Hastag Campus

Jauhi 6 Hal yang Bikin Mahasiswa Menunda Tugas Saat Karantina Diri!

Pemerintah sudah resmi memberlakukan self quarantine sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 di Indonesia. Ini juga berlaku bagi mahasiswa sehingga mereka harus belajar di rumah dengan sistem online learning.

Terkadang dalam situasi tersebut, mahasiswa jadi rentan menunda tugas yang diberikan dosen. Yuk, jauhi hal yang bikin mahasiswa menunda tugas saat karantina diri berikut!

1. Membalas chat yang masuk
Hal pertama yang bisa membuat mahasiswa lalai akan tugasnya adalah membalas satu per satu chat yang masuk. Terlebih, dengan pembatasan pertemuan langsung seperti sekarang, komunikasi melalui pesan singkat sudah jadi alternatif yang paling diminati.

Meski awalnya hanya menanyakan tugas, pasti pesan yang dikirim akan semakin melebar. Kamu bisa saja mulai mengeluhkan rasa bosan karena hanya berdiam di rumah dan membicarakan hal-hal menarik lainnya.

Baca juga: Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Sudah Masuk Kehidupan Kampus

2. Berselancar di media sosial
Ketika sudah memegang gawai, biasanya ada hal lain yang akan kamu lakukan. Ya, berselancar di media sosial. Dengan keterbatasan informasi dan rasa bosan akibat tidak boleh keluar rumah, kamu pasti akan mencari-cari tahu kabar terbaru.

Mulai dari kabar terkini corona, kabar teman-temanmu, bahkan keadaan orang lain di media sosial. Akibatnya, kamu terhanyut sampai lupa waktu dan tugasmu tidak kunjung selesai,.

3. Terlalu lama memilih saat mendengarkan lagu
Salah satu pemberi semangat saat menyelesaikan tugas sendirian di dalam kamar adalah mendengarkan lagu. Namun, ketika sedang memilih lagu, beberapa orang justru menjadi terlalu pemilih dan berakhir dengan membuang-buang waktu.

Akan tetapi, perlu diketahui juga bahwa tidak semua orang suka mendengarkan musik untuk mengerjakan tugas, lho! Pasalnya, ada juga yang lebih menyukai ketenangan.

Baca juga: 5 Alasan Freelance Merupakan Pekerjaan yang Cocok untuk Introver

4. Mencari atau membuat camilan
Selain musik, makanan atau camilan adalah teman wajib untuk mengerjakan tugas. Kalau di rumah tak ada camilan, artinya kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Terkadang, momen inilah yang lebih menghabiskan waktu ketimbang mengerjakan tugas itu sendiri.

5. Bersih-bersih kamar
Beberapa orang sangat sensitif terhadap kerapian dan kebersihan kamarnya. Oleh karena itu, mereka kerap membersihkan kamarnya terlebih dahulu sebelum memulai mengerjakan tugas.

Hal ini tentunya positif, namun perlu dipertimbangkan lagi durasinya. Selain membutuhkan energi yang cukup besar, untuk merapikan kamar tersebut, pasti juga dibutuhkan waktu yang tidak sebentar, kan?

6. Menghadapi kesulitan dalam mencari informasi
Biasanya, jawaban atas tugas yang diberikan oleh dosen berasal dari buku, jurnal, atau bahan lain yang berada di internet. Akan tetapi, mencari jawaban tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Perlu perjuangan dan ketelitian untuk mendapatkan jawaban yang benar-benar sesuai dengan pertanyaan yang ada. Apalagi jika kamu sudah merasa stuck, sehingga tidak bisa menemukan jawabannya. Ini sudah pasti bakal menghabiskan waktu yang lama.

Benar gak kalau beberapa hal di atas, kerap membuat fokusmu teralihkan dan menunda tugas dari dosen? Kalau benar, jauhi hal yang bikin mahasiswa menunda tugas tadi ya!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star