Hastag Campus

Ide buat Fresh Graduates, 5 Pilihan Mahasiswa Selepas Jadi Sarjana

Setiap orang memiliki rencana hidupnya sendiri. Begitupun langkah yang akan diambil setelah mereka menyelesaikan pendidikan sarjananya. Pilihan-pilihan ini muncul atas keinginan diri sendiri, keadaan, dan juga saran dari orang sekitar.

Kalau kamu penasaran, ini lho opsi yang biasanya dipilih oleh mahasiswa selepas lulus kuliah sarjana!

1. Bekerja pada perusahaan atau lembaga tertentu
Ini sepertinya opsi yang memperoleh jumlah terbanyak di antara para fresh graduates. Mereka ingin segera menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang didapatnya semasa kuliah, ke dunia nyata.

Ada yang ingin segera mendapat penghasilannya sendiri dan tidak lagi bergantung pada uang saku yang didapat dari orangtua. Meski begitu, opsi ini juga kerap dipilih oleh mahasiswa yang bekerja sambilan.

Alhasil ketika lulus, mahasiswa tadi tinggal meneruskan pekerjaannya atau naik level dalam pekerjaannya. Misalnya, saat kuliah, ia menjadi freelancer atau part timer. Maka ketika lulus, status kerjanya menjadi full timer.

Baca juga: 5 Cara Memperbanyak Ilmumu, Gak Melulu di Sekolah!

2. Menjadi wirausahawan
Mahasiswa berjiwa entrepreneur biasanya memiliki impian untuk membuka usaha sendiri. Entah bisnis jasa atau produk.

Biasanya, jurusan yang diambil akan disesuaikan dengan keinginan usaha yang akan dibuat. Namun, dibutuhkan biaya yang cukup banyak serta niat yang sangat kuat untuk mewujudkannya.

3. Kuliah lagi ke jenjang yang lebih tinggi
Mahasiswa yang memutuskan untuk kuliah lagi, juga memiliki alasannya sendiri. Ada yang kebetulan mendapat beasiswa, sehingga ini merupakan kesempatan yang langka. Ada pula yang didesak oleh orangtua karena mumpung masih ada biaya.

Mereka yang kuliah lagi, juga ada yang berpikir bahwa ilmu saat kuliah S1 masih kurang. Buat mahasiswa yang kuliah di jurusan seperti kedokteran atau psikologi, diharuskan untuk melanjutkan sekolah profesi demi mendapatkan sertifikasi atau izin praktek.

Baca juga: Jauhi 6 Hal yang Bikin Mahasiswa Menunda Tugas Saat Karantina Diri!

4. Menikah
Buat mereka yang sudah punya tambatan hati, biasanya akan memikirkan opsi ini. Beberapa ingin segera mengikatkan diri dengan pasangan dalam hubungan yang halal. Ada pula yang berpikir untuk gak menunda kebahagiaan.

Pilihan untuk menikah juga bisa disebabkan karena pihak laki-laki, berusia jauh lebih tua daripada pasangannya dan sudah cukup mapan untuk membina rumah tangga.

Sebagiannya lagi berpikir, akan terlalu lama jika harus menunggu selesai kuliah lanjutan atau mengambil sekolah S2.

5. Melakukan pengabdian
Anak perantauan yang berasal dari kota kecil, biasanya memiliki cita-cita ini. Ilmu yang didapatkannya, ingin segera diterapkan untuk membangun kampung halamannya.

Hal ini menjadikan kampung lebih maju dan terbantu. Contohnya, kalau belajar mengenai irigasi, akan sangat berguna untuk membantu para petani di kampung.

Apa pun pilihannya, semua memiliki keuntungan serta risikonya sendiri. Kamu harus siap dengan hal itu, sehingga kamu diharapkan untuk memikirkan keputusan tersebut dengan baik.

Jangan pula menghakimi pilihan seseorang yang berbeda denganmu. Semoga opsi yang kamu pilih, adalah yang terbaik untuk hidupmu, ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star