Hastag Campus

6 Aktivitas Sederhana untuk Mengatasi Stres Selama #DiRumahAja

Imbauan untuk tetap #DiRumahAja guna menekan penyebaran COVID-19 sudah berlangsung selama kurang-lebih dua bulan. Harus diakui, terlalu lama menghabiskan waktu di rumah membuat kita bosan dan bahkan mengarah pada stres.

Cara paling instan untuk mengatasi stres biasanya adalah liburan. Hanya saja, di situasi seperti ini, sangat tidak memungkinkan bagi kita semua untuk pergi berlibur.

Kendati begitu, kamu tak perlu khawatir, sebab ada banyak aktivitas untuk menghilangkan stres yang bisa kamu lakukan di dalam rumah, seperti aktivitas berikut ini.

1. Olahraga
Olahraga adalah salah satu aktivitas yang dapat kamu lakukan untuk melawan stres. Manfaat paling kuat bisa didapatkan ketika kamu berolahraga secara teratur. Menurut studi dalam jurnal Preventive Medicine, individu yang berolahraga secara teratur cenderung terhindar dari kecemasan daripada individu yang tidak berolahraga.

Dikutip dari laman Healthline, manfaat ini didapatkan lantaran olahraga menurunkan hormon stres tubuh, seperti kortisol; serta melepaskan endorfin, yaitu bahan kimia yang meningkatkan suasana hati dan bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami. Olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur, yang dapat dipengaruhi secara negatif oleh stres dan kecemasan.

Beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan selama #DiRumahAja, adalah jalan-jalan di sekitar rumah, yoga, menari, dan masih banyak lagi. Kegiatan-kegiatan yang melibatkan gerakan berulang dari kelompok otot besar bisa sangat menghilangkan stres.

Baca juga: Kamu Bakal Mengantongi 6 Manfaat Ini Bila Ikut Ekskul Teater

2. Nyalakan lilin aromaterapi
Menggunakan aroma untuk mengobati suasana hati disebut aromaterapi. Dilansir dari laman Healthline, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa aromaterapi dapat mengurangi kecemasan dan memperbaiki kualitas tidur.

Membakar lilin beraroma dapat membantu mengurangi perasaan stres dan kecemasan, karena beberapa aroma memiliki efek sangat menenangkan. Beberapa aroma yang paling menenangkan, adalah lavender, mawar, akar wangi, bergamot, chamomile, cendana, dan jeruk.

3. Mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet bisa jadi pereda stres yang super mudah dan cepat. Satu studi yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite menunjukkan bahwa individu yang mengunyah permen karet merasakan kesejahteraan yang lebih baik dan tingkat stres yang lebih rendah. Ini dimungkinkan karena mengunyah permen karet menyebabkan gelombang otak yang mirip dengan orang yang santai. Juga karena mengunyah permen karet meningkatkan aliran darah ke otak.

Selain itu, studi yang diterbitkan dalam Journal of Prosthodontic Research menemukan bahwa efek penghilang stres yang terbesar didapatkan ketika orang mengunyah permen karet secara kuat.

Baca juga: Sedang Memilih Judul Skripsi? Ini 10 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan

4. Banyak tertawa
Tertawa dapat membantu menghilangkan stres dengan cara menghilangkan respons stres dan meredakan ketegangan dengan mengendurkan otot. Dalam jangka panjang, tertawa juga dapat membantu meningkatkan sistem imunitas dan suasana hati.

Sebuah studi yang dilakukan pada orang-orang dengan kanker dan telah diterbitkan dalam jurnal Alternative Therapies in Health and Medicine, menemukan bahwa orang-orang dalam kelompok intervensi tawa mengalami lebih banyak penghilang stres daripada mereka yang bimbang.

Untuk meningkatkan frekuensi tawa, kamu bisa menonton film-film komedi atau membaca komik dan novel humor.

5. Menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan
Memiliki hewan peliharaan dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Menurut studi dalam jurnal Frontiers in Psychology, berinteraksi dengan hewan peliharaan dapat membantu melepaskan oksitosin, yaitu zat kimia otak yang meningkatkan suasana hati yang positif. Memiliki hewan peliharaan juga dapat membantu menghilangkan stres dengan membuat kamu tetap aktif.

6. Buat karya seni
Umumnya, seseorang lebih mudah berhubungan dengan sisi kreatif masing-masing selama masa kanak-kanak. Nah, selama #DiRumahAja, kamu bisa menggali lagi kegemaranmu akan karya seni.

Kamu bisa mulai menggambar atau melukis. Tapi jika kamu merasa tidak terlalu jago atau suka menggambar, kamu bisa membeli buku mewarna dan mewarnainya sebaik mungkin. Saat ini sudah tersedia buku mewarnai untuk orang dewasa yang memang dirancang sebagai pereda stres yang hebat.

Menurut penelitian dalam jurnal Frontiers in Psychology, kegiatan mewarnai dapat memiliki efek meditasi. Di mana tingkat kecemasan menurun pada orang yang mewarnai pola geometris yang kompleks.

Demikian tadi aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi stres selama #DiRumahAja. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star