Hastag Campus

5 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Tulisanmu Semakin Berkualitas

Siapa nih dari kalian yang hobi menulis? Bagi sebagian orang menulis adalah kegiatan yang amat membosankan, sebab tidak semua orang mampu mengeluarkan ide dan menuangkan pikirannya dalam bentuk tulisan.

Namun bagi sebagian orang yang lain menulis adalah terapi jiwa, sarana mengeluarkan berbagai macam ide dalam bentuk tulisan. Selain itu menulis menjadi salah satu hobi yang mengasikkan, kita bisa bebas berekspresi dan sebagai ajang meluapkan perasaan. Jika kamu menjadikan menulis sebagai hobi atau pekerjaan, penting kiranya untuk melakukan 5 kebiasaan sederhana ini agar tulisanmu menjadi semakin berkualitas

1. Rajin membaca
Menulis dan membaca adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Jika ingin menghasilkan tulisan yang berkualitas, maka kita tidak boleh malas untuk membaca. Kamu bisa menyempatkan waktumu untuk membaca novel, buku non fiksi, koran, majalah, berita online, atau sumber yang lain.

Semakin rajin kamu membaca maka pengetahuanmu akan meningkat, kosa kata bertambah, dan ajang untuk mencari inspirasi yang bisa dituangkan dalam bentuk tulisan.

Baca juga: Senang Menulis Puisi? Inilah 6 Tip agar Karyamu Semakin Berkualitas

2. Meluangkan waktu untuk menulis
Luangkan waktumu sebentar untuk merangsang ide-ide baru melalui tulisan. Kalau selama ini kamu suka malas padahal kamu memiliki cita-cita sebagai penulis, maka saat ini lawan kata malas tersebut dan mulailah untuk meluangkan waktumu setiap harinya. Kebiasaan sederhana tersebut dapat membantu tulisanmu semakin berkualitas.

3. Tulis sesuatu yang kamu senangi
Coba deh dari sekarang mulai untuk menulis sesuatu yang kamu senangi terlebih dulu. Cari tahu kamu suka menulis tema tentang apa, menulis fiksi atau non fiksi, genre tulisan yang bagaimana, hal itu harus kamu ketahui terlebih dahulu. Jika kamu sudah mengetahui tulisan yang kamu senangi, kamu bisa memulai untuk menulis dan mengembangkan sesuai dengan ide yang kamu punya.

Baca juga: 5 Cara Mudah Kerja Sama dengan Rekan Kerja Perfeksionis

4. Setiap ada ide yang muncul segera catat
Kebiasaan sederhana selanjutnya yaitu setiap ide yang muncul di pikiranmu segera catat deh. Karena nantinya ide tersebut akan membantumu untuk menulis. Jika tidak segera kamu lakukan, bisa jadi ide tersebut akan hilang atau jadi lupa sendiri. Jadi usahakan ketika ide muncul secara tiba-tiba segera kamu catat atau menulisnya langsung.

5. Lawan rasa malas
Lawanlah rasa malas dan kebiasaan yang bisa menghambatmu untuk menulis. Rasa malas saat ingin memulai sesuatu memang tidak bisa dihindarkan. Namun jangan sampai kamu kalah dengan rasa malas tersebut.

Paksa dirimu untuk bergerak dan biasakan untuk berani melangkah, menjadi salah satu cara untuk melawan rasa malas tersebut. Di awal memang sangat sulit, namun yakinlah kamu bisa melawannya.

Itu dia 5 kebiasaan yang bisa membuat tulisanmu semakin berkualitas. Berkualitas dari segi isi, bahasa, dan pengaruhnya terhadap pembaca. Semoga membantu ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star