Hastag Campus

Lakukan 5 Langkah Sederhana Ini agar Mampu Belajar dari Kegagalan

Mengalami kegagalan gak cuma pernah dialami kamu seorang, guys. Bahkan hampir semua orang sukses pernah merasakan yang namanya gagal. Karena sejatinya kegagalan adalah proses awal menuju kesuksesan.

Saat sedang terpuruk karena merasa gagal, kamu pasti merasa ingin menyerah dan berbalik arah. Tapi, jangan terburu-buru mengambil keputusan yang salah. Coba deh praktikkan dulu lima langkah di bawah ini agar kamu bisa bangkit dari kegagalan dan kembali mencoba.

1. Menerima sepenuhnya bahwa kamu sudah gagal
Tahu gak kenapa ada banyak orang yang merasa tidak mampu bangkit dari kegagalan? Biasanya penyebabnya adalah karena mereka enggan mengakui bahwa usahanya sudah gagal.

Jadi, jika ingin bangkit dan kembali mencoba, saat kegagalan menghampiri akuilah dia. Menerima kegagalan itu sendiri adalah hal pertama yang membuat kamu nantinya bisa memulai kembali usahamu.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Korbankan Kalau Ingin Dapat Skor TOEFL Tinggi

2. Rehatlah sejenak
Saat semua usaha telah kamu kerahkan dan ternyata yang kamu alami justru adalah kegagalan, maka ada baiknya untuk beristirahat sejenak. Biarkan dirimu memulihkan diri dari perasaan gagal yang melanda. Jika memang ingin bersedih, maka bersedihlah. Gak perlu memendam emosi negatif yang gak penting, ya!

3. Menelaah dan mencari penyebab kegagalanmu
Setelah menerima kegagalan dan waktu istirahatmu terasa cukup, kamu harus kembali memulai semuanya. Gak usah langsung mencoba dari awal lagi. Justru, mulailah dengan mengevaluasi semua kegagalan yang kemarin menimpamu. Coba deh kamu ingat-ingat dan cari kembali kira-kira apa yang menjadi penyebab kegagalan tersebut.

Baca juga: Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Dapat Meningkatkan Vocabulary Lho

4. Mencari solusi dari penyebab kegagalan tersebut
Saat permasalahan sudah ditemukan, tentu kamu harus memecahkannya. Pikirkan dengan matang solusi apa yang akan bisa memecahkan masalah tersebut. Bagaimana harusnya langkah yang tepat untuk dilakukan agar kesalahan yang sama gak lagi terulang.

5. Mulai kembali dari awal dengan semangat penuh
Ketika semua langkah tersebut sudah kamu lakukan, itu berarti kamu sudah siap untuk benar-benar memulai lagi. Kumpulkan semangat dan kembalilah berusaha. Jangan lupa untuk menerapkan semua solusi yang sebelumnya sudah kamu cari tahu. Sertakan juga doa dan restu dari orang terdekat.

Kegagalan bukanlah sesuatu yang harusnya menghentikan langkah kita. Justru, dari kegagalan tersebut kita wajib belajar dan mencari tahu apa yang perlu dibenahi demi meraih kesuksesan. Siap bangkit kembali?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star