Hastag Campus

5 Cara Efektif untuk Tingkatkan Minat Membaca, Makin Kaya Wawasan!

Membaca adalah salah satu cara untuk kita dalam meningkatkan kecerdasan, wawasan, hingga pola pikir. Kendati memiliki banyak sekali manfaat, nyatanya membaca masih sering diabaikan oleh banyak orang, dan terkesan sebagai kegiatan sampingan.

Padahal manfaat membaca yang sangat beragam tersebut dapat membantu kita dalam menjalani kehidupan. Nah, kira-kira bagaimana ya caranya agar minat membaca kita bisa meningkat? Yuk simak jawabannya berikut ini!

1. Beli beberapa buku yang menarik
Mungkin kamu beranggapan bahwa membeli banyak buku akan percuma jika kamu tidak memiliki minat membaca. Tetapi, dengan kamu membeli beberapa buku yang menarik, ketertarikan kamu dalam membaca akan meningkatkan. Karena rasa penasaran kamu terhadap buku itu akan memancing diri kamu untuk membaca. Lama-kelamaan membaca akan menjadi salah satu bagian dari hidup kamu.

2. Sering-sering ke perpustakaan
Di perpustakaan, kamu akan dengan mudahnya menemukan banyak buku yang sesuai dengan gaya hidup dan pola pikir kamu. Buku-buku seperti itu yang akan menarik minat baca kamu dengan sendirinya. Jadi, bukan berarti perpustakaan hanya membuang-buang waktu kamu. Melainkan memanfaatkan waktu yang kamu miliki untuk mengembangkan wawasan kamu.

3. Belajar membaca efektif
Beberapa orang kehilangan semangat membaca karena dia memiliki kekurangan terhadap cara membaca yang kurang efektif, baik pada bahasa, pesan, dan juga intonasi yang terkandung di dalam sebuah buku. Kamu dapat mengatasi hal itu jika kamu berusaha untuk belajar membaca efektif. Dengan begitu kamu tidak akan kesulitan lagi dan lebih semangat membaca dari yang sebelumnya.

4. Letakkan buku di tempat yang sering kamu lihat
Ketika kamu meletakkan sesuatu barang di tempat yang biasa kamu lihat, otomatis konsentrasi kamu akan terus berfokus pada benda tersebut. Begitu pun dengan buku, jika kamu meletakkannya di tempat yang biasa kamu jangkau, dengan begitu kamu akan terfokus pada buku tersebut dan memiliki ketertarikan untuk mendalami isi dari buku tersebut.

5. Bergabung dengan komunitas baca
Berada pada lingkungan orang-orang yang memiliki hobi membaca juga akan mempengaruhi kamu untuk memiliki gaya hidup yang sama. Jika mereka menyukai buku, kamu dengan sendirinya juga akan menyukai buku. Oleh karena itu, lingkungan sangatlah penting dalam pembentukan karakter seseorang. Jadi, jika kamu ingin menjadi manusia yang baik, maka dekatkanlah dirimu pada lingkungan yang baik.

Untuk pertama, gak usah memaksakan diri harus menyelesaikan satu buku dengan cepat apalagi merampungkan beberapa sekaligus. Membaca sedikit namun rutin bakal lebih baik untuk membiasakan. Mau coba?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star