Hastag Campus

Wajib Tahu! 5 Beasiswa Ini Akan Segera Tutup pada Bulan September 2020

Beasiswa merupakan hal yang paling dicari oleh setiap pelajar agar dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Dalam cakupannya, beasiswa sendiri pasti selalu tersedia di setiap tahun, bahkan di setiap bulan.

Nah, bagi kamu yang sudah siap untuk mendaftar pada bulan September ini, ada lho beberapa beasiswa yang bisa kamu ikuti! Apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Digital Talent Scholarship
Digital Talent Scholarship (DTS) 2020 adalah beasiswa yang berbentuk pelatihan intensif bagi 60.000 peserta untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing SDM bidang teknologi informasi dan komunikasi sebagai bagian program pembangunan prioritas nasional.

Beasiswa ini sendiri pada dasarnya ditujukan bagi angkatan kerja muda Indonesia dan Aparatur Sipil Negara di bidang Komunikasi dan Informatika. Nantinya, lulusan dari pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa di era Industri 4.0.

DTS 2020 pun tersedia dalam tujuh bentuk program. Dua di antaranya adalah Program Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (FGA) dan Program Vocational School Graduate Academy (VSGA).

Kedua program tersebut berfokus pada pelatihan intensif berbasis kompetensi nasional yang ditujukan bagi lulusan Pendidikan Vokasi (SMK, D3, D4) bidang TIK, Elektro, Telekomunikasi, Desain Komunikasi Visual, Animasi, dan Multimedia yang belum bekerja. Kamu bisa mendaftarkan diri dalam beasiswa ini jika memenuhi beberapa persayaratan.

Meski demikian, sayangnya DTS 2020 akan segera tutup, tepatnya 9 September 2020 untuk program FGA dan 10 September 2020 untuk program VSGA. Jika kamu tertarik mengikuti beasiswa dari Kominfo ini, segera daftar sebelum terlambat!

Untuk informasi yang lebih lengkap silakan kunjungi situs resmi Digital Talent Scholarship 2020 di https://digitalent.kominfo.go.id/ atau official instagram @digitalent.kominfo

2. Asia Kakehashi Project
Asia Kakehashi Project adalah beasiswa yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi (MEXT) Jepang yang diberikan pada siswa SMA di Indonesia. Tujuannya untuk menjembatani pemahaman budaya antara siswa SMA Indonesia dan Jepang.

Dengan kata lain, beasiswa ini merujuk pada program pertukaran pelajar bagi mereka yang aktif dan berprestasi, baik akademis maupun non-akademis untuk mempelajari budaya Jepang dan berinteraksi langsung dengan warga setempat. Tak hanya itu, ada pula berbagai keuntungan yang bisa didapat oleh kandidat terpilih.

Misalnya, biaya perjalanan PP Indonesia-Jepang, visa Jepang, biaya perjalanan selama di Jepang, tempat tinggal, asuransi kesehatan, dan tunjangan bulanan. Sayang, pendaftaran untuk program ini akan segera berakhir pada 13 September 2020.

Jika kamu tertarik, silakan kunjungi situs resminya di https://afsindonesia.org/asia-kakehashi-program-in-japan/ untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai persyaratan dan cara mendaftarnya.

3. Beasiswa Riset BAZNAS 2020
Wajib Tahu! 5 Beasiswa Ini Akan Segera Tutup pada Bulan September 2020instagram.com/lembagabeasiswabaznas
BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) kembali membuka beasiswa riset pada tahun 2020 ini. Persyaratan untuk mendaftar program beasiswa ini antara lain mahasiswa S1/S2/S3 yang sedang menyelesaikan skripsi/tesis/disertasi pada tahun 2020 dengan cakupan tema yang berhubungan dengan zakat, seperti kajian implementasi IZN (Indeks Zakat Nasional), kajian implementasi IDZ (Indeks Desa Zakat), dan kajian fiqih zakat kontemporer (zakat perusahaan, e-commerce, dan sebagainya).

Waktu pendaftaran untuk program beasiswa ini pun dapat dilakukan sejak 14 Agustus-15 September 2020. Nantinya, kandidat yang terpilih akan menerima bantuan dana riset dengan nominal Rp4 juta untuk S1, Rp7 juta untuk S2, dan Rp10 juta untuk S3.

Untuk informasi lebih jelas, kamu bisa mengunjungi situs resmi beasiswa BAZNAS di https://beasiswa.baznas.go.id/beasiswa/pendaftaran-beasiswa-riset-baznas-20202021.

4. The Asian Development Bank’s Japan Scholarship Program (ADB-JSP)
The Asian Development Bank’s Japan Scholarship Program (ADB-JSP) merupakan beasiswa untuk warga negara yang memenuhi syarat dari negara anggota ADB agar melanjutkan studi pascasarjana di bidang yang terkait dengan pembangunan. Untuk mendaftar program beasiswa ini, kamu harus mengajukan aplikasi i-PM (International Project Management Program) terlebih dahulu dengan membayar ¥ 10.000 atau sekitar Rp 1.396.925,00.

Ketika lolos, kamu akan mendapat beberapa benefit yang cukup menguntungkan. Misalnya, biaya sekolah, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, buku atau bahan ajar penelitian, dan tunjangan hidup sebesar ¥ 147.000 atau sekitar Rp20,5 juta per bulannya.

Selain itu, salah satu lembaga pendidikan yang bisa dijadikan sebagai tujuan dari program ini adalah Universitas Kyoto. Sayangnya, pendaftaran untuk program beasiswa ini akan segera berakhir pada 18 September 2020 saja.

Jadi, buat kamu yang tertarik dengan beasiswa ini, silakan segera daftar atau kunjungi https://www.gsm.kyoto-u.ac.jp/images/2021/admission/ADB-JSP-Application-guideline-for-2021.pdf untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

5. Program Beasiswa dan Kepemimpinan TELADAN 2021
TELADAN adalah inisiatif Tanoto Foundation dalam bentuk program pengembangan kepemimpinan untuk melahirkan generasi muda Indonesia sebagai pemimpin masa depan yang bertanggung jawab. Untuk mewujudkannya, program ini akan memberikan berbagai pelatihan kepemimpinan dan beasiswa kepada peserta program yang terpilih.

Tak hanya itu, Tanoto Foundation turut memberikan bantuan dalam bentuk biaya kuliah yang akan dibayar penuh hingga semester 8 serta tunjangan bulanan. Akan tetapi, program ini hanya dapat diikuti oleh mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi mitra Tanoto Foundation.

Perguruan tinggi tersebut antara lain IPB, ITB, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Undip, UGM, UI, Universitas Riau, dan Universitas Sumatera Utara. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi situsnya di https://www.tanotofoundation.org/id/news/program-beasiswa-dan-kepemimpinan-teladan-2021/.

Itu dia beberapa beasiswa yang masa pendaftarannya akan segera tutup di bulan September 2020 ini. Jangan sampai kehilangan kesempatan untuk mendaftar!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star