Hastag Campus

10 Materi Kuliah yang Umum Dipelajari Jurusan Ilmu Keperawatan

Ilmu Keperawatan merupakan salah satu bidang studi dalam ranah kesehatan yang bertujuan untuk menyiapkan seseorang menjadi perawat. Sebelum kamu berniat untuk masuk ke jurusan ini, sebaiknya ketahui dahulu materi yang akan kamu dipelajari.

Dengan mempelajari materinya, nantinya kamu bisa menjadi perawat yang baik dan sukses. Berikut ini beberapa materi yang umum dipelajari dalam Jurusan Ilmu Keperawatan.

1. Konsep Dasar Keperawatan
Dalam materi ini, kamu akan mempelajari teori-teori dasar ilmu keperawatan serta tokoh-tokoh yang melahirkan teori tersebut. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai etika keperawatan, nilai-nilai keperawatan, dan norma yang harus dimiliki oleh seorang perawat.

Intinya, materi ini merupakan pelajaran dasar yang pasti akan dipelajari oleh setiap perawat. Setiap perawat pun harus menguasainya.

Baca juga: 6 Hal Ini Sedang Dialami oleh Mahasiswa Semester Tua, Kamu Juga?

2. Asuhan Keperawatan
Asupan keperawatan adalah materi yang mempelajari suatu proses atau tahapan kegiatan pelayanan keperawatan, yang diberikan oleh seorang perawat secara langsung kepada pasien. Hal ini meliputi pelayanan kebutuhan biologis, psikologis, sosial, dan spiritual.

3. Psikologi Dasar
Untuk menjadi seorang perawat kamu juga dituntut agar bisa memahami keadaan pasien, baik tentang sifat, sikap, maupun perilakunya. Oleh karena itu, dalam jurusan keperawatan biasanya ada juga pelajaran Psikologi guna memahami kondisi dari manusia (pasien).

4. Anatomi dan Fisiologi Manusia
Materi ini merupakan pendalaman kembali dari pelajaran Biologi SMA. Meski demikian, Anatomi Fisiologi (Anafis) di bangku kuliah akan mempelajari lebih jauh mengenai struktur dan proses tubuh, seperti fungsi organ, bagaimana sistem tubuh bekerja, dan sebagainya.

Baca juga: 5 Tips Mencari Kos Idaman dan Murah Bagi Kamu Mahasiswa Baru

5. Farmakologi
Farmakologi dasar merupakan materi yang mempelajari tata cara menghitung kebutuhan obat serta peran dan fungsi perawat dalam memberikan obat-obatan. Biasanya, materi ini akan dipelajari oleh anak Jurusan Keperawatan di semester 2 atau 3.

6. Komunikasi Terapeutik
Selain Psikologi, saat masuk Jurusan Ilmu Keperawatan, kamu juga akan mempelajari Ilmu Komunikasi, lho! Ini karena salah satu pekerjaan perawat ialah berkomunikasi dan berinteraksi secara baik dengan pasien.

Hal ini demi melakukan pengkajian ataupun penyuluhan kesehatan. Tanpa komunikasi yang efektif dan terapeutik, dijamin kamu pasti akan mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan pasien.

7. Patofisiologi
Patofisiologi adalah materi lanjutan dari pelajaran Anafis. Namun, berbeda dengan Anafis, pelajaran Patofisiologi lebih mengacu pada pemahaman tentang keadaan tidak normal atau abnormal yang terjadi di dalam tubuh.

Biasanya, bahasan yang menyangkut materi ini seperti bagaimana sebuah penyakit dapat terjadi, bagaimana sebuah penyakit dapat menimbulkan komplikasi, dan sebagainya.

8. Manajemen Keperawatan
Dalam materi ini, kamu akan mempelajari bagaimana sebuah asuhan keperawatan dapat diberikan secara maksimal dan optimal dengan memperhitungkan berbagai aspek, seperti jumlah tenaga, waktu, dan efektifitas pelayanan.

Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai cara menghitung kebutuhan perawat, manajemen kasus keperawatan, serta bagaimana sebuah manajemen dapat meningkatkan kualitas kehidupan pasien.

9. Mata kuliah Stase Keperawatan
Jika sudah menemui mata kuliah ini, artinya kamu sudah masuk ke inti pelajaran keperawatan. Kamu akan mempelajari bidang spesialisasi setiap kelas perawat, mulai dari keperawatan anak, keperawatan jiwa, keperawatan kritis, keperawatan mental, keperawatan manula, keperawatan dewasa, dan masih banyak lagi.

10. Kewirausahaan Perawat
Materi umum terakhir yang biasanya dipelajari oleh Jurusan Ilmu Keperawatan adalah Kewirausahaan Perawatan atau yang biasa disebut Nursepreneur atau Entreprenurse.

Pelajaran ini ditujukan untuk mengembangkan bakat perawat dalam membuka usaha praktik sendiri. Jadi, sama halnya dengan dokter, seorang perawat juga bisa membuka praktik sendiri yang disebut Praktik Keperawatan Mandiri.

Beberapa materi di atas hanyalah sebagian kecil dari ilmu yang dipelajari dan harus dikuasai oleh anak Jurusan Keperawatan. Tertarik masuk jurusan ini?

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star