Hastag Campus

6 Hal Ini Cuma Dirasakan Mahasiswa Selama Kuliah Online, Kamu Juga?

Selama pendemi COVID-19, pemerintah melakukan berbagai cara untuk memutus rantai penyebaran virus. Mulai dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), penutupan tempat umum, hingga menghimbau untuk kerja, sekolah, dan kuliah di rumah saja.

Buat kalian yang mahasiswa, pasti sangat merasakan dampaknya. Apalagi selama beberapa bulan terakhir harus kuliah secara online, apa saja nih suka dan dukanya?

1. Bagus tidaknya nilai, bisa bergantung pada jaringanmu
Hal utama yang penting selama kuliah online adalah jaringan. Macet dikit saja, bisa bikin kehilangan informasi atau materi dari dosen. Apalagi jika kuliah daring, dilakukan lewat aplikasi yang mengharuskan log in terlebih dahulu. Kamu bisa kelewatan absen, bila jaringan sedang terhambat.

Baca juga: Sering Diremehkan, Ini 5 Fakta Menarik Prodi Ilmu Perpustakaan

2. Kuota paket yang sekarat
Pernah gak, lagi kuliah online tiba-tiba mati karena kuota sekarat? Ada banyak kejadian seperti itu, jaringan lambat ditambah kuota yang sekarat. Bikin kita harus banyak sabar deh. Namun beberapa kampus di Indonesia, ada yang baik hati menyediakan paket kuota untuk mahasiswanya, lho!

Lumayan kan, apalagi buat yang harus stay di kos-kosan karena merantau. Kalau di kampus kalian gimana nih?

3. Tugas malah lebih menumpuk
Sadar nggak sih, selama kuliah online justru lebih banyak tugas-tugas yang diberikan. Mungkin dosen-dosen berpikir, karena mahasiswa akan lebih punya banyak waktu luang di rumah. Kenyataanya, justru lebih banyak gangguan saat menjalani kuliah online di rumah aja. Padahal deadline tugas yang diberikan, bikin mahasiswa makin pusing bagi waktunya. Waduh!

4. Jiwa rebahan terus memanggil
Siapa nih, yang hobi rebahan? Kamu gak sendiri kok, banyak mahasiswa yang juga hobi rebahan. Ditambah dengan himbauan pemerintah untuk stay at home, makin menjadikan rasa ingin rebahan meningkat.

Positifnya, kita membantu pemerintah mengurangi rantai penyebaran virus. Namun hal ini juga sekaligus bisa bikin kelewatan kelas online, lho! Hati-hati ya, ingat waktu kalau mau rebahan.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Siap Kamu Korbankan saat Berburu Beasiswa Luar Negeri

5. Bisa bebas selama kuliah online
Ini nih, keuntungan selama kuliah online yaitu kebebasan. Mahasiswa gak perlu bangun lebih awal untuk siap-siap ke kampus. Apalagi kalau telat masuk kelas, kadang lupa mandi. Hayo, ngaku!

Sedangkan kuliah online di rumah, kita bebas melakukannya di mana saja. Bahkan sambil makan dan minum sekalipun, nggak jarang ada mahasiswa yang tetap pakai piama, lho! Tapi wajah, tetap dipoles dikit lah ya.

6. Baik Pak! Jadi kata andalan di grup kelas mata kuliah
Untuk memudahkan perkuliahan online, biasanya dosen membuat grup kelas tiap mata kuliah seperti di Whatsapp. Segala informasi, akan disampaikan dosen di grup tersebut.

Dan jawaban andalan ala mahasiswa selama kuliah online pun sangat khas. Apalagi kalau bukan baik pak, terima kasih infonya bu, terima kasih materinya. Padahal ada yang belum sempat baca informasinya apa.

Itulah suka duka yang dirasakan mahasiswa, selama kuliah online. Pastinya ada juga, hal-hal yang bikin kangen kuliah di kampus. So, lebih enakan kuliah online, atau kuliah di kampus ya?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star