Hastag Campus

Untuk Para Mahasiswa, Stop Percaya 5 Mitos tentang Kuliah Ini

Anak kuliah bebas ga masuk kelas? Jurusan sosial ga ada belajar hitung-hitungan? Mungkin itu adalah beberapa mitos yang sering kamu dengar sebelum masuk kuliah.

Alhasil, beberapa di antara mereka merasa menyesal karena telah mempercayai hal tersebut. Nah, berikut ini beberapa hal tentang kuliah yang sebenarnya merupakan mitos belaka.

1. Jurusan kuliah jadi penentu karier
Meski beberapa orang memiliki karier yang sesuai dengan jurusannya waktu kuliah, akan tetapi ada juga lho orang-orang yang meniti karier berbeda dengan jurusan kuliahnya. Ini bisa terjadi karena mereka tidak hanya mengambil manfaat dari dalam kelas saja. Melainkan juga mengikuti kegiatan yang ada di kampus sehingga mampu membangun networking yang baik sekaligus mempertajam soft skill yang mereka miliki.

Baca juga: 7 Pelajaran Berharga yang Bisa Kamu Dapatkan Selama Mengikuti KKN

2. Konsentrasi perkuliahan harus ditentukan dari awal kuliah
Jurusan dan fakultas memang wajib ditentukan sejak awal mendaftar kuliah. Akan tetapi, saat memilih konsentrasi biasanya tidak ditentukan di awal perkuliahan, melainkan di pertengahan.

3. Jurusan kuliah yang berbasis sosial tidak akan belajar hitung-hitungan
Nah, hal yang satu ini biasanya menjadi alasan dari beberapa mahasiswa yang mengambil jurusan ilmu sosial. Padahal, kenyataannya hampir semua jurusan kuliah pasti ada pelajaran hitungannya, lho. Misalnya saja dalam ilmu komunikasi. Meskipun berbasis sosial, akan tetapi mereka juga akan belajar hitung-hitungan sebagai ilmu untuk menyelesaikan skripsi yang menggunakan metode kuantitatif.

Baca juga: 5 Trik Bikin Kamar Kos Tetap Rapi Meski Biaya Terbatas

4. Anak kuliah bebas untuk tidak masuk kelas
Jika dibandingkan dengan masa sekolah, saat kuliah kamu memang bisa lebih mudah untuk tidak masuk kelas. Akan tetapi, pada dasarnya absensi kamu di kelas masuk ke dalam komponen penilaian juga. Oleh karena itu, meskipun nilai ujian, tugas, dan kuis kamu bagus bisa jadi nilai akhir kamu akan buruk karena masalah pada absensi tersebut.

5. Orang yang sukses biasanya lulusan dari universitas yang terkenal
Pemikiran seperti ini seharusnya sudah dibuang jauh-jauh. Sebab, kuliah di kampus terkenal gak menjamin kesuksesan hidup seseorang, kok. Pasalnya, sukses atau tidaknya kamu di dunia kerja bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti seberapa efektif kamu menyerap materi kuliah, soft skill dan hard skill, serta networking.

Nah, itu dia beberapa mitos tentang kuliah yang perlu kamu ketahui dan berhenti percayai. Semangat terus ya kuliahnya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star