Hastag Campus

Perhatikan 5 Hal Ini saat Memilih Jurusan Kuliah

Setelah lulus SMA/SMK kamu akan melanjutkan kuliah kemana dan memilih jurusan apa? Mungkin pertanyaan ini membuatmu galau karena menentukan jurusan kuliah bukanlah hal mudah.

Lalu, kira-kira apa saja ya hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan ketika memilih jurusan kuliah? Yuk, simak beberapa di antaranya berikut ini.

1. Ketahui minat dan bakat yang kamu miliki
Mengetahui minat dan bakat yang kamu miliki merupakan hal yang paling penting dan harus diperhatikan sebelum memilih jurusan kuliah. Sebab, memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu akan membuat masa perkuliahan menjadi lebih menyenangkan. Jika demikian, lulus tepat waktu bukan hal yang mustahil deh.

Baca juga: 9 Dokumen yang Sering Dilupakan Padahal Penting Buat Karir Fresh Graduate

2. Sesuaikan jurusan dengan kemampuan dan potensi diri
Selain minat dan bakat, kamu juga harus mengenali potensi diri yang dimiliki. Pasalnya, jika semua hal tersebut sudah sesuai dengan potensi diri, maka keterampilan dan kemampuan yang kamu miliki akan semakin unggul dan optimal.

3. Pilih jurusan di universitas yang memiliki akreditasi atau track record bagus
Nyatanya, tidak semua peringkat jurusan kuliah berada pada universitas yang sudah terkenal dengan keunggulannya. Oleh karena itu, penting juga untuk memerhatikan universitas tempat jurusan yang kamu inginkan. Mulai dari fasilitas, akreditasi, dosen pengajar hingga track record, patut kamu cari tahu terlebih dahulu ya.

Baca juga: 5 Kemudahan Ini Bisa Kamu Rasakan Kalau Dapat Beasiswa ke Luar Negeri

4. Pertimbangkan peluang kerja jurusan yang kamu pilih
Hal lain yang harus kamu perhatikan juga adalah peluang kerja dari jurusan yang dipilih. Sebab, jurusan dengan peluang kerja yang besar dapat memberikan kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan karier kamu ke depannya. Untuk mencari tahu jurusan apa saja yang sedang diminati oleh perusahaan, kamu bisa coba cek dari beberapa situ pencarian kerja online yang tersedia.

5. Sesuaikan dengan kemampuan finansial
Hal terakhir ini mungkin adalah hal terpenting yang perlu kamu perhatikan. Pasalnya, beberapa jurusan memiliki standar biaya yang tidak murah. Oleh karena itu, jangan sampai kamu memilih jurusan kuliah yang tidak sesuai dengan kemampuan finansial keluarga. Gengsi boleh, tapi jangan sampai menyiksa kedua orangtuamu ya.

Itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memilih jurusan kuliah. Semoga bisa jadi referensi yang semakin memantapkan hati memilih jurusan yang paling tepat untukmu, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star