Hastag Campus

5 Cara Cerdas Mendapatkan Nilai Bagus di Kelas yang Sulit

Kamu pernah gak berpikir sangat mustahil mendapatkan nilai A di mata kuliah atau mata pelajaran sekolah yang sulit? Sampai kamu berusaha sekuat apa pun menerima pelajaran tersebut, masih tetap tidak masuk ke dalam otakmu. Apa lagi dengan dosen atau guru yang killer?

Kamu sudah berusaha memecahkan materi dan berusaha memahami pelajaran sepanjang malam. Semua power point dari dosen telah di lahap, namun tetap tidak masuk ke otak. Tapi tenang, kamu tidak perlu stres, kali ini ada tips cara mendapatkan nilai A di kelas yang sulit.

1. Tidak hanya kamu yang kesulitan
Pola pikir pertama yang harus kamu sadari adalah kamu tidak sendirian, kamu bukanlah satu-satunya manusia yang mengalami kesulitan di kelasmu. Jadi kamu tidak perlu ambil pusing dengan kenyataan ini.

Dengan pemahaman ini, kamu akan merasa beban hidupmu berkurang alias tekanan psikologis akan berkurang. Akhirnya kamu bisa bangun di pagi hari tanpa merasakan beban atau rasa takut yang berlebih bahkan yang paling mengerikan kamu bolos karena kuliahnya sangat sulit.

Baca juga: 5 Keuntungan Memiliki Dua Pekerjaan Sekaligus, Gak Cuma Banyak Uang!

2. Tugas sulit pasti dikerjakan dengan sistem kelompok
Pasti kamu pernah mengalami kejadian ini. Salah satu topik atau mata kuliah yang sulit biasanya tugasnya akan dikerjakan secara berkelompok. Ini kabar yang membahagiakan sebenarnya. Dosen mamahami keterbatasan mahasiswanya atau muridnya kalau di sekolah.

Tapi ada titik lemah di sini, sebab ini adalah tugas yang dikerjakan bersama kelompok, maka nilai atas tugas tersebut akan sama. Kecuali dosenmu ada poin khusus atau dosenmu meminta pembagian tanggung jawab atas tugas tersebut. Nah, intinya karena nilai yang sama inilah dosen atau guru akan kebingungan dalam memberi nilai.

3. Tunjukkan seni yang kamu miliki
Jika kamu memiliki banyak waktu luang, manfaatkanlah untuk mengekspresikan seni yang kamu miliki. Memberikan watermark di tulisan atau memberikan sedikit sentuhan yang terlihat berseni. Bahkan jikalau perlu lukis buku pelajaranmu. Saat hendak ujian, berikanlah label berupa garis bawah yang menandakan poin jawaban yang kamu miliki. Ini juga berlaku untuk mahasiswa yang dimintai untuk presentasi dengan menggunakan power point. Tunjukkan kreativitas yang kamu miliki.

Baca juga: Susah Mengingat Pelajaran? Lakukan 5 Trik Ini Biar Belajarmu Asyik

4. Manfaatkan trik psikologis
Kamu pasti pernah menerima soal ujian yang menurutmu tidak semua orang bisa menjawab. Saat ujian semua mahasiswa atau siswa di dalam kelas terlihat kebingungan dan kamu juga merasa soal itu sulit. Tapi di sinilah kesempatan besarmu.

Saat kamu hendak menulis jawabannya, kamu harus menulis jawaban sepanjang mungkin. Semua hal yang ada di otakmu curahkan dengan catatan korelasinya dengan soal itu masih cukup relate. Perlu kamu ketahui bahwa, cara dosen atau guru memberikan nilai dari jawaban sesulit ini. Kalau semua orang ternyata tidak bisa menjawabnya, maka mereka akan mencari jawaban terbanyak dan terpanjang, dengan asumsinya adalah mahasiswa atau siswa ini mengerti, sebenarnya tidak.

5. Pahami aturan sederhana ini
Untuk mendapatkan nilai yang bagus padahal mata kuliah atau pelajarannya cukup sulit kamu harus memahami aturan ini yaitu :

  1. Jawaban pendek, simpel dan mudah dimengerti
  2. Jawaban panjang, agak memutar namun benar
  3. Jawaban panjang, terkesan rumit tetapi sebenarnya tidak menjawab
  4. Jawaban pendek yang salah atau jawaban panjang namun salah
  5. Tidak menjawab pertanyaan

Kamu harus memahami lima aturan di atas saat hendak menjawab pertanyaan yang terbilang sulit saat lagi ujian.

Demikianlah tips mendapatkan nilai yang bagus di kelas yang sulit. Intinya di sini adalah kemauan untuk belajar dan memang dibutuhkan ilmu yang cukup terhubung dengan mata kuliah atau pelajaran tersebut agar membantu selama proses pembelajaran.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star