Hastag Campus

Sedang Memilih Judul Skripsi? Ini 10 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan

Menentukan judul skripsi merupakan tahap awal yang harus ditempuh mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Gak sedikit mahasiswa yang kebingungan dalam menentukan judul yang akan diangkat dalam pembuatan skripsi mereka.

Berikut ini beberapa hal yang patut dipertimbangkan dalam menentukan judul skripsi.

1. Minat
Judul yang dipilih sebaiknya yang menarik minatmu. Dengan memilih judul yang sesuai minat, kamu akan terhindar dari rasa jenuh dan tetap bersemangat menyelesaikan skripsi. Memilih judul sesuai minat juga memudahkan kamu dalam penguasaan materi.

Kamu bisa memilih topik atau tema besarnya dulu, baru kemudian mengerucutkannya menjadi sub-tema spesifik yang benar-benar kamu minati. Tema tersebut bisa berasal dari mata kuliah yang paling kamu minati ketika proses perkuliahan.

Baca juga: 5 Kemudahan Ini Bisa Kamu Rasakan Kalau Dapat Beasiswa ke Luar Negeri

2. Relevansi dengan bidang keilmuan
Saat memilih judul penelitian, pastikan kamu mampu untuk melaksanakannya. Karena itu, sebaiknya kamu memilih judul penelitian yang sesuai dengan disiplin ilmumu supaya mudah dalam proses penyusunannya. Pemilihan judul skripsi sesuai dengan bidang ilmu juga bisa bikin kamu menjadi lebih expert dalam bidang tersebut.

3. Kesediaan dosen pembimbing yang ahli di bidang penelitian yang kamu pilih
Setiap dosen biasanya memiliki spesifikasi bidang keahlian atau expertise yang beragam. Saat kamu ingin mengajukan judul penelitian di bidang tertentu, pastikan kamu bisa mendapatkan dosen pembimbing yang bidang keilmuannya sesuai. Jadi, jangan malas untuk proaktif bertanya ke dosen ya!

4. Urgensi atau manfaat penelitian
Saat memilih judul skripsi, coba pikirkan sesuatu yang mengandung manfaat dan penting untuk diteliti. Kamu tentu mau hasil penelitianmu bermanfaat untuk banyak orang, bukan?

Karena itu, cobalah menganalisa masalah apa saja yang sering terjadi di masyarakat dan hubungkan itu dengan ide penelitianmu. Supaya mudah, kamu harus rajin mencari informasi sendiri, baik melalui internet, media cetak, atau observasi secara langsung.

Baca juga: 9 Alasan Mahasiswa Wajib Punya Portfolio Sebelum Lulus

5. Kebaruan ide penelitian
Dalam menentukan judul skripsi, perhatikan kebaruan ide yang akan kamu tulis. Apa sudah pernah ada orang yang melakukan ide penelitianmu tersebut? Jangan sampai kamu malah menduplikasi judul skripsimu dengan judul penelitian lainnya.

Tentu, akan sangat sulit untuk menemukan ide penelitian yang 100 persen original dan belum pernah dilakukan orang lain. Tapi, kamu bisa melakukan pengembangan dari berbagai penelitian terdahulu. Kamu juga bisa mengulang penelitian yang serupa dengan idemu, namun kamu perlu memodifikasi beberapa variabel penelitian menjadi lebih spesifik.

6. Adanya literatur pendukung yang memadai
Begitu mendapatkan ide penelitian, segera cari literatur atau referensi terkait idemu tersebut. Literatur ini bisa berupa hasil penelitian terdahulu atau teori yang terkait. Kamu bisa mendapatkannya melalui artikel jurnal ilmiah atau buku versi cetak atau online.

Untuk skripsi, usahakan mendapatkan setidaknya 10 literatur pendukung. Semakin banyak literatur yang kamu pakai, tentu semakin baik asal relevan. Kalau kamu gak punya literatur yang cukup, kamu sendiri nantinya yang akan kesulitan membahas hasil penelitianmu.

7. Waktu dan durasi penelitian
Seperti yang kita tahu, proses pengerjaan skripsi dibatasi oleh waktu. Sebenarnya, kamu bisa saja mengerjakan skripsi melebihi batas waktu yang telah ditentukan pihak kampus, tapi ini tentu akan berpengaruh pada waktu kelulusanmu.

Karena itu, pertimbangkan durasi waktu saat memilih judul skripsi. Sebaiknya, pilih judul skripsi yang sekiranya bisa diselesaikan dalam durasi yang ditetapkan kampus.

8. Tempat atau lokasi penelitian
Ketika ingin mengangkat judul skripsi, sebaiknya kamu sudah punya gambaran mengenai tempat atau lokasi penelitian. Penentuan lokasi ini sepenuhnya tergantung pada dirimu sendiri. Kamu bebas menentukan lokasi penelitian di kota domisili saat ini, luar kota, atau bahkan luar pulau.

Buat kamu yang menyukai tantangan, gak ada salahnya untuk memilih tempat yang agak jauh atau belum pernah didatangi sebelumnya sehingga kamu bisa mendapatkan pengalaman skripsi yang berkesan. Tetapi, dengan memilih tempat yang jauh, proses penyusunan skripsimu bisa saja menjadi lebih lama karena jauh dari dosen.

Kamu juga bisa memilih lokasi penelitian di kampus atau di daerah dekat kota domisili saat ini. Meski mungkin kamu gak bisa mencicipi tempat baru yang berkesan, kamu mungkin bisa jadi lebih sering mengikuti bimbingan dosen dan fokus menyelesaikan skripsi.

9. Ketersediaan objek dan sarana pendukung pelaksanaan penelitian
Sebelum memutuskan mau meneliti apa, pastikan kamu punya informasi awal mengenai objek penelitianmu. Apakah objek tersebut mudah didapatkan atau tidak? Ini penting karena bisa menentukan keberhasilanmu dalam mendapatkan data penelitian nantinya. Selain itu, pastikan juga kamu punya sarana pendukung penelitian yang memadai, seperti misalnya laboratorium.

Meski kamu punya topik atau judul yang sangat menarik sekalipun, namun kalau kamu gak tahu objek penelitianmu atau gak memiliki sarana pendukung yang memadai, tentu akan percuma kan? Kamu sendiri yang bakal pusing nantinya. Kalau sudah seperti itu, alangkah lebih baik untuk membatalkannya dan mencari judul penelitian yang lain.

10. Biaya penelitian
Hal lain yang gak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah biaya penelitian. Kalau kamu punya budget minimal, kamu bisa memilih topik dan metode penelitian yang gak membutuhkan dana terlalu besar. Pelaksanaan penelitian bisa menjadi terhalang kalau gak ada dana yang cukup.

Tapi kalau kamu mau, kamu juga sebenarnya bisa mencari kesempatan beasiswa atau hibah penelitian. Saat ini, berbagai peluang seperti itu sangat terbuka lebar asal kamu mau berusaha. Dengan cara ini, kamu gak perlu merogoh kocek sama sekali.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan saat menentukan judul skripsi. Agar skripsi berjalan lancar nantinya, gak ada salahnya untuk memperhatikan berbagai hal tadi. Semoga bermanfaat!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star