Hastag Campus

5 Hal yang Membuatmu Cocok Jadi Pemimpin serta Panutan yang Baik

Saat bekerja bisa dibilang semua orang ingin memiliki sosok pemimpin yang baik, namun tidak semua orang beruntung mendapatkannya. Karena pemimpin itu sosok yang sangat penting, baik untuk kemajuan pekerjaan atau juga menjadi panutan bagi yang lain.

Nah jika kamu saat ini sedang menjadi seorang pemimpin, kamu tentu ingin menjadi sosok pemimpin yang hebat kan? Untuk itu konon ada beberapa hal yang bakal membuatmu jadi pemimpin yang baik dan pantas jadi panutan. Yuk simak pembahasannya berikut ini!

1. Peduli dengan kesehatan anggota atau rekan kerja lain
Kamu sudah menjadi pemimpin yang baik jika peduli dengan kesehatan anggota pekerja atau rekan yang lain. Seperti tidak mempersulit izin saat sakit, atau justru menyediakan pelayanan kesehatan bagi pekerja. Kamu tidak memaksa mereka untuk tetap bekerja meski sedang sakit.

2. Mengutamakan profesionalitas
Kemudian, pemimpin yang patut dicontoh itu tentu yang mengutamakan profesionalitas dalam bekerja. Kamu sudah menjadi pemimpin yang baik jika tidak mencampur urusan pribadi dengan pekerjaan, jadi masalah pribadimu tidak mengganggu performa dalam bekerja dan tetap profesional apapun yang terjadi.

Baca juga: 5 Beasiswa Kuliah di Korea Ini akan Tutup Pendaftaran Akhir 2020

3. Bertindak adil dan tidak semena-mena
Dirimu yang bertindak adil dan tidak semena-mena dengan pekerja juga menjadi bukti bahwa kamu pemimpin yang pantas jadi panutan. Tidak memberikan beban pekerjaan yang melewati batas, atau pun pilih kasih kepada pekerja dan mengistimewakan salah satunya.

4. Bijak mengambil keputusan untuk kemajuan bersama
Pemimpin itu bukan pajangan atau pun sekadar status saja, namun pemimpin menjadi sosok yang memegang tanggung jawab besar terhadap kemajuan perusahaan atau pekerjaan. Termasuk bijak dalam mengambil keputusan.

Tidak mementingkan keputusan pribadi dan mengutamakan kebaikan bersama adalah tanda kalau kamu hebat dalam memimpin.

Baca juga: 10 Tips yang Bisa Kita Lakukan agar Gak Gampang Nge-blank saat Ujian

5. Mendengar pendapat yang lain dengan seksama
Hal terakhir yang menjadikanmu sebagai pemimpin yang baik ialah mendengar pendapat serta aspirasi dari rekan-rekan kerja yang lain. Tidak membatasi mereka dalam beropini dan bersedia menerima masukan-masukan yang mungkin bagus untuk kemajuan bersama.

Menjadi pemimpin yang baik itu tidak mudah, namun jika lima hal tadi ada pada dirimu berarti kamu pantas untuk jadi panutan.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star