Hastag Campus

Capek & Stres, 5 Tanda Beban Pekerjaanmu Sudah Melebihi Batas Wajar

Dunia kerja yang berat sering kali membuat kita kesusahan, terutama bila suatu hal yang tak terduga terjadi. Salah satunya, beban kerja menjadi lebih banyak dan berat.

Jika bertambahnya tidak begitu signifikan, tentunya tidak apa-apa. Namun kalau sudah berlebihan, bisa-bisa kamu malah jadi stres. Jika kamu ingin tahu beban kerjamu melebihi batas wajar atau tidak, simak lima tandanya di bawah ini, ya!

1. Meningkatnya intensitas kerja lembur
Tanda yang perlu kamu perhatikan ialah meningkatnya intensitas kerja lembur yang kamu lakukan. Biasanya, mungkin kamu cuma lembur satu atau dua kali dalam seminggu. Kini, berubah menjadi hampir setiap hari. Kalau sudah seperti itu, berarti beban kerjamu melebihi batas wajar.

Baca juga: Catat! 10 Tips Ini Sangat Berguna bagi Anak Kos, Maba Wajib Tahu

2. Badanmu terasa seperti remuk setiap pulang kerja
Lalu, jika tubuh terasa seperti mau remuk dan sangat kelelahan setiap pulang kerja, berarti beban kerjamu sudah berlebihan dan melewati batas kemampuan. Semua jenis pekerjaan memang bikin kita lelah, tapi bukan berarti setiap hari tenagamu dikuras habis karena pekerjaan. Ini sudah bukan suatu hal yang normal, lho!

3. Kamu pusing melihat tumpukan pekerjaan
Kemudian, setiap datang dan pergi kerja, rasanya kepalamu pusing meskipun hanya melihat tumpukan pekerjaan di meja. Kalau sudah seperti ini, berarti kamu mulai muak dan sangat capek dengan beban kerja yang berat itu, bahkan menimbulkan semangat untuk mengerjakannya saja, mungkin kamu tidak bisa.

Baca juga: 7 Tips Mengatasi Grogi Ketika akan Menghadapi Ujian, Yuk Dicoba!

4. Waktu istirahatmu berkurang drastis
Keempat, kalau waktu istirahat jadi berkurang drastis, bahkan sampai curi-curi kesempatan supaya bisa istirahat sejenak, maka itu tandanya beban kerja sudah berlebihan. Kamu mungkin bisa membicarakannya dengan atasan sebab kamu butuh beristirahat dengan baik agar kesehatanmu terjaga.

5. Kehilangan semangat dan keinginan untuk makan
Tanda terakhir yang menunjukkan beban kerjamu melebihi batas wajar ini, bisa dibilang cukup parah. Sebab, kamu sudah di tahap kehilangan semangat dan keinginan untuk makan.

Ini seperti kehilangan motivasi, bahkan jika diberi makanan favoritmu pun, kamu tidak berselera. Jika seperti ini, mintalah cuti sebentar agar kamu bisa menjernihkan pikiran dan memulihkan semangat diri.

Meskipun bekerja keras dan beban kerja itu sudah menjadi risiko dalam dunia kerja, namun kamu harus menyadari lima hal tadi supaya tidak semakin stres dan capek. Sebab, kamu manusia dan bukan robot.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star