Hastag Campus

Bad Mood Mengganggu Kinerjamu? Lakukan 5 Hal Ini agar Bersemangat

Mood seseorang dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Mungkin tak jarang kamu mendengar temanmu mengucapkan “sedang bad mood nih”, itu artinya dia sedang memiliki suasana hati yang kurang baik.

Di saat bad mood, seseorang akan cenderung malas melakukan kegiatan apa pun dan seringkali mereka menjadi lebih sensitif dari biasanya, jadi jangan coba-coba mengganggu. Tapi sesuai dengan kehidupan nyata bahwa rutinitas kita tetap ada meskipun sedang memiliki suasana hati yang buruk. Kira-kira apa sih yang harus dilakukan untuk mengendalikan mood kita?

1. Cobalah tersenyum walau awalnya terpaksa
Ada yang tahu the power of smile? Meskipun awalnya kamu akan merasa terpaksa, cobalah tersenyum ketika kamu sedang bad mood. Itu adalah salah satu hal sederhana yang paling mudah dilakukan, ia dipercaya dapat memperbaiki mood dan rasa percaya diri seseorang, selain itu tersenyum juga memberikan sugesti positif bagi tubuh kita. Saat tersenyum, tubuh akan mengeluarkan zat endorfin yang dapat membuat kita merasakan perasaan senang.

Baca juga: 7 Faktor Ini yang Jadi Alasan Gak Lulus Mata Kuliah

2. Beri waktu untuk dirimu sendiri
Kebanyakan orang menyebutnya “Me time”. Sesibuk apa pun kamu, coba beri waktu luang untuk dirimu sendiri. Waktu sendiri tanpa kehadiran orang lain ini penting untuk dilakukan, kamu jadi memiliki waktu untuk dapat memperbaiki mood mu dan mengoreksi diri ketika sedang sendirian. Kamu dapat melakukan aktivitas yang kamu suka atau hal lain semacamnya dan tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

3. Mensyukuri apa yang telah dimiliki
Terkadang bad mood muncul dengan berbagai alasan. Bisa jadi salah satu alasannya adalah karena terlalu sering mengeluh, merasa kondisi orang lain lebih baik dari kita. Jika itu penyebabnya, maka kamu harus banyak-banyak bersyukur. Menyadari bahwa di kehidupan ini semuanya telah diberi sesuai porsinya masing-masing. Tuhan menyayangimu dan tidak mungkin menelantarkan hamba-Nya. Trust that!!

Baca juga: Ide buat Fresh Graduates, 5 Pilihan Mahasiswa Selepas Jadi Sarjana

4. Mengonsumsi makanan dan minuman pengendali mood
Sudah familier dengan yang satu ini? Menurut nutrisionis Ayunova, S.Gz, makanan dan minuman dapat mempengaruhi kebugaran tubuh hingga 70 persen, sedangkan 30 persen lainnya dipengaruhi oleh faktor eksternal. Mengonsumsi makanan dan minuman dapat menjadi upaya kita dalam mengendalikan mood, contohnya seperti cokelat, es krim, kacang mete dan lain-lain.

5. Istirahat dan tidur yang cukup
Kurang istirahat dan tidur dapat membuat seseorang mudah marah, sulit berkonsentrasi, stres dan depresi. Kedua hal ini tidak hanya memengaruhi mood seseorang, tapi juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan, berat badan, bahkan kehidupan seksual. So, pastikan tubuh mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang cukup!

Dari beberapa opsi di atas, kamu bisa pilih sendiri opsi mana yang akan kamu pilih. Bad mood hilang, good mood datang!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star