Hastag Campus

5 Ujian Masuk Perguruan Tinggi yang Ada di Dunia, Gak Cuma SBMPTN!

Untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, biasanya para pelajar harus menempuh masa wajib belajar selama dua belas tahun atau lulus SMA. Setelah itu, masih ada tahap lain, yakni tes berstandar nasional yang biasa disebut SBMPTN.

Namun ternyata, gak hanya Indonesia saja yang memiliki tes masuk perguruan tinggi negeri, lho! Berikut ini beberapa tes masuk perguruan tinggi lain yang diterapkan oleh negara-negara di dunia.

1. SAT
SAT merupakan ujian masuk yang wajib dilalui jika ingin melanjutkan studi di Amerika Serikat. Ujian ini memiliki empat bagian utama, yaitu ujian membaca, ujian bahasa dan tulis menulis, ujian matematika (tanpa kalkulator), dan ujian matematika (dengan kalkulator).

Baca juga: 5 Keuntungan Memiliki Dua Pekerjaan Sekaligus, Gak Cuma Banyak Uang!

2. Suneung (CSAT)
Seneung atau CSAT (College Scholastic Ability Test) merupakan ujian masuk universitas yang terstandarisasi dari Korea Selatan. Materi yang diuji berdasarkan buku-buku pelajaran berstandar nasional dan dirancang untuk melatih kemampuan berpikir.

Beberapa pelajaran yang diuji dalam tes ini adalah bahasa nasional, matematika, Bahasa Inggris, dan bahasa asing. Kemudian setelah selesai, masih ada tes ilmu sosial, ilmu pengetahuan alam, dan keterampilan untuk memilih jurusan.

3. Matura
Matura adalah ujian masuk perguruan tinggi yang digunakan oleh beragam negara di Eropa. Negara yang dimaksud adalah Albania, Bulgaria, Republik Ceko, Hungaria, hingga Italia.

Dengan banyaknya negara yang menerapkan ujian ini, pelajaran yang diuji akan berbeda-beda di tiap negara. Misalnya, institusi di Republik Ceko menguji Bahasa Ceko dan Literatur Asing, seperti Inggris, Jerman, Rusia, Spanyol atau Prancis.

Baca juga: Susah Mengingat Pelajaran? Lakukan 5 Trik Ini Biar Belajarmu Asyik

4. Gaokao
Gaokao adalah ujian masuk perguruan tinggi berstandar nasional yang berasal dari Cina. Ujian ini hampir mirip dengan SBMPTN di Indonesia. Para murid yang sudah lulus SMA harus melakukan tes pada mata ujian wajib berupa Sastra Cina, Matematika, dan Bahasa Inggris.

5. Baccalaureat
Ujian ini merupakan sebuah seleksi akademis yang berasal dari Prancis. Baccalaureat pertama kali diperkenalkan oleh Napoleon Bonaparte pada 1908 dengan tiga tipe ujian, yakni the baccalaureat general (general baccalaureate), the baccalaureat professionnel (professional bacca laureate), dan the baccalaureat technologique (tehcnological baccalaureate).

Itu dia lima jenis ujian masuk perguruan tinggi yang ada di dunia. Jadi, siap-siap menjalani tes tersebut jika kamu ingin melanjutkan studi di luar negeri, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star