Hastag Campus

Selain Beasiswa, Begini 5 Cara Dapat Dana Bantuan untuk Biaya Kuliah

Pendidikan tinggi merupakan idaman bagi setiap orang, namun ternyata tak semua orang beruntung bisa berkuliah karena masalah biaya. Memang biaya pendidikan yang mahal sering menjadi hambatan yang menyakitkan bagi generasi muda yang bermimpi kuliah tetapi apa daya kemampuan finansial keluarga tak mencukupi.

Namun, tahukah kamu jika sebenarnya terdapat cara untuk mendapatkan dana bantuan dalam biaya pendidikan? Nah, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan
Tabungan pendidikan merupakan produk perbankan yang memiliki ketentuan jumlah dana serta bunga yang telah ditetapkan sebagai rencana tabungan pendidikan dalam jangka menengah maupun panjang.

Sementara, asuransi pendidikan adalah produk keuangan berupa asuransi unit link yang tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga nilainya pun bisa turun dan naik tergantung nilai pasar saham.

Kedua cara ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan bersiap persiapan jangka panjang. Oleh karenanya, kedua hal ini bisa menjadi cara untuk menyediakan biaya pendidikan bagi anak kamu kelak.

2. Bantuan dana pendidikan dari pihak universitas
Pihak universitas menyediakan bantuan dana pendidikan bagi mahasiswa yang membutuhkan. Fasilitas ini merupakan keuntungan yang dapat diperoleh bagi mahasiswa yang memiliki kondisi keuangan di bawah taraf mampu. Tetapi, bantuan ini biasanya bersifat ikatan dinas sehingga setelah lulus kamu harus langsung bekerja di tempat sponsor tersebut.

3. Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Kredit Tanpa Agunan atau KTA adalah upaya untuk memperoleh biaya pendidikan berupa pinjaman tanpa harus memberikan jaminan suatu aset yang kamu miliki. Namun, karena tidak ada jaminan biasanya bunga yang dipatok oleh bank cukup tinggi mencapai 4 persen per bulan. Nah, jika kamu ingin memanfaatkan cara yang satu ini, pastikan bahwa kamu benar-benar komitmen dan disiplin dalam membayar angsuran setiap bulannya.

4. Beasiswa
Beasiswa merupakan salah satu pilihan paling umum yang biasanya dicari oleh setiap orang untuk mendapatkan bantuan dana pendidikan. Tentu untuk mendapatkan beasiswa terdapat beberapa persyaratan tertentu, seperti memiliki nilai yang baik, berprestasi di sekolah, bahkan ada beasiswa yang mewajibkan pendaftarnya mengikuti tes seleksi terlebih dahulu.

Beasiswa ini ada lima jenis, yakni beasiswa perguruan tinggi, beasiswa lembaga pemerintahan, beasiswa swasta, beasiswa yayasan pendidikan, dan beasiswa non-formal atau beasiswa yang berasal dari aktivis/donatur.

5. Investasi
Cara yang terakhir adalah dengan melakukan investasi pada instrumen properti, saham, reksa dana, maupun emas. Investasi ini sangat cocok bagi kamu yang ingin meraih keuntungan karena nilainya cenderung mengalami kenaikan. Hanya saja, investasi ini bersifat tabungan jangka panjang sehingga jika ingin mendapatkan keuntungan kamu harus menunggu dalam waktu yang cukup lama.

Jadi itulah sejumlah cara untuk mendapatkan dana bantuan untuk biaya kuliah. Jika kamu ingin meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tingi persiapkan dirimu sebaik-baiknya, tingkatkan prestasimu terutama jika kamu ingin mendapatkan beasiswa atau dana pendidikan dari kampus atau sponsor lainnya.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star