Hastag Campus

Merantau? 6 Tips Jaga Kesehatan bagi Mahasiswa yang Jauh dari Rumah

Resmi dianggap sebagai dewasa muda, banyak orang-orang yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan setelah lulus dari SMA. Dengan berbagai program studi dan lembaga pendidikan, calon mahasiswa dapat memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat.

Banyak pula yang memutuskan untuk menempuh jenjang kuliah di luar daerah tinggalnya. Mereka inilah yang disebut mahasiswa perantau. Ada banyak tantangan dalam hidup dan belajar jauh dari rumah dan keluarga, salah satunya adalah menjaga kesehatan. Agar bugar selalu, simak enam tips berikut ini!

1. Lakukan olahraga ringan
Agar tetap segar dan bugar, salah satunya adalah dengan melatih tubuh untuk aktif bergerak. Apabila keuanganmu tidak mencukupi untuk membayar keanggotaan gym, kamu bisa melakukan aktivitas seperti naik-turun tangga di kampus, jogging mingguan di taman kota, atau berolahraga ringan di dalam kamar kos seperti yoga atau kardio singkat.

Baca juga: Pahami 5 Hal Ini Saat Membangun Personal Branding di Media Sosial

2. Mengonsumsi vitamin
Jangan salah, meminum vitamin termasuk investasi untuk kesehatan, lho! Dengan vitamin, kamu tidak akan mudah tertular virus penyakit dan akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dalam menghadapi cuaca Indonesia yang sering tidak menentu. Dewasa ini, terdapat banyak pilihan vitamin yang memiliki berbagai macam kandungan dan harga yang bisa disesuaikan dengan keuangan mahasiswa.

3. Sedia P3K di kos
Ketika pertama kali pindah untuk tinggal di kos, ada baiknya kamu berbelanja benda-benda P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan). Tidak harus kotak, kamu bisa menggunakan dompet berukuran sedang atau tempat penyimpanan lainnya. P3K ini bisa kamu isi dengan kapan, cairan pembersih luka, plester luka, dan obat-obatan domestik seperti obat penurun demam, flu, sakit kepala, tetes mata, dll. Ketika kamu merasa tidak enak badan, kamu tidak perlu bingung harus ke mana dan menghabiskan uang. Sama seperti namanya, P3K ini adalah pertolongan pertamamu ketika tubuh dirasa sedang sakit.

Baca juga: 5 Manfaat Jika Kamu Sering Introspeksi Diri!

4. Konsumsi air putih cukup
Sebagai mahluk hidup yang sebagian besar tubuhnya terdiri atas air, meminum air sangatlah penting! Sebagai mahasiswa yang sibuk berkuliah, kamu harus selalu ingat untuk memenuhi kebutuhan konsumsi air. Selain mencegah agar tidak terkena dehidrasi, konsumsi air putih rutin memiliki berbagai dampak baik bagi tubuh seperti kelancaran aliran darah, organ pencernaan yang sehat, dan kulit yang lebih bersinar.

Kamu juga harus meminimalisir konsumsi air berperisa seperi minuman energi, minuman beralkohol, dan bersoda. Bingung bagaimana caranya? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memasang alarm minum air putih di telepon genggammu!

5. Konsumsi beragam makanan
Anak kos selalu identik dengan satu makanan, yaitu mie instan! Eits, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan serba instan, ya! Walaupun murah, ada alternatif lain yang lebih sehat dan sama-sama murah. Kamu bisa belajar memasak sendiri menggunakan bahan-bahan segar seperti sayur-sayuran dan daging yang diolah sendiri. Untuk cemilan, kamu juga bisa beralih ke buah-buahan dibandingkan snack berperisa dan berpengawet. Tentunya dengan konsumsi makanan yang beragam, tubuhmu akan lebih sehat karena diberikan asupan vitamin yang cukup.

6. Istirahat cukup
Mahasiswa identik pula dengan begadang untuk mengerjakan tugas kuliah. Namun demi kesehatan tubuh, kamu perlu istirahat yang cukup. Caranya adalah mengatur jadwal belajar dan waktu yang baik agar tidak tidur terlalu larut. Manfaatkan hari libur sebaik-baiknya untuk beristirahat. Jika tubuhmu lelah, jangan dipaksa untuk bekerja! Ambil waktu sejenak untuk duduk tenang dan mengatur pernapasan. Sayangi tubuhmu!

Bagaimana? Jika sering dipraktikkan, hal-hal ini akan menjadi sebuah kebiasaan baik bagi gaya hidup sehatmu! Agar kehidupan berkuliah lancar, jangan lupa jaga kesehatan!

Sumber : Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star