Hastag Campus

Dear Mahasiswa, Ini 5 Hal yang Bisa Menjadi Motivasi Meraih IPK Tinggi

IPK atau indeks prestasi kumulatif merupakan salah satu tolak ukur terhadap performa akademis kita selama kuliah. Setiap mahasiswa biasanya punya persepsi berbeda mengenai IPK. Sebagian mengatakan memiliki IPK tinggi itu penting, tapi ada juga yang mengatakan bahwa IPK tinggi bukan jaminan kesuksesan seseorang.

Terlepas dari perbedaan sudut pandang tersebut, ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika berhasil mendapatkan IPK tinggi. Berikut ini lima hal yang bisa kamu jadikan motivasi untuk meraih IPK tinggi.

1. Harapan orangtua atau keluarga
Siapa sih yang gak ingin membahagiakan orang tua? Entah kamu sadari atau tidak, orang tua dan keluarga akan bangga saat kamu berhasil lulus dengan IPK tinggi. Kerja keras mereka dalam membiayai kuliahmu selama bertahun-tahun akhirnya terbayar dengan baik.

Baca juga: 5 Cara Ini Wajib Dicoba agar Kamu Semakin Yakin pada Kemampuan Diri

2. Lebih dipertimbangkan dalam mencari pekerjaan
Dengan IPK tinggi, kamu punya lebih banyak pilihan pekerjaan karena perusahaan umumnya mensyaratkan IPK tertentu sebagai batas minimal. Kamu juga bisa lebih diperhitungkan saat mengajukan lamaran pekerjaan.

Meski kamu punya banyak keterampilan untuk dicantumkan di CV, para HRD gak memiliki kapasitas untuk mengetahui sejauh mana kamu menguasai keterampilan tersebut. Bagi para HRD tersebut, IPK menjadi bukti valid atas kemampuanmu.

3. Berpeluang melanjutkan studi ke universitas top dunia
Kamu mungkin pernah bermimpi untuk melanjutkan studi ke universitas ternama di dunia, membayangkan diri menjadi Maudy Ayunda yang berkuliah di Stanford University, Tasya Kamila di Columbia University, atau Gita Gutawa di University of Birmingham. Nah, IPK tinggi bisa menjadi tiket untuk melanjutkan studi ke universitas top dunia lho! Universitas-universitas terbaik dunia umumnya mensyaratkan IPK tinggi sebagai syarat pendaftaran.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Hindari Supaya Gak Salah Pilih Jurusan Kuliah

4. Berpeluang mendapatkan beasiswa dalam atau luar negeri
Siapa sih yang gak mau melanjutkan studi dengan beasiswa? IPK tinggi bisa memudahkan jalanmu mendapatkan beasiswa untuk studi lanjut, baik beasiswa dalam atau luar negeri. Pihak pemberi beasiswa umumnya mensyaratkan IPK setidaknya 3 atau 3,25 sebagai syarat pendaftaran.

5. Meringankan beban orangtua secara finansial
Dengan IPK tinggi, kamu bisa meringankan beban orang tua secara finansial. Kamu bisa lebih mudah mendapatkan berbagai beasiswa on-going. Beasiswa semacam ini biasanya diberikan kepada mahasiswa paling cepat saat semester 3 sampai maksimal semester 8. Salah satu syarat beasiswa ini umumnya adalah IPK tinggi.

Nah, itulah tadi lima hal yang bisa kamu jadikan motivasi untuk meraih IPK tinggi. IPK memang bukan jaminan sukses ke depannya, tapi gak ada salahnya untuk mengusahakan mendapatkan nilai yang terbaik di kelas. Tetap semangat, guys!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star