Hastag Campus

5 Cara Ini Membuatmu Belajar Menjalani Hidup Sederhana tanpa Mengeluh

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menjalani hidup mereka, ada yang memilih untuk hidup mewah menikmati hasil kerja keras mereka, dan ada yang memilih hidup sederhana dengan apa yang mereka punya. Bahkan, ada banyak orang yang berpenghasilan besar namun lebih memilih untuk menjalani hidup dengan sederhana.

Hidup sederhana juga bukan berarti pelit, namun menjalani hidup dengan apa adanya tanpa harus mengeluh. Kalau kamu salah satu orang yang ingin menjadi sederhana, yuk simak 5 langkah kecil di bawah!

1. Selalu bersyukur
Selalu bersyukur menjadi hal yang paling penting dalam menjalani hidup, dengan selalu mengucapkan terima kasih kepada Tuhan kita akan selalu menghargai pemberiannya dan kerja keras yang telah dilakukan. Karena merasa bersyukur dengan apa yang telah kita punya maka, kita juga akan jarang mengeluh.

Baca juga: 5 Pemikiran yang Harus Dibuang Jauh Kalau Ingin Skripsi Cepat Selesai

2. Membedakan kebutuhan dan keinginan
Cara agar dapat hidup sederhana adalah dapat membedakan yang mana kebutuhan, dan yang mana keinginan. Dengan begitu kita dapat tahu mana yang memang harus kita beli serta berguna, dan yang mana hanya keinginan semata tanpa memiliki fungsi. Hal tersebut akan membuatmu jadi berhemat, uang yang kamu punya juga dapat ditabung untuk keperluan mendesak yang tidak tahu kapan datangnya.

3. Tidak memaksakan diri menjadi orang lain
Menjalani hidup dengan sederhana bisa dilakukan dengan tidak memaksakan diri menjadi seperti orang lain, karena menjadi diri sendiri dengan apa adanya akan membuatmu lebih bersyukur dengan apa yang kamu punya. Kamu juga bisa berkembang dan sukses tanpa harus memaksakan diri menjadi seperti orang lain, asalkan dengan tekun dan kerja keras.

Baca juga: 5 Hal yang Patut Kamu Banggakan Sebagai Seorang Introvert

4. Merasa cukup dengan apa yang dimiliki
Merasa cukup dengan apa yang dimiliki membuat kamu jadi bisa hidup apa adanya, tanpa merasa iri dengan apa yang orang lain miliki. Walau terkadang muncul rasa iri namun, rasa iri tersebut tidak akan membuatmu menjadi benci hingga sering mengeluh. Sebab, dengan cepat akan tersadar bila yang kamu sudah cukup untukmu.

5. Ingat jika masih banyak orang yang belum seberuntung kamu
Saat memiliki kondisi ekonomi yang tidak stabil hingga terpaksa mengubah gaya hidup menjadi lebih sederhana, jangan pernah beranggapan bahwa kamu yang paling terpuruk. Cobalah melihat sekeliling, masih banyak orang yang belum seberuntung kamu dan kesusahan, ada baiknya jika kamu menjalaninya dengan sabar dan bangkit sedikit demi sedikit.

Menjalani hidup yang sedehana memang susah bagi sebagian orang, tapi apa salahnya jika diterapkan?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star