Hastag Campus

Kamu Sulit Merampungkan Tulisan? 7 Kebiasaan Ini Harus Dihindarkan

Menulis menjadi hobi yang cukup diminati banyak orang, bahkan sebagian orang menjadikannya passion. Namun tak ada sesuatu yang mudah dan lancar atas apa yang kita perjuangkan. Akan ada hari di mana kamu bosan dan jenuh. Meski sulit bukan berarti menjadi alasan kamu menyerah.

Kesulitanmu dalam menulis tentu ada penyebabnya. Bisa jadi sulit rampungnya tulisan kamu karena masih melakukan kebiasaan berikut ini.

1. Mengerjakan dua atau tiga hal dalam waktu bersamaan  

Ketika banyak hal yang harus kamu kerjakan maka selesaikan satu per satu jika tidak maka tak ada yang terselesaikan termasuk tulisanmu. Fokus adalah hal faktor penentu rampungnya tulisan. Maka luangkan waktu yang pas, di mana kamu benar-benar tak terganggu oleh suatu hal yang dapat mempengaruhi fokusmu.

Baca juga: 10 Kebiasaan Positif Ini Dapat Mengubah Hidupmu, Yuk Terapkan!

2. Kamu tipe orang yang menulis harus ditemani musik? Bisa jadi lagu yang kamu putar lebih mendominasi pikiranmu

Ditemani musik agar tak bosan memang sah-sah saja tapi jika jenis musiknya yang membuatmu ingin ikut bernyanyi maka akan mempengaruhi konsentrasimu. Hal ini akan mendominasi pikiranmu dengan lirik lagu bukan ide yang hendak ingin kamu tulis.

3. Kamu terlalu sering mengcek smartphone

Smartphone memang sudah menjadi candu bagi sebagian orang, rasanya tidak mengecek apa yang terjadi di social media, kamu akan merasa khawatir. Padahal itu hanya kebiasaan dan ketergantunganmu akan smartphone, bahkan tak ada notification pun kamu terus memeriksa.

Jika kamu terus-terusan mengawasi apa yang terjadi pada laman social media maka kecil kemungkinan kamu menyelesaikan tulisan, karena pikiranmu teralihkan.

Baca juga: 10 Materi Kuliah yang Umum Dipelajari Jurusan Ilmu Keperawatan

4. Ketika stuck kamu berhenti bukan mencari referensi

Saat idemu sulit untuk dituangkan dalam tulisan atau kamu merasa tak bisa melanjutkan, sering kali memilih untuk berhenti padahal kamu bisa cari referensi atas ide yang ingin kamu tulis. Duduk di depan laptop berjam-jam melihat catatan yang masih kosong tentu bukan pilihan yang bagus. Kadang saat mencari referensi itulah, kamu menemukan jalan untuk menulis kembali.

Bukan berarti kamu tak boleh istirahat ya, menenangkan pikiran perlu tapi jika berhenti tiap menit kapan selesainya tulisanmu?

5. Ruang menulismu yang tak nyaman  

Sulit mendapatkan inspirasi karena kamu merasa tak nyaman dengan kondisi ruang menulismu. Tak ada salahnya kamu mencoba mengubah tata letak barang-barangmu, agar tak merasa bosan. Temukan suasana baru yang membuatmu bahagia ketika duduk dan menulis.

6. Menunggu ide

Inspirasi memang kadang datang tak terduga namun bukan berarti kamu harus menunggu ide itu sampai datang. Mencari inspirasi bisa di banyak tempat. Dan hal itu tak terbatas dengan apa yang kamu alami saja. Kamu harus lebih banyak mendengar, banyak melihat dan temukan sudut pandang yang bukan hanya ada di dalam diri kamu saja.

7. Kamu banyak menunda  

Tak akan selesai jika kamu punya pikiran sering menunda. Dengan menunda kamu bisa mengerjakannya besok, minggu depan, bulan depan bahkan tahun depan. Mengerikan bukan? Jadi jika bisa dikerjakan hari ini maka kerjakan saat ini juga. Agar menjadi sebuah kebiasaan, menulislah setiap hari.

Jadi kebiasaan mana yang membuatmu sulit untuk merampungkan tulisan?

Sumber : Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star