Hastag Campus

10 Kebiasaan Positif Ini Dapat Mengubah Hidupmu, Yuk Terapkan!

Tanpa kita sadari, kebiasaan dan aktivitas yang sering kita lakukan setiap hari belum tentu positif, lho. Namun, kita juga selalu diberi kesempatan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan itu setiap harinya.

Nah, jangan sampai kamu membuang waktu untuk melakukan kebiasaan yang tidak ada manfaatnya. Alangkah lebih baik jika kamu bisa menerapkan kebiasaan positif seperti di bawah ini dan rasakan manfaatnya. Apa saja?

1. Bangun sebelum jam 5 pagi
Bangun di pagi hari tidak akan membuat kamu menyesal di kemudian hari. Justru kamu akan bersyukur karena berhasil melakukan hal ini setiap pagi dan menjadi morning person. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan seperti meningkatkan mood, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan daya otak.

Baca juga: 6 Hal Ini Sedang Dialami oleh Mahasiswa Semester Tua, Kamu Juga?

2. Olahraga di pagi hari selama 30 sampai 60 menit
Banyak olahraga yang bisa kamu lakukan di pagi hari, cukup lakukan olahraga kecil kalau tidak punya banyak waktu. Lakukan lari atau jalan selama 30 menit. Selain itu, kamu juga bisa melakukan gym di pagi hari selama satu jam. Percayalah suatu hari nanti kamu akan bangga karena telah melakukan hal ini.

3. Makan makanan empat sehat lima sempurna
Tubuh kamu membutuhkan kalori, protein, dan vitamin. Oleh karena itu, makanlah makanan yang sehat seperti buah, sayur, dan disempurnakan dengan susu. Sesuaikan dengan kebutuhan tubuhmu, hal ini dilakukan untuk memenuhi nutrisi tubuh dan akan membantumu untuk lebih aktif ketika melakukan aktivitas.

4. Belajar empat jam perhari
Luangkan waktu untuk belajar selama empat jam dalam sehari. Setidaknya, otak kamu harus mendapatkan asupan setiap harinya, pikirkan satu ilmu yang menurutmu sangat penting untuk dipelajari. Kamu bisa melakukan hal ini kapan pun dan di mana pun, karena dengan adanya bantuan teknologi yang semakin canggih, kamu tidak ada alasan untuk tidak belajar.

Baca juga: 5 Tips Mencari Kos Idaman dan Murah Bagi Kamu Mahasiswa Baru

5. Lebih banyak mendengar daripada berbicara
Terkadang diam memang lebih baik, pepatah seperti itu pasti sudah sering kamu dengar. Tapi memang benar dan harus diakui, kamu akan mendapatkan hal baru jika mendengarkan orang lain, sedangkan jika kamu berbicara, kamu hanya mengulang hal-hal yang sudah kamu ketahui. Oleh karena itu, lebih baik diam dan mendengarkan agar kamu selalu dapat wawasan baru setiap harinya.

6. Jangan pernah percaya siapa pun, kecuali dirimu sendiri
Kamu hanya boleh percaya kepada orang-orang yang memang benar-benar dekat denganmu, seperti orangtua atau orang-orang yang kamu sayangi. Selain orang tersebut, kamu hanya boleh percaya kepada dirimu sendiri. Lebih baik kamu tidak menyimpan kepercayaan kepada orang lain supaya kamu tidak merasa dikhianati atau merasa menyesal di kemudian hari.

7. Habiskan waktu bersama orangtua
Meluangkan banyak waktu untuk orangtua sangat diperlukan, karena kamu tidak tahu kapan berbincang bersama keduanya akan berakhir. Kamu hanya perlu mengingat masa kecil kamu kalau sudah mulai lelah dan ingat apa yang mereka lakukan untukmu. Manfaatkan waktumu sebaik mungkin, jangan sampai menyesal di kemudian hari.

8. Jaga rahasiamu sebaik mungkin
Ingat, rahasia berarti sesuatu yang harus disembunyikan karena alasan tertentu. Jadi, jangan pernah memberitahu rahasiamu kepada orang lain dengan alasan apa pun, rahasia tetaplah rahasia. Mulai dari hal yang paling sederhana, seperti menjaga password sosial media kamu dari pasangan atau menjaga nominal penghasilan kamu dari teman-teman.

9. Membalas kebaikan orang lain
Kamu tidak hidup sendiri sebagai makhluk sosial, kamu selalu membutuhkan bantuan orang lain. Lupakan hal-hal egois yang ada di benakmu dan cobalah memikirkan orang-orang yang pernah meluangkan waktu untuk membantumu di tengah kesibukannya. Hargai mereka dan balaslah kebaikannya sebisamu. Kamu juga harus memperlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.

10. Tetap bersyukur dan merenungkan kesalahan
Setiap hari sebelum tidur, coba kamu ingat kesalahan apa saja yang sudah diperbuat hari ini. Renungkan dan cobalah menjadi pribadi yang lebih baik keesokan harinya. Dengan begitu, kamu akan terbiasa melakukan introspeksi diri dan jangan lupa untuk tetap bersyukur karena kamu masih diberi kesempatan untuk berbenah diri.

Nah, itu dia sepuluh kebiasaan positif yang harus kamu terapkan setiap hari. Lakukan hal-hal di atas selagi kamu bisa dan jangan pernah menunda untuk berproses menjadi lebih baik. Semangat!

Sumber : Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star