agar berenergi saat kembali bertemu dengan skripsi.

Nggak salah kok, kalau di satu hari kamu benar-benar melepaskan diri dari pengerjaan skripsi, di mana selama 24 jam itu kamu melakukan aktivitas di luar sana yang sama sekali nggak ada kaitannya dengan skripsi. Asal istirahatmu itu tidak berlama-lama sehingga bisa menyebabkanmu malas untuk melanjutkan mengerjakan skripsi, kamu boleh banget istirahat.

Sekali lagi, memang benar kamu harus serius dalam mengerjakan skripsi dengan niat yang bulat, fokus dengan disiplin kerja. Tapi kamu juga butuh istirahat, setidaknya sejenak saja. Agar energimu terisi kembali sehingga kamu siap untuk segera menyelesaikan tugas akhirmu itu.

5. Skripsi selesai bukan berarti akhir dari prosesmu. Seusai wisuda persiapkan diri untuk bertemu dengan dunia yang sebenarnya 

Lega rasanya saat kamu sudah selesai mengerjakan skripsi dan sudah diujikan juga. Kini kamu bisa santai-santai sambil menunggu jadwal kamu memakai toga, iya benar hari wisuda!

Kamu yang berbulan-bulan berjuang sekuat tenaga demi lancar dan selesainya skripsimu sampai kamu mengorbankan waktu main, waktu rebahan, dan rutinas-rutinitas seru lainnya demi segera cepat selesai skripsi. Sekarang kamu menerima hasilnya juga dan rasanya sebahagia ini kamu berhasil melewati masa krisis skripsi.

Tapi skripsi bukanlah akhir dari perjuanganmu, loh. Melainkan satu langkah menghantarkanmu bertemu dengan pintu baru, bertemu dengan dunia yang sebenarnya dunia di luar sana.

Usai wisuda dan lulus, kamu bukan lagi mahasiswa yang hari-harinya hanya terisi main dan belajar saja. Kamu sudah menjadi bagian dari masyarakat yang itu artinya lingkunganmu akan semakin luas dan beragam.

Untuk itu, sangat diperlukan bagimu mempersiapkan diri agar tidak kaget atau syok dengan dunia baru yang bakal kamu temui nanti. Tentunya agar bisa mempermudahkan kamu untuk beradaptasi, entah di dalam lingkungan masyarakat itu sendiri atau dalam lingkup dunia kerjamu nanti.



Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star