Hastag Campus

7 Keuntungan Belajar TOEFL Secara Online, Yuk Lakukan!

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan salah satu jenis tes bahasa Inggris populer bagi masyarakat Indonesia. Tes ini sering diambil oleh para pemburu beasiswa sebagai syarat mendaftar universitas dan beasiswa ke luar negeri. Sertifikat TOEFL juga bisa dipakai untuk melamar kerja ke luar negeri.

Agar bisa lolos universitas, beasiswa, atau perusahaan idamanmu, kamu tentu harus mendapatkan skor yang tinggi, setidaknya mencapai nilai minimal yang dipersyaratkan. Karena itu, kamu harus sering belajar dan berlatih soal.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk berlatih TOEFL, salah satunya adalah secara online. Berikut ini beberapa keuntungan belajar TOEFL secara online.

1. Hemat biaya bahkan gratis
Dengan belajar TOEFL secara online, kamu bisa menghemat biaya. Pasalnya, saat ini ada banyak sekali website dan app yang menyediakan materi persiapan dan latihan TOEFL secara gratis.

Kamu pun gak perlu merogoh kocek untuk membeli buku atau materi TOEFL yang mahal atau membayar biaya les. Lumayan kan, uangnya bisa kamu tabung atau dipakai untuk keperluan lainnya.

Baca juga: 10 Kebiasaan Positif Ini Dapat Mengubah Hidupmu, Yuk Terapkan!

2. Ada banyak pilihan materi berkualitas dan update
Di internet, ada banyak website yang menyajikan materi persiapan TOEFL yang bisa kamu akses secara gratis. Beberapa website populer, misalnya Exam English (examenglish.com), Test Prep Practice (testpreppractice.net), TOEFL IBT Course (toeflibtcourse.com), 4test (4tests.com), Test Magic (testmagic.com), i-courses.org (i-courses.org), dan masih banyak lagi.

Selain website, kamu juga bisa mengunduh app terkait TOEFL, seperti misalnya TOEFL English Vocabulary Cards, TOEFL Practice Test (Learn To Success – LTS), Genius TOEFL, Infinite: TOEFL Complete Test Preparation, Latihan TOEFL Structure, TOEFL Preparation, TOEFL Test Preparation – Vocab, TOEFL Prep & Practice from Magoosh, Exam English: TOEFL Grammar, dan lain-lain.

Dengan begitu, kamu punya banyak pilihan bahan belajar. Berbagai materi dalam website atau app tersebut tentu bisa membantu kamu meningkatkan pemahaman dan keterampilan terkait TOEFL. Berbagai website atau app bahkan dilengkapi dengan video tutorial yang dikemas secara menarik sehingga gak bikin boring, bahkan bisa bikin kamu tambah semangat belajar.

3. Ada banyak latihan soal atau simulasi online
Seperti yang kita tahu, kita harus banyak berlatih soal untuk bisa mencapai skor TOEFL yang tinggi. Kabar baiknya, saat ini gak sulit menemukan website gratis untuk melakukan simulasi TOEFL secara online.

Umumnya, format simulasi tersebut dirancang mirip seperti tes TOEFL sungguhan. Setelah kamu selesai mengerjakan semua soal dalam simulasi online, biasanya kamu dapat langsung menerima hasil ujianmu.

Mengikuti simulasi TOEFL online tentu sangat membantu kamu agar terbiasa dengan format soal, terutama buat kamu yang ingin mengambil tes TOEFL iBT (internet-based test). Kamu pun bisa mengevaluasi bagian mana yang masih perlu ditingkatkan.

Baca juga: 10 Materi Kuliah yang Umum Dipelajari Jurusan Ilmu Keperawatan

4. Waktu belajar fleksibel
Belajar TOEFL secara online bersifat fleksibel. Artinya, kamu bisa mengatur sendiri jadwal belajarmu kapanpun kamu mau. Ini bisa jadi opsi yang menguntungkan terutama buat kamu yang punya kesibukan lain. Kamu tetap bisa belajar TOEFL secara online di waktu senggang.

5. Bisa dilakukan di mana saja dan dengan gadget apa saja
Selain fleksibilitas waktu, belajar TOEFL secara online juga tergolong simpel dan mudah dilakukan. Selama ada gadget dan koneksi internet, materi belajar di internet bisa kamu akses di manapun kamu berada.

Pilihan jenis gadget untuk belajar TOEFL juga bervariasi. Gak harus menggunakan laptop, kamu juga bisa memanfaatkan ponsel atau tabletmu untuk belajar TOEFL. Wah, praktis banget kan?

6. Bisa sekaligus mengeksplor berbagai tips atau kisah inspiratif untuk mendapatkan skor TOEFL tinggi
Berbagai website terkait persiapan TOEFL umumnya gak cuma memberikan materi atau latihan soal saja. Biasanya, berbagai situs online tersebut juga dilengkapi dengan beragam tips, testimoni, ataupun kisah inspiratif dari orang-orang yang sudah berhasil mendapatkan skor TOEFL tinggi.

Saat kita bosan atau lelah belajar TOEFL, keberadaan konten-konten semacam itu pastinya sangat bermanfaat untuk men-charge kembali semangat kita.

7. Ramah lingkungan
Metode online untuk belajar TOEFL ternyata gak hanya membawa keuntungan pada diri sendiri, tapi juga untuk lingkungan. Dengan belajar online, kamu gak menggunakan banyak kertas atau bahkan gak perlu menggunakannya sama sekali. Seperti yang kita tahu, produksi kertas umumnya menggunakan serat kayu sebagai bahan bakunya. Dengan menerapkan ‘go paperless’, maka secara gak langsung kamu ikut mengurangi penebangan pohon di hutan untuk produksi kertas.

Selain itu, dengan belajar online, kamu pun bisa mengurangi polusi kendaraan bermotor. Ini karena kamu gak perlu lagi pulang-pergi ke tempat les.

Nah, itulah tadi beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat memilih belajar TOEFL secara online. Dengan berbagai manfaat tadi, apa kamu masih ragu untuk memilih metode belajar seperti ini?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star