Hastag Campus

Selain Kesenangan, 5 Hal Ini Juga Akan Kamu Rasakan Usai Lulus Kuliah

Beberapa orang menganggap jika kehidupan setelah lulus kuliah akan terkesan menyenangkan. Padahal, momen tersebut bisa berarti sebagai sebuah perjalanan baru yang harus kamu lalui. Selain itu, ketika kamu lulus nanti beberapa hal di bawah ini juga bisa terjadi.

1. Merindukan masa kuliah
Mungkin ketika masih melalui masa kuliah kamu sempat merasa jenuh. Akan tetapi, setelah lulus bisa saja kamu justru merasakan rindu terhadap hal-hal yang ada di masa tersebut. Bahkan, biasanya ini juga terjadi saat kamu lulus dari bangku SMA lho.

Baca juga: 5 Modal Dasar Lulusan Baru untuk Kuat Hadapi Kerasnya Dunia Kerja

2. Baru sadar jika pilihanmu saat kuliah memengaruhi masa depan
Ketahuilah jika pilihan semasa kuliah dahulu bisa memiliki dampak dan mampu mengarahkan masa depanmu ke jalan yang berbeda. Salah satu hal yang biasanya disesali ketika lulus kuliah tersebut adalah merasa salah jurusan, dan tidak ikut lembaga atau kegiatan apa pun. Untuk itu, sebelum terlambat sebaiknya pikirkan untuk melakukan hal-hal yang positif saat berada di bangku kuliah.

3. Tidak langsung dapat kerja di tempat impian
Hal lain yang akan kamu rasakan setelah lulus dari kampus adalah ketatnya persaingan mencari kerja. Oleh karena itu, sebaiknya tentukan karier yang ingin kamu jalani sejak berada di awal kuliah. Dengan fokus meningkatkan keterampilan, percayalah jika ketika lulus nanti bekerja di perusahaan impian bukanlah hal yang mustahil.

Baca juga: 5 Pekerjaan Keren yang Bisa Dilamar oleh Lulusan Ilmu Pemerintahan

4. Sadar kalau teman akan datang dan pergi begitu saja
Meskipun ketika menjalankan masa kuliah kamu mendapatkan hubungan pertemanan yang baru, namun setelah lulus bisa jadi hal tersebut tidaklah sama lagi. Sebab, bak roda yang berputar, pertemanan bisa datang dan keluar dari kehidupanmu begitu saja tanpa alasan yang jelas. Akan tetapi, ketahuilah bahwa itu merupakan hal yang wajar terjadi dalam setiap hubungan pertemanan.

5. Menyadari jika menjalani hidup layaknya orang dewasa membutuhkan biaya yang cukup besar
Saat menjalani kehidupan layaknya orang dewasa, maka kamu akan dihadapi oleh pikiran untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan baik. Ketika mengalami momen tersebut, kamu pasti akan menyadari betapa mahalnya biaya hidup yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, belajarlah mengelola uang dengan bijak sebelum kamu menyesali semuanya.

Beberapa hal di atas mungkin saja terjadi ketika kamu lulus kuliah nanti. Oleh karenanya, nikmati dan manfaatkan masa kuliahmu saat ini dengan baik dan positif. Jangan sampai semua yang kamu lakukan terasa sia-sia.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star