Hastag Campus

Bekerja Dari Rumah? Ini 5 Cara Agar Gak Gampang Menunda Pekerjaan

Bekerja dari rumah mungkin memang membuat siapa saja gampang tergoda untuk menunda pekerjaan. Meski gak semua orang demikian, namun pasti juga gak sedikit dong yang lebih memilih rebahan ketimbang menyelesaikan pekerjaannya secepat mungkin. Hayo, siapa nih yang begini?

Buat kalian yang harus bekerja dari rumah dan masih sering kelimpungan karena kerjaan jadi semakin menumpuk tapi keinginan untuk menunda semuanya juga gak bisa terelakkan, yuk coba lima cara ampuh berikut, gengs!

1. Tentukan deadline setiap pekerjaanmu
Meski terlihat santai, bekerja dari rumah juga harus dilakukan dengan efektif lho. Salah satu cara yang bisa kamu terapkan adalah dengan menentukan sendiri deadline dari setiap pekerjaan tersebut. Kalau memang dari kantormu sudah ada deadline, buatlah deadline mu sendiri yang lebih cepat dari itu agar kamu gak keteteran nantinya.

Baca juga: 7 Faktor Ini yang Jadi Alasan Gak Lulus Mata Kuliah

2. Buat daftar pekerjaan dari yang terpenting
Membuat list pekerjaan dari yang paling penting akan memberikan kamu gambaran soal prioritas. Kamu juga jadi belajar menentukan mana yang harus dikerjakan lebih dulu dan mana yang bisa dikerjakan belakangan. Ingat, kuncinya adalah kemauan dan tekad yang kuat.

3. Berikan hukuman tersendiri bagi dirimu jika sampai menunda pekerjaan
Memberi hukuman tersendiri juga akan memicu kamu untuk jadi lebih disiplin. Misal, kamu mengurangi jam bermain gadget jika satu tugas yang harusnya selesai malah gagal kamu selesaikan. Atau, hukuman-hukuman lain yang akan mendorong kamu untuk menyelesaikan kerjaan tepat waktu.

4. Sebaliknya, pikirkan hadiah untuk dirimu sendiri jika berhasil disiplin
Begitu juga sebaliknya, jika kamu berhasil menyelesaikan satu tugas, berikan apresiasi untuk menyemangati diri. Bisa dalam bentuk makanan enak yang sudah kamu idam-idamkan sekian lama, barang yang sangat ingin kamu beli, atau hal lainnya. Tapi gak perlu berlebihan ya. Cukup untuk jadi motivasi kamu menyelesaikan tugas berikutnya.

Baca juga: Ide buat Fresh Graduates, 5 Pilihan Mahasiswa Selepas Jadi Sarjana

5. Paksa dirimu hingga terbiasa!
Bisa karena terbiasa adalah motto yang bisa kamu gunakan untuk mendisiplinkan diri. Agar gak menunda pekerjaan, kamu perlu memaksa dirimu pada awalnya. Lama kelamaan ini akan jadi kebiasaan yang pastinya membuat kamu jadi pribadi yang lebih baik lagi.

Tanpa sadar menunda pekerjaan akan jadi kebiasaan buruk yang susah dihilangkan. Jadi, lakukan lima hal di atas agar bisa disiplin dalam mengerjakan tugas ya. Tetap semangat kerja dari rumah kan?

Sumber : Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star