Hastag Campus

9 Alasan Mahasiswa Wajib Punya Portfolio Sebelum Lulus

Apa ya perbedaan antara CV dengan portfolio? Bagi kamu yang belum mengerti akan perbedaannya, CV merupakan daftar riwayat hidupmu, seperti latar belakang pendidikan, kursus, kegiatan organisasi yang pernah kamu ikuti, dan hal-hal lain dalam hidupmu.

Sedangkan portfolio lebih ke arah karya-karya yang selama ini pernah kamu buat. Umumnya, kamu yang jurusan desain, kesenian hingga jurnalistik memerlukan portfolio agar perusahaan bisa mengenali dirimu lebih jauh.

Nah, portfolio ini pun penting untuk kamu bangun sedini mungkin, sebelum kamu lulus kuliah. Ini dia alasannya.

1. Kamu bisa mencuri start dari teman-temanmu saat mulai melamar pekerjaan.
Saat kamu sudah lulus dari perkuliahan dan mulai mencari kerja, teman-temanmu tentu akan melakukan hal yang sama. Bedanya, kalau kamu sudah membangun portfolio sebelum lulus, kamu pasti bisa melamar pekerjaan lebih dahulu dibandingkan dengan teman-temanmu karena kamu sudah siap dengan segala dokumennya. Tentu saja, di sini kamu bisa maju duluan dan setidaknya membuat peluangmu lebih besar.

2. CV-mu tentu menjadi lebih terpercaya dengan dukungan portfolio yang baik.
Terutama kamu yang pekerjaannya berhubungan dengan seni, sebuah CV saja tentu tidak cukup. Perusahaan perlu melihat hasil karya apa saja yang pernah kamu buat sebagai bahan pertimbangan mereka. Bahkan, terkadang mereka hanya melihatmu dari portfolio saja, lho!

3. Portfolio menunjukkan jati dirimu, apalagi buat kamu yang berkecimpung di area desainer, penulis, dan lainnya yang berhubungan dengan karya.
Setiap orang tentu memiliki ciri khasnya masing-masing. Bisa jadi portfoliomu terkesan begitu futuristik, atau kamu memiliki aliran minimalis, ataupun karakter lainnya. Hal ini tentu berhubungan dengan lingkup pekerjaanmu nanti, apakah kamu lebih cocok di bidang atau perusahaan yang bergaya bebas, tertata ataupun lebih ke kreatif.

Baca juga: 9 Dokumen yang Sering Dilupakan Padahal Penting Buat Karir Fresh Graduate

4. Kamu bisa mencari banyak inspirasi sebelum akhirnya mendesain portfoliomu sendiri.
Banyak waktu untuk melihat portfolio orang lain dengan cara browsing internet ataupun meminta portfolio kakak kelasmu di kampus. Dari sini, kamu bisa refleksi diri juga tentang gaya pribadimu dan model portfolio seperti apa yang kamu sukai.

5. Portfolio-mu benar-benar terancang dengan matang.
Melalui banyak inspirasi dan pemikiranmu sendiri, portfoliomu pasti akan memiliki fondasi yang baik dan ide-idemu mengalir dengan lancar. Tak heran kalau portfoliomu benar-benar siap dan terstruktur dengan baik.

6. Kamu juga punya banyak waktu untuk bertanya-tanya dengan dosen, lho!
Kalau kamu butuh masukan, kamu juga bisa konsultasikan portfolio yang sedang kamu bangun itu ke dosen yang dekat denganmu atau yang kamu percaya. Dosen umumnya lebih berpengalaman dibandingkan kamu, sehingga kamu akan mendapatkan banyak saran bermanfaat darinya.

7. Seluruh karyamu selama kuliah semua terdokumentasikan dengan baik.
Dokumentasikan atau masukkan dalam portfolio setiap karya yang kamu hasilkan. Ini untuk mencegah karyamu mendadak hilang ataupun untuk menghindari saat dimana kamu lupa bahwa kamu memiliki karya tersebut. Kamu tidak pernah tahu bahwa kamu akan membutuhkannya, kan?

Baca juga: 5 Kemudahan Ini Bisa Kamu Rasakan Kalau Dapat Beasiswa ke Luar Negeri

8. Alhasil, kamu pun juga bisa memilih beberapa yang terbaik diantaranya jika tak ingin memasukkan seluruhnya.
Saat sudah lulus nanti dan ingin fokus ke sebuah gaya, kamu pun bisa memilah hasil karyamu dari awal hingga akhir, tanpa ada satupun yang terlewat.

9. Bahkan kalau mau, kamu bisa bekerja sambilan dengan portfolio yang sudah ada.
Sekarang sudah banyak lho anak-anak desain yang memiliki pekerjaan sambilan ataupun menjadi seorang freelance di sela-sela kuliah. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan sambilan ini dengan mengajukan portfoliomu yang ada ke berbagai perusahaan.

Tak perlu bertanya lagi, yuk segera bangun portfolio kamu mulai sekarang!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star