Hastag Campus

Ingin Bermental Juara? Tanamkan 5 Hal Ini dalam Dirimu

Menjadi juara tidak hanya ditentukan oleh kemampuan melakukan sesuatu dengan amat baik melainkan justru dimulai dari mental. Jika mentalmu kuat, jalan menjadi juara terbuka lebih lebar. Bahkan, bukan juara semusim melainkan juara bertahan yang sukar dikalahkan dari waktu ke waktu.

Tetapi bahkan saat kamu harus mengalami kekalahan, kamu akan tetap kalah dengan terhormat. Kamu tidak akan mempermalukan dirimu sendiri dengan menyudutkan orang lain dan tetap mengeklaim kemenanganmu.

Untuk memiliki mental seorang juara memang tidak mudah. Tetapi tetap bisa dipelajari kalau kamu mau. Inilah 5 hal yang harus kamu tanamkan dalam dirimu jika kamu benar-benar ingin bermental juara.

1. Memandang kalah atau menang sebagai hal yang biasa
Hal yang biasa dalam arti siapa pun bisa sewaktu-waktu mengalami kekalahan atau meraih kemenangan. Memang dalam setiap kompetisi, kemungkinannya hanya menang atau kalah. Dengan pandangan ini, kamu jadi tidak terlalu heboh saat merayakan kemenangan, juga tak terlalu sedih saat harus kalah.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Saat Kamu Akan Menjalani Sidang Skripsi Online

2. Harus bisa menerima kegagalan sebaik kamu menerima keberhasilan
Meski kegagalan terasa tidak menyenangkan, justru kamu bisa belajar lebih banyak darinya. Dan pelajaran-pelajaran yang bisa kamu petik dari setiap kegagalan itulah yang akan sangat membantumu meraih keberhasilan di kemudian hari.

3. Harus bisa mengakui dan mengapresiasi yang lebih unggul darimu
Jangan malah dengki lalu melemparkan ujaran-ujaran kebencian pada mereka yang lebih unggul darimu. Mereka adalah gurumu. Jadilah murid yang baik agar kamu bisa belajar banyak dari mereka.

Baca juga: Sebagai Pegawai Baru, 5 Cara Cepat Ini Dapat Mempermudah Pekerjaanmu

4. Saat kamu yang menjadi juara, jangan bikin orang lain merasa kalah dua kali
Misalnya, dengan mengolok-olok mereka yang kalah atau terlalu membesar-besarkan kemenanganmu. Bangga boleh. Senang sudah sewajarnya. Tetapi tetap kontrol dirimu dan secara langsung maupun tak langsung berikan penguatan untuk mereka yang kalah. Bahkan, sikapmu yang wajar sudah membantu yang kalah tak makin merasa kalah.

5. Terus belajar dari siapa pun tentang apa pun
Jangan pernah merasa sudah tahu segalanya. Dunia ini terlalu luas untuk bisa diketahui seluruh isinya dengan secepat itu. Terbukalah pada segala ilmu, siapa pun yang mengajarkannya.

Cermatilah setiap kejadian di sekitarmu dan renungkan. Sebab tak satu pun perkara terjadi di dunia ini tanpa membawa pelajaran bagi yang mau merenungkannya.

Jika kamu sudah memiliki mental juara, pertahankan. Kalau belum, terus latih dirimu dengan kelima hal di atas.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star