Hastag Campus

7 Alasan Kamu Harus Bersyukur Meski Pekerjaanmu Gak Sesuai Passion

Bekerja sesuai passion tentu merupakan impian bagi banyak orang, mungkin juga termasuk kamu. Bagaimana tidak, kamu bisa menikmati pekerjaanmu dan terus mengembangkan bakatmu.

Tapi, bagaimana kalau kamu mendapatkan pekerjaan yang gak sesuai passion? Misalnya, kamu ingin menjadi peneliti karena passionmu di situ, tapi nyatanya kamu malah jadi staf marketing. Lantas, akankah kamu tetap happy dengan hal tersebut?

Mulai sekarang, gak perlu galau lagi. Berikut ini beberapa alasan kamu harus tetap bersyukur meski pekerjaanmu sekarang gak sesuai passion.

1. Posisimu saat ini mungkin diincar banyak orang
Coba ingat-ingat lagi momen ketika kamu melamar kerja ke perusahaan atau tempat bekerjamu sekarang. Kamu mengikuti tes dan wawancara menyingkirkan puluhan bahkan ratusan kandidat lainnya. Meski kamu mungkin gak ‘sreg’ dengan pekerjaanmu sekarang, faktanya banyak orang yang menginginkan berada di posisimu saat ini. Jadi, bersyukurlah karena kamu sudah berhasil mendapatkan posisi itu.

Baca juga: Profesi yang Sesuai untuk Sosok Ekstrover, Banyak Porsi Omongnya!

2. Masih banyak orang kesulitan mendapatkan pekerjaan
Kita pasti paham kalau saat ini, mencari pekerjaan bukan perkara mudah. Jumlah lapangan kerja yang tersedia selalu jauh lebih rendah dibandingkan jumlah pencari kerja. Gak heran, masih banyak orang yang menganggur dan struggle buat mencari kerja. Nah, sudah sepatutnya kamu bersyukur karena sudah mendapatkan pekerjaan, meski gak sesuai passion.

3. Profesi atau pekerjaan yang kamu idamkan belum tentu baik untukmu
Sampai sekarang, kamu mungkin masih bermimpi bisa bekerja pada profesi atau perusahaan yang kamu inginkan. Padahal, profesi atau perusahaan lain yang kamu dambakan tersebut belum tentu baik untukmu. Ingat, rumput tetangga selalu nampak hijau.

4. Kamu tetap bisa sukses dan berprestasi dengan pekerjaanmu sekarang
Meski pekerjaanmu sekarang bukan passionmu, kamu tetap berkesempatan untuk mengembangkan diri dan berprestasi dengan profesimu sekarang. Kamu bahkan tetap berpeluang menjadikan dirimu sebagai karyawan teladan atau inspiratif di kantor. Namun, semua itu pada akhirnya tergantung pada dirimu sendiri.

Baca juga: Biar Skripsi Cepat Kelar, Lakukan 5 Hal Ini Saat Ada Revisi dari Dosen

5. Pasti ada hal positif dari kantormu saat ini
Kalau kamu mau merenungkan kembali, pasti ada hal positif yang bisa kamu petik dari kantormu saat ini. Bentuknya bisa bermacam-macam, seperti rekan-rekan kerja yang baik, atasan yang perhatian, rasa kekeluargaan yang kuat, banyaknya benefit yang ditawarkan, atau berbagai hal lainnya. Ketika kamu merasa gak bersyukur dengan pekerjaanmu sekarang, coba ingat-ingat kembali berbagai hal positif tersebut.

6. Menambah wawasan
Sesuatu di luar passion biasanya jarang kamu lakukan. Selama ini, kamu mungkin lebih memilih melakukan hal yang kamu sukai. Saat menjalani pekerjaan yang gak sesuai sesuai passion, kamu pun ‘dipaksa’ untuk mempelajari hal baru yang selama ini jarang atau gak pernah kamu sentuh. Tanpa kamu sadari, wawasanmu pun bisa bertambah. Wah, lumayan banget kan?

7. Menambah pengalaman
Selain menambah wawasan, kamu pun bisa mendapatkan pengalaman kerja dari pekerjaanmu sekarang. Seperti yang kita tahu, pengalaman kerja merupakan modal penting untuk melamar kerja.

Kalau kamu masih minim pengalaman kerja, pekerjaanmu saat ini bisa jadi ‘batu loncatan’ untuk kariermu di tempat selanjutnya. Bagaimanapun juga, kamu tetap bisa melamar kerja di mana saja sesuai dengan keinginan kan? Meski mungkin pengalaman kerja saat ini kurang relevan dengan pekerjaan impianmu, tapi setidaknya kamu bisa belajar banyak hal, seperti kepemimpinan, kedisiplinan, dan lain sebagainya.

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa kamu harus tetap bersyukur meski harus menjalani pekerjaan yang gak sesuai passion. Ternyata, ada banyak hal positif yang bisa kamu petik. Jadi, tetap semangat ya guys!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star