Hastag Campus

5 Teknik Ampuh untuk Menenangkan Pikiran yang Terlalu Sibuk Bekerja

Ketika terlalu sibuk bekerja, otak dan pikiran bisa saja menjadi stres dan menimbulkan kelelahan. Akibatnya, pekerjaan yang seharusnya dapat diselesaikan dengan mudah dan efisien pun menjadi terhambat.

Nah, jika hal tersebut tengah terjadi, cobalah untuk melakukan teknik-teknik relaksasi untuk menenangkan pikiranmu sejenak. Berikut ini beberapa teknik relaksasi untuk menenangkan pikiran yang terlalu sibuk bekerja.

1. Exhalation relaxation technique
Teknik ini merupakan teknik yang paling umum dan paling sering dilakukan oleh orang-orang yang mengalami kelelahan pikiran. Caranya, tutup kedua matamu kemudian tarik napas secara perlahan dan lembut. Lakukan selama 10 kali pernapasan dan kamu akan mendapatkan pikiran yang tenang kembali.

Baca juga: Dear Mahasiswa, Ini 5 Hal yang Bisa Menjadi Motivasi Meraih IPK Tinggi

2. Breathing relaxation technique
Mirip dengan teknik yang pertama, hanya saja untuk teknik ini tidak hanya mata saja yang perlu kamu tutup. Melainkan juga telinga. Nah, ketika sedang menarik napas, fokuslah untuk mendengarkan suara yang ada di dalam kepala kamu dan tarik napas dalam-dalam.

3. Humming relaxation technique
Humming relaxation technique merupakan salah satu teknik relaksasi pikiran yang cukup terbilang unik. Sebab, dalam cara ini kamu harus fokus pada suara senandung yang kamu buat sendiri. Menciptakan suara senandung di dalam batin dipercaya dapat memberikan ketenangan pada pikiran.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Ini Cocok Banget untuk Kamu yang Suka Berimajinasi

4. Deep inhalation relaxation technique
Teknik yang satu ini tidak hanya dapat berfungsi untuk menenangkan otak saja, lho. Akan tetapi, teknik ini juga dapat memulihkan energi yang telah terbuang dari tubuh. Untuk melakukannya kamu bisa menarik napas lembut sambil menutup mata dan telinga menggunakan telapak tangan. Kemudian, buang napas melalui gigi dan lakukan sambil bersenandung.

5. Calm mind and calm body relaxation technique
Pada teknik terakhir ini, kamu juga dituntut untuk melakukan gerakan fisik agar fungsi yang ditimbulkan dapat lebih efektif. Caranya, ambil posisi duduk atau berdiri dengan punggung yang tegak.

Kemudian, tutup mata dan letakkan tangan kamu di pinggul. Lalu, tarik napas dengan lembut, buka dada selebar mungkin, dan hembuskan napas sambil menekan otot pinggul dengan kepalan tangan yang sudah berada di situ sebelumnya.

Itu dia lima teknik ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan pikiran ketika sedang terlalu sibuk bekerja. Ingat, jangan terlalu memaksakan dirimu dan cobalah untuk lebih memperhatikan kesehatan serta kehidupan sosial kamu.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star