Hastag Campus

Be Positive! Pahami 5 Hal Ini Agar Tidak Mudah Judge Orang Lain

Tidak ada manusia yang sempurna yang selalu terlihat baik di mata orang lain, setiap orang pasti pernah salah. Kadang sebagian orang sangat suka menghakimi orang lain hanya karena tidak sesuai kehendaknya, meskipun orang yang dicibirnya itu belum tentu melakukan kesalahan.

Sebagai sesama manusia, sebenarnya siapa pun tidak berhak menilai orang lain, karena hanya Tuhan yang berhak menilai baik buruknya manusia. Nah, agar kita terhindar dari sifat mudah menghakimi orang lain, pahami alasannya berikut ini. Keep positive thinking! 

1. Jangan mudah membuat kesimpulan terhadap orang lain
Pernah dengar istilah “don’t judge the book by it’s the cover”? Kalimat tersebut menegaskan agar kita tidak mudah menilai orang lain dari luarnya saja tanpa mengetahui isi di dalamnya seperti apa.

Sebaiknya kita tidak gampang menyimpulkan apa yang terjadi pada orang lain, apalagi jika kita tidak tahu alasan yang sebenarnya. Hindari melontarkan kata-kata negatif terhadap orang lain karena siapa tahu kalimat tersebut sebenarnya ada pada diri kita sendiri.

Baca juga: 7 Cara Kilat Kuasai Grammar Bahasa Inggris, Pasti Langsung Bisa!

2. Setiap orang punya prinsip.
Jangan anggap orang yang berseberangan denganmu menyimpang, karena pada dasarnya setiap orang memiliki prinsip masing-masing yang tidak mesti sama denganmu. Biarkan orang lain menjalankan hidup dengan caranya sendiri, kamu tidak usah pusing memikirkannya.

Kamu pun sebaiknya jalani kehidupanmu dengan prinsipmu sendiri tanpa membandingkannya dengan orang lain. Sekali lagi, karena setiap orang memiliki prinsip.

3. Selalu berpikir positif 
Agar kita terhindar dari sifat yang mudah menghakimi orang lain, sebaiknya jernihkan otak dan jauhkan dari hal-hal negatif. Selalu positive thinking terhadap apa pun yang terjadi termasuk selalu berprasangka baik terhadap orang lain, sebab pikiran toxic akan memicu penyakit hati dan tidak baik untuk tubuh. Be positive, ya guys!

Baca juga: Trik Sederhana Menjawab 6 Pertanyaan Jebakan Saat Interview Pekerjaan

4. Hindari mencari kekurangan orang lain
Terus mencari-cari kekurangan orang lain tidak ada manfaatnya bagi dirimu sendiri. Mau dibandingkan dengan siapa pun, tidak akan ada manusia yang sempurna, setiap orang mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Daripada sibuk membicarakan kekurangan dan kesalahan orang lain, lebih baik kita introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Manusia memiliki hak asasi sama sejak lahir
Hak asasi manusia merupakan hak yang melekat sejak manusia lahir. Setiap orang memiliki hak yang mutlak dalam menjalankan kehidupan sesuai kehendaknya.

Orang lain tidak berhak menghina dan mengoreksi diri seseorang selama ia tidak menyimpang dari norma. Jadi, orang lain kepada kamu dan kamu kepada orang lain tidak ada hak untuk saling menghakimi dan menilai benar salah pribadi masing-masing. So, berhenti untuk judge kehidupan orang lain!

Itu dia lima hal yang harus dipahami agar tidak mudah menghakimi orang lain. Sebaiknya kita lebih menyibukkan diri dengan kebaikan daripada sibuk mengoreksi orang lain.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star