Hastag Campus

8 Kebiasaan Ini Wajib Kamu Hindari saat Melakukan Presentasi!

Dalam beberapa bidang di dunia kerja, presentasi merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Namun, ini bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Sebab, selain berhadapan dengan banyak orang, seperti bos, manajer, dan karyawan lain, kamu juga dituntut untuk menyampaikan informasi dengan baik dan sempurna.

Sehingga, pada akhirnya apa yang kamu sampaikan dapat dipahami dan memengaruhi mereka. Nah, agar presentasi dapat berjalan lancar dan baik, kamu wajib menghindari beberapa kebiasaan di bawah ini.

1. Datang terlambat
Agar presentasi kamu dapat berjalan dengan lancar, cobalah untuk tidak datang terlambat atau usahakan datang sebelum acara dimulai. Sebab, dengan begitu kamu bisa mempersiapkan materi presentasi terlebih dahulu dan mengurangi risiko munculnya masalah.

Baca juga: 5 Langkah Ampuh Belajar Bahasa Asing, Pasti Kamu Cepat Lancarnya!

2. Merasa sangat gugup saat memulai presentasi
Merasa gugup ketika ingin atau sedang melakukan presentasi adalah hal yang wajar. Namun, cobalah untuk bersikap tenang agar penyampaian materi yang kamu lakukan dapat berjalan lebih baik dan sempurna. Sebab, ketika kamu merasa gugup, materi yang disampaikan pun akan jadi berantakan dan tidak menarik.

3. Menghindari kontak mata dengan audiens
Menghindari kontak mata dengan audiens yang ada ternyata dapat memperlihatkan bahwa kamu tidak siap, tidak percaya diri, dan merasa gugup. Maka dari itu, usahakan untuk berlagak melakukan kontak mata dengan mereka meskipun kamu merasa benar-benar gugup. Misalnya, kamu bisa melihat ke bagian tubuh lain di bagian atas mata, hidung, atau dahi.

4. Menyampaikan humor secara berlebihan
Setiap penyaji memiliki cara yang berbeda-beda ketika akan mencairkan suasana dan tidak membuat audiens mengantuk. Salah satunya adalah dengan menghadirkan humor dalam penyampaian materinya. Namun, untuk melakukan konsep penyampaian ini kamu perlu memerhatikan situasi presentasi dan siapa yang menjadi audiens dalam presentasi tersebut.

Jangan sampai kamu melontarkan hal-hal yang lucu ketika sedang melakukan presentasi di hadapan bos atau dewan direksi perusahaan. Sebab, karier kamu bisa jadi berhenti saat itu juga.

Baca juga: Biar Banyak Relasi, Kamu Wajib Lakukan 5 Hal Positif Ini Semasa Kuliah

5. Terlalu fokus dengan slide presentasi atau laptop
Beberapa orang memiliki kebiasaan terlalu fokus dengan slide presentasi atau laptop ketimbang dengan audiens. Hal ini jelas sangat tidak sopan karena tidak menghargai orang-orang yang datang untuk memerhatikan presentasi tersebut dan bisa dianggap gagal. Untuk itu, jangan sampai kamu melakukannya, ya!

6. Membagikan materi sebelum presentasi dimulai
Tidak sedikit orang yang kerap membagikan materi presentasi padahal sesi presentasi belum dimulai. Nah, ternyata hal ini merupakan sesuatu yang harus kamu hindari. Sebab, audiens justru akan lebih fokus dengan materi yang dibagikan daripada materi yang ada di slide presentasi.

7. Menggerakkan badan secara berlebihan dan melakukan hal yang tidak penting
Pada dasarnya, setiap pemateri atau penyaji memang tidak diperkenankan untuk terlihat kaku bahkan tanpa ekspresi sama sekali. Ini karena hal tersebut dapat membuat audiens menganggap bahwa hal yang disampaikan tidak menarik dan tidak dapat dipercaya.

Namun, jangan pula menggerakkan badan dengan berlebihan, seperti menggaruk-garuk kepala atau melakukan hal lain yang tidak penting. Sebab, hal itu justru bisa menciptakan kesan tidak percaya diri atau bisa jadi sesuatu yang tidak sopan dan tidak layak untuk dilakukan.

8. Hanya berdiri di satu tempat selama presentasi berlangsung
Kebiasaan lainnya yang harus dihindari adalah berdiri di satu tempat selama presentasi berlangsung. Perlu diingat, audiens yang ingin memerhatikan presentasi kamu pasti banyak dan tersebar di setiap sudut ruangan. Jadi, jangan sampai kamu hanya berdiam diri di satu tempat, karena dapat memberikan kesan tidak sopan.

Untuk itu, gunakan kesempatan tersebut dengan baik dan anggap bahwa presentasi tersebut adalah panggung untuk membuat orang-orang terkesima.

Nah, sudah tahu kan kebiasaan apa saja yang wajib kamu hindari ketika melakukan presentasi. Jadi, jangan sampai kamu melakukannya, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star