Hastag Campus

5 Manfaat Mendengar Musik Klasik Saat Belajar, biar Makin Efektif!

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk belajar. Ada yang harus belajar di kamar dengan suasana yang tenang dan sepi, ada juga yang bisa belajar di kafe yang cenderung lebih banyak orang dan ramai.

Selain itu ada juga orang yang ketika belajar harus mendengar musik. Bukan hanya mengisi sunyinya ruangan ternyata mendengar musik juga bisa menambah kualitas belajar, lho. Berikut merupakan 5 manfaat mendengar musik klasik saat belajar!

1. Meningkatkan konsentrasi belajar
Dilansir Medical News Today, mendengar musik dapat mengaktifkan reward center pada otak. Hal ini dapat memicu motivasi dan memengarui fokus pada pendengarnya. Ketika mendegar musik orang-orang cenderung lebih cepat menyelesaikan pekerjaannya serta memiliki ide yang lebih kretif.

Bunyi yang menenangkan dan menyenangkan menyebabkan peningkatan konsentrasi. Hal inilah yang membuat musik klasik sangat cocok bila didengar saat belajar.

Baca juga: Belum ‘Sah’ Lulus Kuliah Kalau Belum Punya 5 Hal Ini

2. Meningkatkan daya ingat
Memiliki masalah dalam mengingat materi? Cobalah mengingat sembari mendengar musik klasik. Saat mendengar musik klasik, saraf-saraf pada otak menjadi lebih aktif. Hal ini juga memicu aktifnya area otak yang terkait dengan emosi, kognisi serta memori.

Dengan mendengar musik klasik suasana belajar menjadi lebih menyenangkan karena peningkatan mood yang terjadi. Selain itu juga fungsi kognitif terutama daya ingat mengalami peningkatan.

3. Melatih otak akan fokus yang berbeda
Mendengarkan musik merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan bersamaan dengan kegiatan lainnya, salah satunya adalah belajar. Hal ini disebut juga dengan kegiatan multitasking. Dimana seseorang dapat melakukan dua kegiatan dalam waktu bersamaan.

Ketika melakukan kegiatan ini, otak akan dilatih untuk berkonsentrasi dan fokus pada hal yang berbeda. Saat belajar pilihlah musik instrumen agar pemahaman terhadap materi tidak tertanggu.

Baca juga: Penting Buat Masa Depan: Selain Skill, Kamu Harus Punya ‘Personal Branding’ Untuk Bersaing!

4. Membuat lebih tenang dan menekan kecemasan berlebih
Mendengar musik klasik dengan tempo lambat membuat tekanan darah menurun dan tempo jantung menjadi mengikuti ritme musik. Dengan mendengar musik klasik sebelum belajar membuat perasaan lebih tenang sehingga materipun akan lebih mudah diresap.

Mendengar musik saat belajar pun akan membuat kamu merasa lebih santai dan rileks. Cobalah mendengar musik klasik dengan tempo yang lambat agar ritme jantung tetap tenang.

5. Meringankan stres
Saat mendengar musik klasik tubuh akan memproduksi dopamin dan menurunkan hormon kortisol. Hormon kortisol merupakan hormon yang bertanggung jawab atas stres, karena itu hormon ini perlu dikendalikan.

Belajar merupakan salah satu kegiatan yang mudah membuat jenuh dan stres. Disinilah peran dari musik klasik, untuk menyeimbangkan hormon dan mengurangi stres saat belajar.

Itu dia 5 manfaat mendengar musik klasik saat belajar. Banyak metode yang bisa digunakan guna meningkatkan kualitas belajar. Apakah mendengar musik adalah metode yang cocok denganmu?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star