Hastag Campus

5 Hal Ini Perlu Kamu Perhatikan Agar Tak Salah Pilih Jurusan Kuliah

Salah satu permasalahan ketika hendak memasuki bangku perkuliahan adalah bingung memilih jurusan. Apalagi, terdapat ribuan pilihan jurusan kuliah yang semakin membuatmu merasa bingung. Gak jarang karena mengikuti tren, kamu memilih jurusan yang sama sekali bukan bidangmu.

Alhasil, kamu pun merasa salah masuk jurusan. Salah pilih jurusan itu berat. Kamu harus belajar dengan apa yang sama sekali tidak kamu ketahui tentangnya. Lalu, bagaimana menjatuhkan pilihan yang tepat dari berbagai macam jurusan kuliah?

Nah, berikut ada lima tips dan trik memilih jurusan kuliah yang tepat. Semoga bisa membantu memilih jurusan ya!

1. Pahami minat dan bakat yang kamu miliki
Setiap orang tentu memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Jika kalian punya minat yang kuat dalam bidang tertentu, otomatis akan lebih bersemangat untuk menghadapi semua tantangan dan kesulitan yang ada.

Misalkan, kamu suka menulis, maka bisa mengambil jurusan yang berhubungan dengan menulis. Atau sangat suka dengan pelajaran biologi saat SMA, maka saat di universitas kamu tinggal pilih jurusan biologi.

Gak mau kan merasa terbebani dengan mata kuliah yang sama sekali bukan kamu banget? Oleh karena itu, tentukan minat dan bakat yang kamu miliki sekarang.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Jadikan Motivasi untuk Meraih Skor IELTS Tinggi

2. Setelah menentukan minat dan bakat, saatnya mencocokkan dengan kualifikasi yang kamu miliki
Kualifikasi yang dimaksud dalam hal ini adalah prestasi yang kalian capai, misalnya nilai, sertifikat, dan pencapaian lainnya. Kuliah akan terasa mudah jika kalian memiliki kualifikasi yang menunjang.

Misalnya kalian memilih jurusan kedokteran, tentu saja harus memiliki nilai IPA yang tinggi. Atau bagi kalian yang sudah memiliki banyak prestasi dibidang olahraga, boleh banget mengambil jurusan olahraga saat masuk universitas.

3. Selain bakat dan minat, hobi juga bisa menjadi tuntunan untuk memilih jurusan yang tepat
Jika kamu masih bingung menentukan bakat dan minat, hobi yang dimiliki mungkin dapat memberikan petunjuk. Misalnya, kamu hobi main game atau menggambar, mungkin kamu bisa mempertimbangkan jurusan animasi atau computer game design.

Bisa berkuliah di jurusan yang sesuai dengan hobi merupakan suatu hal yang menyenangkan lho! Di samping menuntut ilmu, kamu juga bisa menyalurkan hobi yang kamu miliki tersebut.

Baca juga: 5 Beasiswa Ini Segera Tutup di Bulan Juni 2020, Jangan Lupa Daftar!

4. Memilih jurusan bisa juga didasarkan pada cita-cita
Cita-cita bisa menjadi salah satu patokan dalam menentukan jurusan. Tapi ingat, kalian juga harus menyesuaikannya dengan faktor lainnya, misalnya kemampuanmu di bidang yang akan kalian pilih.

Jika kalian memiliki cita-cita yang jelas, hal ini akan sangat membantu untuk menentukan jurusan kuliah. Jika kalian bercita-cita menjadi seorang pengacara, tentunya kalian harus mendalami jurusan Hukum.

5. Hal yang penting adalah jangan ikut-ikut teman saat memilih jurusan kuliah!
Ini adalah salah satu penyebab utama banyaknya orang yang salah pilih jurusan. Kalian harus memilih jurusan yang sesuai dengan bakat, minat, dan prestasi yang dimiliki. Jangan memilih jurusan karena banyak teman yang memilih jurusan itu. Belum tentu jurusan yang banyak dipilih oleh temanmu tersebut cocok dengan kualifikasi kamu miliki.

Itulah lima tips memilih jurusan kuliah agar tepat dan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Semoga bermanfaat untuk kalian yang saat ini sedang bingung memilih jurusan!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star