Hastag Campus

7 Tips Mengatasi Grogi Ketika akan Menghadapi Ujian, Yuk Dicoba!

Saat akan menghadapi ujian atau tes, entah ujian di sekolah atau kampus, tes bahasa Inggris, tes masuk perguruan tinggi, hingga tes melamar kerja, perasaan grogi atau gugup mungkin kerap melanda kita. Rasa grogi bisa muncul terutama saat kita merasa belum siap dengan ujian tersebut, sehingga kepercayaan diri kita pun bisa menciut.

Sebenarnya, grogi saat akan menghadapi ujian merupakan sesuatu yang wajar asal masih dalam porsi yang wajar. Namun bila sudah berlebihan, tentu hal tersebut gak bisa kita biarkan begitu saja karena justru bisa mengganggu konsentrasi kita saat ujian berlangsung.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kita lakukan supaya gak grogi ketika akan menghadapi ujian.

1. Mempersiapkan sejak dini
Mulai saat ini, sebaiknya biasakan untuk mempersiapkan ujian sejak dini. Jangan sampai kita belum siap di detik-detik terakhir karena belajar dengan sistem kebut semalam hanya akan membuat kita stres dan tambah grogi.

Belajar sejak beberapa minggu atau beberapa bulan sebelum hari pelaksanaan ujian bisa membantu kita mengurangi rasa gugup dan bahkan meningkatkan rasa percaya diri karena kita sudah punya ‘bekal’ yang lebih kuat.

Baca juga: 5 Alasan di Balik Pentingnya Perilaku “Berpikir Sebelum Bertindak”

2. Istirahat yang cukup
Bila kita kurang tidur, hormon dalam tubuh bisa kacau dan ‘merusak’ mood menjelang ujian. Karena itu, ketika akan menghadapi ujian, pastikan kita beristirahat dengan cukup yaitu minimal sekitar delapan jam sehari. Jangan malah menggunakannya untuk belajar dengan sistem kebut semalam.

3. Menghindari obrolan bernada negatif
Sebelum ujian, kita mungkin akan berkumpul bersama teman, entah untuk belajar kelompok atau sekadar mengobrol terkait ujian yang akan dilaksanakan. Pada saat berkumpul itu, gak menutup kemungkinan ada teman yang mengeluh mengenai ujian, menceritakan kecemasan atau ketakutan bila gak lulus, atau lain sebagainya.

Apapun itu, sebaiknya hindari curhatan yang bernada negatif karena itu hanya akan memberi sugesti kepada kita untuk menjadi grogi.

Baca juga: 6 Tips Dapatkan Kos Nyaman dan Sesuai Kriteria di Daerah Baru

4. Menciptakan kata-kata dengan afirmasi positif atau motivasi
Pada dasarnya, rasa grogi muncul karena kita gak pede dengan diri sendiri sehingga memunculkan keinginan menyerah sebelum ‘berperang’. Karena itulah, kita perlu mengubah mindset tersebut menjadi positif. Saat mempersiapkan ujian, cobalah mengucapkan kata-kata bernada positif seperti ‘saya pasti bisa’, ‘saya mampu lulus ujian besok’, dan masih banyak lagi.

Selain diucapkan ke diri sendiri, kita juga bisa menuliskan kata-kata positif tersebut ke dalam secarik kertas dan menempelkannya ke tempat yang sering kita jangkau, misalnya di buku harian, dinding kamar, dan lain sebagainya. Entah disadari atau tidak, melakukan hal tersebut bisa membantu memupuk kepercayaan diri dan mengurangi rasa grogi, lho!

5. Memetakan hal terburuk yang mungkin terjadi
Dalam menghadapi ujian, kita tentu harus berusaha, tapi kita juga harus tetap berpikir realistis. Kita perlu memikirkan skenario terburuk yang mungkin saja terjadi setelah kita selesai ujian dan menerima hasil ujian. Bukannya membuat nyali ciut, hal ini bertujuan untuk menganalisis risiko apa saja yang bisa terjadi. Kita pun bisa mempersiapkan solusi atau plan B atas risiko tersebut sehingga kita gak merasa gugup saat akan menghadapi ujian.

Misalnya saat kita ingin tes seleksi masuk perguruan tinggi favorit, kita bisa mempersiapkan alternatif tes masuk ke perguruan tinggi lainnya sebagai cadangan. Dengan begitu, kita gak perlu terlalu cemas dengan hanya mengandalkan satu tes di universitas favorit tersebut saja.

6. Melakukan teknik-teknik relaksasi
Gak ada salahnya untuk melakukan beberapa teknik relaksasi, misalnya bernapas dalam (deep breathe) atau memijat beberapa titik di tangan, misalnya di bagian antara ibu jari dan jari telunjuk. Dengan melakukan berbagai hal tersebut, pikiran dan tubuh kita pun bisa lebih rileks walau akan menghadapi ujian.

7. Jangan lupa berdoa
Hal lain yang gak kalah penting untuk kita lakukan adalah berdoa untuk diberikan kelancaran dalam pelaksanaan ujian. Ingat, sekeras apapun usaha kita, Tuhan sudah punya ketentuan untuk kita. Meski begitu, kita tetap perlu berusaha semaksimal yang kita bisa.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa kita lakukan agar gak grogi saat akan menghadapi ujian. Jadi, jangan nervous lagi ya. Dengan pikiran yang lebih rileks, semoga kita bisa melalui ujian dengan hasil sesuai yang diharapkan.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star