Hastag Campus

6 Hal yang Harus Dimanfaatkan dengan Status Mahasiswamu

Waktu normal untuk menyelesaikan studi S1 adalah 4 tahun. Bukan hanya menyelesaikan akademismu saja tetapi yang juga tak kalah penting adalah menggali potensi dalam dirimu. Dengan waktu selama itu, kamu bisa manfaatkan status mahasiswamu untuk hal-hal seru dan berfaedah tentunya. Nah, ini 6 hal yang bisa kamu manfaatkan semaksimal mungkin selama menjadi mahasiwa.

1. Keliling dunia gratis
Kata gratis di sini tidak seratus persen gratis, tetapi kamu harus membuat suatu karya tulis ilmiah dan melombakannya ke dunia internasional tentunya. Proposal karya tulismu dapat diajukan ke pihak kampus untuk mendapatkan dana mengikuti kompetisi di luar negeri. Selain itu jika tulisanmu sangat berbobot, kampus akan mencarikan dana untukmu. Ini mungkin terdengar sulit, tetapi semua butuh proses belajar. Kamu bisa memulai dengan mengikuti kompetisi essay di tingkat nasional ataupun regional. Dengan menulis kamu bisa mendapatkan pengalaman seru dan hadiah uang tunai yang lumayan lho.

Baca juga: Lakukan 5 Langkah Sederhana Ini agar Mampu Belajar dari Kegagalan

2. Gratis ikut event berfaedah
Banyak event yang diadakan dengan sasaran mahasiswa dan anak muda. Biasanya yang berhubungan dengan pendidikan dan lifestyle anak muda. Ada beberapa dari event tersebut yang menggratiskan mahasiswa untuk ikut, contohnya seminar, kompetisi karya tulis, workshop, pelatihan, dan masih banyak lagi.

3. Magang di perusahaan impian
Ada mahasiswa yang menunda wisudanya padahal sudah lulus skripsi. Alasan mereka adalah menggunakan status mahasiswanya untuk mengikuti magang di perusahaan impiannya. Dengan pengalaman magang di perusahaan tersebut maka peluang untuk diterima akan lebih tinggi bukan?

4. Beasiswa
Ada banyak sekali beasiswa untuk mahasiswa, baik itu dari pemerintah maupun dari pihak swasta. Mulai dari beasiswa berprestasi maupun beasiswa bagi yang tidak mampu. Banyak-banyaklah mengajukan beasiswa jika kesempatan itu ada dan terus mengukir prestasi. Selain sebagai syarat mengajukan beasiswa, prestasimu selama menjadi mahasiswa akan menggambarkan bahwa kamu orang yang cerdas dan berpengalaman saat di dunia kerja nanti.

Baca juga: 5 Manfaat Membuat To Do List Saat Berburu Beasiswa, Yuk Lakukan!

5. Berorganisasi dan membangun koneksi
Selain belajar hardskill, mahasiswa harus mengasah softskill juga. Dengan berorganisasi, kamu dapat mengasah softskillmu. Banyak pelajaran yang tidak kamu dapatkan di ruang kelas, misalnya cara menempatkan diri saat rapat dan berdiskusi, mengadakan suatu event, bekerja sama dalam tim, dan masih banyak lagi. Selain itu dengan berorganisasi kamu dapat membangun koneksi yang luas, baik di internal kampus maupun luar kampus.

6. Memulai bisnis
Selama menjadi mahasiswa berusahalah membuka pertemanan dengan banyak orang. Lingkup pertemanan yang luas menjadi suatu potensi yang harus digunakan untuk memulai bisnis. Kamu juga bisa kolaborasi bersama teman untuk membangun suatu bisnis. Selain itu, kamu bisa minta bantuan teman satu kampus buat promosiin dagangan kamu. Banyak lho, mahasiswa sekarang yang sudah gak minta uang jajan ke orang tua karena mereka telah mampu menghasilkan uang sendiri.

So, itulah 6 hal yang harus banget kamu manfaatkan selama memegang status mahasiswa. Terus gali potensi dirimu dan jadikan itu bekal untuk meraih sukses. Stay positive everyone.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star