Hastag Campus

5 Cara Ini Wajib Dicoba agar Kamu Semakin Yakin pada Kemampuan Diri

Semua orang diciptakan dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika sampai saat ini kamu masih bingung dengan kelebihan apa yang kamu miliki, gak usah khawatir. Suatu saat nanti kamu pasti akan berhasil kok menemukan bakatmu yang sesungguhnya.

Intinya, jangan berhenti mencari dan cobalah lima cara berikut nih. Dijamin, kemampuan dirimu yang selama ini terpendam akan bisa segera kamu temukan.

1. Fokuslah pada diri sendiri
Kemampuan diri akan bisa kamu temukan jika kamu berusaha untuk mengenali dirimu dengan lebih baik. Mulai saat ini, selagi melakukan rutinitas sehari-hari, cobalah untuk fokus pada dirimu sendiri. Kenali apa yang kamu suka dan tidak suka, pada pekerjaan seperti apa kamu lebih mengerjakannya, dan apa yang gak.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Dijadikan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

2. Berhenti membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain
Langkah kedua adalah dengan berhenti membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Semua orang punya kemampuan yang berbeda-beda dan gak bisa disamakan. Lagipula, jangan melihat orang-orang sukses hanya dari hasil yang saat ini mereka peroleh, tapi lihat juga prosesnya.

3. Carilah lingkungan yang positif dan bisa memberi dukungan
Memilih lingkungan yang positif juga perlu untuk dilakukan. Ini agar kamu gak merasa minder dan merasa kemampuan yang kamu miliki adalah sesuatu yang sepele. Dengan selalu dikelilingi oleh orang yang mendukungmu, kamu akan bisa melangkah dengan percaya diri dan melihat bahwa kemampuan dirimu adalah sesuatu yang luar biasa dan perlu dikembangkan.

Baca juga: 7 Tips Interview Kerja yang Baik dan Benar, Jangan Grogi!

4. Terus berusaha disertai doa

Setelah semua hal itu, penting juga untuk meneruskan usahamu dalam mengembangkan diri. Menerima semuanya dengan pasrah dan gak berusaha melakukan inovasi hanya akan membuat kemampuan dirimu ketinggalan zaman.

Plus, kamu juga perlu untuk berdoa. Karena manusia hanya bisa merencanakan namun Tuhan juga yang menentukan.

5. Jangan biarkan siapapun dan apapun menghasutmu
Semua usaha untuk mempercayai kemampuan diri sendiri itu perlu diiringi dengan langkah lain yaitu tekad yang kuat. Tekad yang kuat untuk membuktikan bahwa kamu bisa, bahwa kamu punya sesuatu dalam dirimu yang bisa membuat orang terdekatmu bangga. Jangan biarkan apapun dan siapapun menghasut dirimu hingga membuatmu menyerah.

Semua orang pasti punya potensi dalam dirinya. Gak sama dengan orang lain, kamu pasti punya mutiara terpendam yang akan indah berkilau jika terus kamu usahakan dengan giat. Pertanyaannya tinggal satu, apakah kamu siap melewati segala rintangan dan membiarkan kemampuan dirimu menjadi semakin terasah?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star