Hastag Campus

Susah Mengingat Pelajaran? Lakukan 5 Trik Ini Biar Belajarmu Asyik

Kewajiban bagi seorang pelajar itu tidak pernah lepas dari kata “belajar”. Untuk mendapatkan nilai dan peringkat terbaik, kita harus belajar dengan sungguh-sungguh. Tetapi, di antara kita kadang bingung bagaimana caranya belajar dengan baik dan benar yang mampu membantu kita untuk mengingat pelajaran tersebut.

Berikut cara agar pelajaranmu bisa melekat dipikiranmu.

1. Tenangkan pikiranmu terlebih dulu

Semuanya berawal dengan menenangkan pikiran. Dengan cara ini, pikiran kalian tidak akan terbagi dengan satu dan yang lainnya. Jadi, kamu akan bisa fokus belajar dengan baik tanpa ada hal yang mengganggu dengan pikiranmu saat ini.

Baca juga: 6 Hal Ini Sedang Dialami oleh Mahasiswa Semester Tua, Kamu Juga?

2. Tulis kalimat penyemangat di sticky note

Membutuhkan support system? Kenapa tidak mulai dengan diri sendiri? Kamu bisa menulis kata-kata yang bisa membuatmu semangat di sticky note agar bisa meningkatkan mood belajarmu. Dengan rasa semangat, kamu akan lebih fokus dan mudah mengingat pelajaran yang kamu pelajari.

Sticky note dapat kamu lekatkan ditempat yang mudah terlihat, sehingga saat kamu merasa down atau lelah, kamu menjadi termotivasi untuk lebih semangat belajar lagi. Kamu bisa mencoba menempelkannya di meja belajar, dinding, atau laptop.

3. Highlight kalimat-kalimat yang kamu anggap penting

Di saat kamu membaca buku pelajaran, kamu pasti merasa ada suatu hal yang sangat penting untuk diingat, seperti pengertian, tujuan, dan manfaat. Coba untuk meng-highlight-nya dengan menggunakan highlighter marker berwarna, agar bisa membantumu untuk lebih mudah mengingatnya.

Baca juga: 5 Tips Mencari Kos Idaman dan Murah Bagi Kamu Mahasiswa Baru

4. Menulis ulang hal-hal yang penting

Selain meng-highlight kalimat-kalimat penting yang berada di buku, kamu juga bisa melakukannya dengan menulis ulang kalimat tersebut di buku catatanmu. Untuk lebih efisien mengingat suatu pelajaran, kamu dapat melakukan keduanya secara berurutan. Secara tidak langsung, dengan cara menulis ulang kalimat penting itu akan mudah melekat ke dalam pikiranmu.

5. Menentukan sudut pandang yang unik di sekitarmu

Ada berbagai cara untuk mengingat pelajaran, salah satunya adalah dengan menentukan sudut pandang sekitar. Kamu bisa menggunakan kamarmu sebagai contoh. Caranya adalah dengan mengambil satu poin yang kamu ingat, lalu kamu jadikan sudut kanan kamarmu sebagai pilihan untuk meletakan point pertama, begitu seterusnya. Dengan melibatkan kondisi sekitar, kamu akan lebih mudah untuk mengingat pelajaranmu.

Nah, mudah bukan? Selamat mencoba ya! Semoga bisa membantumu saat belajar.

Sumber : Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star