Hastag Campus

5 Alasan di Balik Pentingnya Perilaku “Berpikir Sebelum Bertindak”

Manusia merupakan makhluk hidup yang memiliki otak untuk berpikir, setiap tindakan yang dilakukan biasanya dipertimbangkan secara matang untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Namun tak jarang ada orang yang bertindak sesuka hati tanpa memikirkan sebab akibat yang akan ditimbulkan, padahal sedikitnya ada lima alasan di balik pentingnya perilaku bertindak sebelum berpikir yang jarang orang sadari. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

1. Mengurangi risiko bersikap ceroboh di waktu yang tidak tepat
Tiap orang pasti pernah bersikap ceroboh dalam situasi dan kondisi tertentu, itu sudah menjadi sifat alami manusia. Namun bukan berarti harus dibiarkan begitu saja, sikap ceroboh harus segera di antisipasi segera mungkin.

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah selalu berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak, di mana pun dan bagaimanapun kondisinya. Tindakan ini dapat mengurangi risiko bersikap ceroboh di waktu yang tidak tepat.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Memilih Jurusan Sastra

2. Tindakan yang dilakukan cenderung diterima banyak orang
Semua orang sangat menghargai setiap tindakan dan perilaku yang diawali dengan pemikiran yang matang sebelumnya, yang mana mereka tahu bahwa ada pertimbangan yang jelas dengan maksud dan tujuan tertentu.

Hal ini menandakan bahwa orang yang berpikir sebelum bertindak sangat dihargai oleh orang sekitar, setiap tindakan yang dilakukan benar-benar dipikirkan secara pasti dengan akal sehat.

3. Tujuan dari tindakan yang dilakukan lebih jelas dan beralasan
Orang yang berpikir sebelum bertindak sangat memperhatikan tujuan dan alasan di balik tindakannya, yang mana dia akan melakukan apa yang harus dilakukan dengan tujuan dan alasan yang pasti.

Itu artinya, berpikir sebelum bertindak memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan setiap tindakan kamu ke depannya, bahkan kamu akan lebih mudah mengontrol diri sendiri ketika berada dalam situasi tertentu.

Baca juga: Hindari, 6 Sikap Kurang Bijaksana saat Ada Masalah di Kantor

4. Melakukan tindakan dengan hasil yang sesuai dengan ekspektasi
Ada sebab, ada akibat. Setiap tindakan yang kamu lakukan selalu ada dampak yang ditimbulkan, baik dalam bentuk positif maupun negatif. Namun hasil yang diharapkan tidak akan sesuai dengan ekspektasi jika tidak berpikir sebelum bertindak.

Setiap tindakan yang dipikirkan secara matang, akan ada gambaran hasil yang diinginkan. Setidaknya hal ini meningkatkan angka keberhasilan kamu setelah melakukan tindakan yang direncanakan.

5. Memaksimalkan kinerja otak
Semua manusia memiliki otak untuk berpikir, kita semua tahu itu. Namun tidak semua orang bisa memaksimalkan kinerja otaknya dengan baik, bahkan tidak dipergunakan di waktu yang dibutuhkan.

Dengan cara berpikir sebelum bertindak, ini akan memaksimalkan kinerja otak kamu untuk terus memanfaatkan apa yang kamu butuhkan.

Itu dia deretan alasan di balik pentingnya perilaku “berpikir sebelum bertindak”. Cobalah untuk memaksimalkan cara berpikir kamu agar bisa mengontrol setiap tindakan yang akan dilakukan.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star