Hastag Campus

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Ini Dapat Meningkatkan Vocabulary Lho

Vocabulary atau penguasaan banyaknya kosakata dalam bahasa Inggris sangatlah penting. Vocabulary dibutuhkan dalam listening, reading, speaking, dan writing. Dalam listening dan reading, vocabulary sangat membantu kita dalam memahami suatu hal yang kita dengar dan yang kita baca. Dalam speaking, good vocabulary menjadi bekal dalam conversation yang baik pula. Sedangkan dalam writing vocabulary sangat penting dalam karya tulis yang kita buat. Nah ternyata 5 kebiasaan di bawah ini tanpa disadari dapat meningkatkan vocabulary lho.

1. Sering mendengarkan lagu berbahasa Inggris
Saat mendengarkan suatu lagu dan merasa mendapatkan feel dari lagu tersebut, pasti kamu akan mencari arti lirik lagu tersebut. Dengan begitu, tanpa disadari, kamu sudah menambah vocabulary melalui kosakata yang ada di dalam lirik lagu yang sebelumnya belum kamu ketahui artinya.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Harus Kamu Hindari Saat Mempersiapkan Tes TOEFL

2. Membaca novel berbahasa Inggris
Jika hobi kalian membaca, coba baca novel berbahasa Inggris. Dari hal ini, kamu akan mendapatkan banyak kosakata bahasa inggris dan terkadang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Catat daftar vocabulary untuk menjadi kamus pribadi.

3. Menonton film bersubtitle Inggris
Nonton film bersubtitle Inggris akan melatih skill terutama listening dan reading tentang vocabulary. Terkadang kosa kata berbahasa inggris yang kamu dengar berbeda dengan yang semestinya. Misalnya, seventy atau seventeen?

Baca juga: 5 Cara Ini Membuatmu Belajar Menjalani Hidup Sederhana tanpa Mengeluh

4. Bermain games dengan setting berbahasa Inggris
Sebelum memulai suatu games, kamu akan diberi demo cara bermain games tersebut. Banyak games yang memberi demo dengan bahasa inggris. So, kenapa gak baca satu per satu perintah games tersebut untuk menambah vocabulary.

5. Berbicara dengan mencampurkan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia saat bersama teman
Ini perlu kepercayaan diri yang tinggi karena akan mengundang hujatan “sok Inggris lu!”. Tenang aja practice make perfect kan. Kebiasaan ini bisa banget untuk meningkatkan vocabulary karena secara langsung menggunakan kosakata berbahasa inggris dalam keseharianmu. Tapi ingat kebiasaan ini dipakai dalam suasana non formal ya guys. Misal saat mau ke kantin, “hey yo, you wanna go to canteen with me?”.

Gak semua kepintaran berbahasa Inggris didapat dari les atau ikut kelas bahasa. Semua tergantung pada pribadi masing-masing. Kita bisa karena terbiasa.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star