Hastag Campus

5 Hal Positif yang Didapat Jika Sering Mengapresiasi Diri Sendiri

Setiap orang perlu mengapresiasi diri sendiri agar tidak ada keburukan yang menaungi dirinya. Hal itu terkadang dibutuhkan sebab berterimaksih kepada diri sendiri karena telah berjuang dapat memacu semangatmu agar tetap bertahan. Namun pada kenyataannya untuk melakukan hal tersebut memang tidak mudah.

Terkadang kamu terlalu sibuk pada kesalahan yang dilakukan daripada berterimakasih terhadap diri yang telah berjuang. Sebenarnya ada banyak manfaat yang akan didapat jika hal tersebut telah kamu jadikan kebiasaan. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal itu, simak pembahasan ini.

1. Kamu akan lebih menghargai diri sendiri
Ketika sering mengapresiasi diri sendiri, kamu pasti akan bangga terhadap apa yang telah diperbuat olehmu selama ini. Kamu akan melihat seberapa tangguhnya dirimu dalam melewati segala rintangan yang cukup memberatkan. Dengan adanya hal itu kamu juga akan lebih menghargai diri sendiri lebih dari apapun.

Apresiasi terhadap diri sendiri sebenarnya tidak perlu dilakukan secara muluk-muluk. Dengan memberi hadiah-hadiah kecil kepada diri sendiri pasti akan menambah semangat yang sebelumnya terbelenggu karena rasa lelah. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk mengapresiasi diri meskipun itu hanya perbuatan sepele.

Baca juga: Wajib Tahu! 5 Beasiswa Ini Akan Segera Tutup pada Bulan September 2020

2. Kamu akan dihindarkan dari kebiasaan approval junkie
Approval junkie dapat diartikan sebagai sebuah istilah di mana seseorang cenderung menuruti permintaan orang lain dengan tidak mempertimbangkan lebih lanjut. Kamu tidak akan melihat bagaimana dampaknya untuk diri sendiri sehingga malah menjadi bumerang.

Kebiasaan approval junkie tersebut bisa mudah dihilangkan jika kamu senantiasa mengapresiasi diri sendiri. Hal itu karena kamu akan lebih mendahulukan kepentingan diri sendiri dibanding menolong orang lain yang sebenarnya bisa dia lakukan sendiri. Terkadang bersikap egois itu diperlukan agar kamu lebih menghargai diri sendiri.

3. Kamu tidak akan mudah dibodohi orang lain
Problematika setiap orang yang ada di dunia ini pasti tidak jauh-jauh dari kebiasaan gak enakan. Rasa gak enakan tersebut biasanya malah berdampak buruk bagi diri sendiri sehingga banyak orang yang sebelumnya sekadar meminta tolong, berubah menjadi memanfaatkan kebaikan.

Hal yang cukup merugikan tersebut memang harus segera disudahi agar kamu tidak terus-terusan makan hati. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk senantiasa mengaresiasi diri sendiri agar kamu bisa bertindak lebih bijaksana dalam menjalani hidup.

4. Kamu akan paham betapa berharganya dirimu
Setiap orang memang perlu bangga terhadap diri sendiri. Namun kenyataannya hal tersebut susah dilakukan sebab seseorang cenderung mendahulukan kepentingan orang lain. Sekali lagi ingatlah bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu gak baik, termasuk sering mendahulukan kepentingan orang lain.

Cobalah untuk lebih bijaksana dalam menjalani hidup karena tidak semua hal yang kamu anggap baik itu gak merugikan. Senantiasa mengapresiasi diri sendiri adalah langkah yang cukup tepat agar kamu bisa mengerti dan paham betapa berharganya hidupmu.

Baca juga: 5 Negara Favorit Mahasiswa Indonesia untuk S2, Beserta Beasiswanya

5. Kamu akan lebih realistis dalam menjalani hidup
Bersikap realistis dalam menjalani hidup memang diperlukan agar meminimalisir kekecewaan yang mungkin terjadi. Sering mengaresiasi diri sendiri dapat membuatmu lebih realistis dalam menjalani hidup. Hal itu terjadi karena kamu akan lebih melakukan segala sesuatu yang ada dampaknya bagi dirimu.

Kamu menyadari bahwa mengemis predikat “orang baik” di lingkungan sosial hanya membuang-buang waktu saja. Ingatlah bahwa kamu gak bisa memaksa semua orang untuk suka denganmu. Fokuslah pada diri sendiri dengan cara senantiasa mengapresiasi setiap perjuangan yang telah kamu lakukan.

Bersikap apresaitif terhadap diri sendiri memang diperlukan agar kamu bisa mengerti betapa berharganya dirimu. Tidak usah mengedepankan kepentingan orang lain jika hidupmu saja masih terseok-seok.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star