Hastag Campus

5 Alasan Kamu Wajib Melatih Kemampuan Berorganisasi Semasa Kuliah

Semasa kuliah, pasti ada banyak pengalaman hidup yang akan kamu dapatkan. Namun ada satu hal yang wajib kamu lakukan pada saat kuliah yaitu berorganisasi. Hal tersebut memiliki banyak manfaat dan cukup berpengaruh bagi kehidupanmu di masa tua kelak.

Namun kamu harus bisa mengorbankan banyak waktu untuk fokus ke dalam berorganidasi. Tetapi jangan jadikan hal tersebut sebagai tamengmu untuk tidak aktif berorganisasi. Ada beberapa alasan yang mungkin dapat membuka mata hatimu untuk melatih kemampuan berorganisasi selama kuliah. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Dalam dunia kerja, setidaknya kamu harus bisa mengatur orang banyak
Salah satu hal yang di dapat jika memiliki kemampuan berorganisasi dengan baik adalah kamu pasti akan mudah untuk mengatur banyak orang. Hal tersebut sangatlah susah dilakukan jika kamu tak memiliki pengalaman sama sekali karena setiap orang pastilah memiliki karakter yang berbeda-beda.

Hal tersebut sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Kamu akan dihadapkan oleh beberapa tanggung jawab yang menuntutmu untuk bisa mengatur banyak orang. Maka dari itu alangkah baiknya kamu harus ikut organisasi mulai dari sekarang. Anggaplah hal tersebut sebagai investasi jangka panjang yang akan menguntungkanmu suatu saat nanti.

Baca juga: 7 Faktor Ini yang Jadi Alasan Gak Lulus Mata Kuliah

2. Dapat memudahkanmu untuk promosi jabatan
Dalam dunia kerja nanti, kamu pasti akan tidak asing dengan istilah promosi jabatan. Hal tersebut terjadi ketika atasanmu menaruh kepercayaan kepadamu untuk naik tingkat ke tanggung jawab yang lebih besar. Tentunya hal tersebut memiliki pengaruh besar pada jenjang kariermu.

Namun biasanya syarat untuk mendapatkan hal tersebut membutuhlan kemampuan berorganisasi dengan baik. Hal itu karena kamu ditugaskan memimpin beberapa bawahan yang dapat menunjang semua pekerjaanmu. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa hal ini sangat berpengaruh bagi keberlangsungan hidupmu suatu saat nanti.

3. Mumpung masih belum ada kesibukan selain tugas kuliah
Apa yang kamu keluhkan selama masa kuliah? Tugas yang banyak dan berbagai permasalahan yang menyangkut perkuliahan, bukan? Dengan adanya hal itu dapat disimpulkan bahwa kesibukanmu masih belum seberapa dibandingkan mereka-mereka yang sudah bekerja.

Hal itu dapat menjadi patokanmu untuk lebih menyibukkan diri dengan cara melatih kemampuan berorganisasi. Memang kamu akan sangat kelelahan jika membagi kedua tanggung jawab tersebut secara bersamaan. Namun cobalah untuk senantiasa berpatokan pada hasil akhir agar tak ada sambatan yang menghantui pikiranmu.

Baca juga: Ide buat Fresh Graduates, 5 Pilihan Mahasiswa Selepas Jadi Sarjana

4. Dengan berorganisasi, kamu pasti akan mendapatkan banyak relasi
Satu hal yang paling penting agar kariermu bisa berjalan sesuai keinginan adalah kamu harus memiliki banyak relasi. Hal itu karena dunia kerja memiliki lingkup yang cukup luas dan tidak bisa stagnan di satu titik saja. Maka dari itu kamu harus bisa memiliki kemampuan bersosialisasi agar mendapatkan banyak relasi.

Kemampuan berosialisasi tersebut bisa didapatkan jika kamu aktif dalam berorganisasi. Kamu pasti akan mendapatkan teman dari berbagai latar belakang yang sangat berpengaruh bagi keberlangsungan hidupmu suati saat nanti. Ingatlah bahwa manusia itu makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

5. Berorganisasi saat kuliah dapat membantumu untuk mendapatkan pekerjaan terbaik
Semua orang pasti setuju bahwa guru terbaik adalah sebuah pengalaman. Pengalaman itu bisa didapatkan jika kamu mau mempelajari hal-hal baru dengan bersungguh-sungguh. Hal itu juga akan sangat berpengaruh bagi terealisasinya mimpi-mimpi di dalam hidupmu. Salah satu pengalaman yang wajib dimiliki adalah berorganisasi.

Dengan berorganisasi, kamu akan memiliki peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan terbaik. Hal itu karena ada banyak aspek penunjang karier yang akan kamu dapatkan yaitu relasi, kemampuan mengatur orang banyak, dan masih banyak hal positif lain.

Itulah kelima alasan mengapa kamu wajib melatih kemampuan berorganisasi semasa kuliah. Jangan sia-siakan masa mudamu hanya untuk bersenang-senang saja. Lakukan hal-hal positif yang bisa menunjang kehidupanmu di masa depan.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star