Hastag Campus

Asyik, Ada 6 Jurus Jitu Kuasai Bahasa Asing dengan Cepat!

Pernah nggak sih kamu iri sama teman-teman yang jago berbahasa asing, mulai dari bahasa Inggris, Jepang, Prancis, Korea, sampai bahasa lainnya? Apalagi saat mereka bisa asyik menonton film Hollywood atau drama Korea favorit tanpa musti mengandalkan subtitle. Waaaah semakin envy deh rasanya!

Nah, buat kamu yang juga pengin seperti mereka, nggak usah khawatir sebenarnya. Karena dengan beberapa strategi yang tepat, kamu juga bisa kok berlatih melancarkan kemampuan bahasa asing kamu. Mau tahu caranya? Yuk simak artikel berikut ini!

1. Pilih satu bahasa yang paling menarik minat
Sebagai generasi millennial yang punya sense of curiousity tinggi, pastinya kamu udah nggak sabar buat menguasai banyak bahasa sekaligus. Kan asyik tuh kalau bisa sekaligus fasih bahasa Inggris, Jepang, Jerman, dan Mandarin? Iya juga sih…hanya saja, saat mempelajari suatu bahasa, ada baiknya kamu berkonsentrasi untuk belajar satu-persatu saja.

Sebagai contoh, sebut saja kamu sedang tertarik buat belajar bahasa Korea, Belanda, dan Inggris. Nah, coba kamu pilih di antara ketiga bahasa tersebut mana yang paling kamu minati atau memiliki kemungkinan paling tinggi untuk kamu gunakan sehari-hari. Misalnya saja, karena kamu bekerja di perusahaan Korea, maka sebaiknya fokus dulu di bahasa Korea, hal itu akan mempermudah pekerjaan kamu sehari-hari. Barulah setelah satu bahasa sudah kamu kuasai dengan baik, kamu bisa beralih mempelajari bahasa lainnya.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Bikin Kita Susah Menguasai Bahasa Asing, Hindari!

2. Rajin menonton film
Kamu pasti ingat kan kalau RM, leader group BTS, belajar bahasa Inggris dari hasil menonton serial “Friends?” Nah, ternyata bukan hanya RM saja, kamu pun pasti secara tidak sadar sering menyerap kata-kata asing yang kamu dengar setelah menonton suatu film atau serial TV. Coba, ada berapa banyak di antara kamu yang jadi tahu arti kata-kata seperti “Oppa” atau “Eomma” setelah menonton drama Korea favorit?

Ini membuktikan bahwa film adalah media belajar yang cukup efektif saat mempelajari suatu bahasa asing. Hal ini dikarenakan, saat menonton film, otak kita sedang berada dalam kondisi yang rileks dan tidak tegang, sehingga tanpa sadar mudah menyerap informasi yang dilihat dan didengar. Selain itu, film atau drama biasanya menggunakan bahasa sehari-hari yang lebih sering dipergunakan, sehingga kamu akan lebih mudah juga berlatih menerapkannya dalam berbagai situasi di kehidupan kamu.

3. Membuat catatan istilah sendiri
Kebanyakan orang sering melupakan pentingnya membuat catatan istilah sendiri saat belajar bahasa dan hanya mengandalkan materi yang terdapat pada buku. Padahal, dengan membuat sendiri catatan yang diperlukan, kamu akan jadi lebih mudah mengingat hal-hal yang kamu tulis lho! Kamu pun dapat menyesuaikan catatan tersebut itu dengan istilah yang lebih sering kamu gunakan atau lebih sulit kamu ingat.

4. Rajin menerjemahkan dan menulis artikel berbahasa asing
Kamu ingin mampu mengingat vocabulary asing dalam waktu singkat? Coba deh ambil satu artikel dari media online, lalu coba terjemahkan sendiri. Lakukan hal ini setiap hari untuk minimal satu artikel saja, dan kamu pasti akan merasakan perkembangan bahasa yang pesat.

Biasanya, saat menerjemahkan artikel, kita akan menemukan kata-kata baru dan mau tidak mau jadi harus mencari artinya. Metode belajar seperti ini akan membuat kita dapat mengingat arti kata tersebut lebih cepat dan tidak mudah lupa, karena ada “pengalaman” yang kita lalui saat proses pencarian arti kata tersebut. Selain itu, pastinya hal ini jauh berbeda dengan bila kamu hanya menghapal istilah-istilah asing tersebut.

Baca juga: 5 Hal yang Membuatmu Cocok Jadi Pemimpin serta Panutan yang Baik

5. Rajin berlatih berbicara bahasa asing
Pernah nggak sih kamu merasa sudah lancar menulis dan membaca buku bahasa Inggris, tapi gelagapan saat harus ngobrol langsung dengan native speaker? Nah, hal ini biasanya terjadi bila kita kurang sering berlatih pengucapan, sehingga mulut kita kaku saat harus mengucapkan kata-kata asing tersebut.

Kalau kamu nggak punya teman berlatih, kamu bisa kok latihan membaca keras-keras potongan berita atau percakapan yang ada di internet sambil melihat ke cermin. Dengan begitu, kamu sekalian bisa melatih ekspresi kamu saat sedang berbicara. Gampang sekali, kan?

6. Mengunduh aplikasi belajar bahasa
Beruntunglah kita ada di zaman yang seba canggih seperti sekarang ini. Mau belajar apa pun, semua materinya bisa kita dapatkan secara online. Termasuk juga belajar bahasa. Coba deh kamu cek AppStore atau Google PlayStore. Di sana banyak banget aplikasi belajar bahasa yang bisa kamu download secara gratis. Tinggal pilih deh, mau belajar bahasa apa. Dan pastinya, hal itu bisa membantu memperlancar kemampuan bahasa asing kamu.

Terbukti kan, selagi kita ada kemauan, jalan keluar pasti bisa didapatkan. Kalau kamu bertekad buat belajar bahasa asing sampai fasih, ada banyak cara yang bisa kamu tempuh, contohnya ya beberapa langkah di atas tadi. Semoga bisa membantu ya. Selamat belajar!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star