Hastag Campus

5 Tips Agar Kamu Tetap Semangat Saat Sedang Mempersiapkan Tes IELTS

Sebagai salah satu jenis tes yang diakui oleh banyak lembaga internasional, tes IELTS (Internasional English Language Testing System) kian populer di kalangan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Sayangnya, kamu perlu merogoh kocek yang cukup dalam untuk dapat mengikuti tes ini. Dengan biaya yang mahal, kamu tentu ingin hasil tes yang memuaskan, bukan?

Untuk mendapatkan skor IELTS tinggi, kamu perlu persiapan yang baik serta latihan yang cukup. Faktanya, mempersiapkan tes ini dapat menjadi sesuatu yang menantang dan melelahkan. Dibutuhkan waktu belajar yang cukup serta komitmen yang kuat agar kamu tetap termotivasi dalam berlatih IELTS.

Agar kamu tetap semangat dalam mempersiapkan diri untuk tes IELTS, berikut ini beberapa tips yang mungkin dapat membantu kamu.

1. Mengingat kembali tujuanmu
Kamu mungkin mengambil tes IELTS dengan tujuan tertentu, misalnya untuk mendapatkan beasiswa atau pekerjaan ke luar negeri. Di kala jenuh berlatih IELTS, gak ada salahnya untuk mengingat kembali tujuanmu itu sebagai motivasi.

Kamu bisa menempelkan poster atau tulisan yang berisi tujuan atau cita-citamu tersebut di dinding kamar atau tempat lainnya yang sering kamu lihat. Kamu juga bisa menyimak berbagai cerita motivasi orang lain yang sudah sukses mendapatkan beasiswa atau pekerjaan ke luar negeri.

Baca juga: Dear Mahasiswa, Ini 5 Hal yang Bisa Menjadi Motivasi Meraih IPK Tinggi

2. Menggunakan sumber materi belajar yang bervariasi
Berlatih IELTS dengan satu jenis sumber materi mungkin akan terasa membosankan. Gak melulu buku, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai jenis sumber materi elektronik, seperti website, aplikasi atau software, youtube, media sosial, hingga games yang berkaitan dengan IELTS.

Berbagai sumber materi elektronik tersebut umumnya dikemas dengan tampilan menarik serta bisa diakses dengan mudah dan cepat melalui gadget. Belajar jadi tambah semangat, deh!

3. Mengatur jadwal belajar dengan baik
Kita mungkin akan lebih mudah kehilangan semangat ketika dihadapkan pada materi yang terlalu banyak untuk dipelajari. Kita akan kewalahan, gak tahu di mana harus memulai belajar, dan perlahan kehilangan motivasi belajar. Hal serupa juga bisa berlaku ketika kamu sedang berlatih IELTS.

Supaya materi belajarmu gak terlihat banyak, kamu bisa men-split jadwal latihanmu per minggu untuk satu bagian tertentu, seperti listening, reading, writing, dan speaking. Dengan begitu, materi IELTS gak akan terasa banyak dan kamu pun bisa lebih fokus dalam berlatih.

Yang gak kalah penting, pastikan kamu menyelipkan jadwal istirahat yang cukup diantara jam berlatihmu. Kurang istirahat gak hanya berakibat kelelahan, tapi juga dapat menurunkan kinerja otak. Dengan istirahat yang cukup, kamu akan kembali bugar dan bersemangat. Jadi, jangan terlalu memforsir diri ya!

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Ini Cocok Banget untuk Kamu yang Suka Berimajinasi

4. Menerapkan sistem “reward and punishment”
Selama berlatih IELTS, gak ada salahnya untuk mencoba membuat tantangan atau challenge untuk diri sendiri. Tantangan ini bisa berupa target harian yang wajib kamu capai, misalnya overall band score sebesar minimal 6.5 untuk try out mandiri harian.

Kamu bisa juga menerapkan sistem “reward and punishment” atas capaian berbagai target harian yang sudah ditetapkan sebelumnya. Kalau berhasil mencapai target tersebut, kamu berhak mendapatkan reward untuk diri sendiri, misalnya tambahan quality time, makan dengan menu enak, liburan, dan lain sebagainya. Sebaliknya saat belum berhasil mencapai target, kamu bisa menerapkan hukuman untuk dirimu sendiri, seperti push up, makan tanpa menu enak, dan lain sebagainya.

5. Menemukan teman belajar
Gak bisa dipungkiri, berlatih IELTS bersama teman bisa jauh lebih mengasyikkan. Kamu bisa saling bertanya atau mengoreksi kesalahan dalam pengerjaan soal-soal latihan IELTS. Saat kamu atau teman belajarmu sedang jenuh, kalian juga bisa saling memberi semangat satu sama lain. Jadi, gak ada salahnya kan untuk mencari kawan yang mau diajak berlatih IELTS bareng?

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya tetap semangat saat sedang mempersiapkan tes IELTS. Dari kelima tips tadi, mana saja nih yang sudah kamu lakukan?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star