Hastag Campus

Mudah Untuk Pemula, Ini 5 Tips Belajar Idiom Bahasa Inggris

Banyak yang bilang bahwa mempelajari idiom dalam bahasa Inggris itu hal yang sulit. Sehingga, image idiom yang terkesan sulit ini menjadi tantangan terbesar bagi para pemula mempelajari bahasa Inggris selain grammar. 

Padahal, mempelajari idiom tidak sesulit yang dibayangkan oleh orang-orang, lho. Hanya saja, terdapat beberapa kesalahan teknis saat mempelajarinya sehingga terkesan sulit. Nah, berikut 5 tipsnya yang harus kamu simak!

1. Pahami konteks
Terdapat banyak kesalahan yang dilakukan oleh para pelajar bahasa Inggris pemula saat belajar idiom. Kesalahannya terletak pada stigma untuk menghafalnya. Sadarilah, sekalipun kamu sudah menghafal ribuan idiom, pasti tetap saja kamu akan bingung untuk menggunakannya. Maka dari itu, cobalah ubah cara belajar idiom yang seperti itu.

Mulailah untuk memahami konteks dari sebuah idiom, jangan hanya menghafalnya saja. Karena, ketika kamu paham konteks idiom, akan secara otomatis kamu hafal. Sebaliknya, jika hanya hafal, belum tentu kamu memahami maksud atau konteks dari sebuah idiom itu.

Baca juga: Bekerja Dari Rumah? Ini 5 Cara Agar Gak Gampang Menunda Pekerjaan

2. Jangan menghafal sekaligus
Banyak sekali jumlah idiom dalam bahasa Inggris. Bagi para pemula, pasti sudah menyerah duluan ketika membayangkan ratusan bahkan jutaan idiom yang harus dihafalnya. Padahal, sekalipun terdapat idiom yang berlimpah dalam bahasa Inggris itu, tidaklah digunakan seluruhnya dalam percakapan sehari-hari.

Maka dari itu, kamu harus buang jauh-jauh pikiranmu untuk menghafal seluruh idiom dalam bahasa Inggris. Karena, hal itu hanya akan membuatmu down, dan akhirnya, kamu tidak jadi mempelajari idiom. Cukup pelajari idiom sesuai situasi yang sedang kamu alami, dengan cara ini, otakmu akan lebih mudah menyerap sebuah idiom dibanding kamu menghafalnya sekaligus.

3. Catatlah
Tidak ada tips paling mudah untuk mempelajari idiom selain dengan mencatatnya. Ketika kamu mulai mempelajari idiom atau menemukan sebuah idiom, jangan lupa untuk mencatatnya dalam sebuah note. 

Dengan kegiatan mencatat ini akan membuatmu lebih mudah menyerap sekaligus mengingat idiom yang baru kamu dapat. Dan, kelebihan lain dari mencatat dalam note, jika sewaktu-waktu kamu lupa, kamu bisa melihat lagi catatanmu itu.

Baca juga: 5 Sumber Materi Gratis Ini Bisa Kamu Manfaatkan untuk Belajar TOEFL

4. Perbanyak referensi belajar
Banyak referensi untuk para pemula mempelajari idiom bahasa Inggris. Bisa dari website yang menyediakan kumpulan-kumpulan idiom beserta contohnya. Kenapa harus ada contoh? Karena, biasanya seseorang akan lebih mudah paham pelajaran sesuatu, ketika ada contohnya dulu, bukan?

Atau kamu juga bisa mempelajari idiom dari sebuah lirik lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi idolamu. Biasanya, jika hati senang, maka, pelajaran apapun akan lebih mudah masuk ke otakmu. Bahkan, kamu juga bisa mempelajari idiom dari film-film favoritmu, lho! Seru, bukan?

5. Terapkan
Tips yang terakhir adalah terapkan keempat tips di atas secara rutin dan berkelanjutan. Setiap hari kamu mempelajari idiom, maka, saat itu juga kamu harus menerapkannya. Karena, sebuah rutinitas dan konsisten adalah kunci termudah untuk mempelajari idiom.

Dan, kamu juga bisa mencari partner untuk saling berlontar idiom saat mengobrol. Atau, jika kamu memiliki relasi dengan orang asing, kamu juga bisa coba berbicara padanya dengan idiom yang sudah kamu kuasai.

Nah, itulah 5 tips untuk mempelajari idiom bagi para pemula. Mudah-mudahan bisa bermanfaat, ya!

Sumber : Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star