Hastag Campus

5 Cara Memperbanyak Ilmumu, Gak Melulu di Sekolah!

Banyak orang menganggap bahwa sekolah satu-satunya tempat untuk memperbanyak ilmu. Padahal, anggapan semacam ini salah. Ada banyak sekali cara lain untuk memperbanyak ilmu, gak melulu di sekolah. Dengan cara sesederhana apapun itu.

Penasaran? Yuk, simak lagi !

1. Menanyakan apapun yang membuatmu penasaran pada orang di sekitarmu
Setiap orang kerap merasa penasaran, tak terkecuali kamu. Jangan sungkan untuk bertanya, sebab melalui orang di sekitarmu, kamu dapat mengetahui banyak hal. Lebih- lebih jika kamu dapat mengingat dengan baik. Misalnya saja, kamu melihat sosok penjual bubur yang membuatmu penasaran akan alasan lakunya bubur tersebut, maka bertanyalah alasan dibalik lakunya jualannya. Tak perlu takut akan tanggapan orang lain yang menganggapmu kelewat penasaran, sebab kamu cuma bertanya. Ingin tahu banyak itu bagus.

Baca juga: Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Sudah Masuk Kehidupan Kampus

2. Sering-sering mengamati keadaan sekitar
Apabila kamu sungkan untuk bertanya atau mungkin orang yang kamu tanyai tidak ingin membagikan pengetahuannya kepadamu, maka kamu perlu memerhatikan. Jangan fokus pada satu titik saja. Banyak, Iho, sesuatu yang menarik yang dapat meningkatkan pengetahuanmu. Misalnya, kamu mendapati banyak anak kecil yang lebih memilih membeli balon alih-alih permen, maka perhatikanlah lebih detail lagi.

Pasti ada sebab dibalik anak-anak yang lebih tertarik pada balon ketimbang permen. Dengan begitu, kamu mungkin akan mudah membandingkan sesuatu yang lebih baik dari sudut pandang anak-anak. Kamu jadi lebih cermat dalam berbagai hal nantinya jika kamu berlatih dari sekarang. Menguntungkan, bukan?

3. Manfaatkan internet dan buku sebagai media informasi
Alih-alih dipakai untuk hal tak berguna, akan lebih baik apabila kamu mempergunakan gawai yang kamu miliki sebagai media mencari informasi. Kamu bisa mendapatkan banyak informasi di internet, bukan? Carilah untuk hal positif. Misalnya, kamu tertarik membuat sebuah novel, maka cobalah mengikuti instruksi di internet lantas belajarlah menerapkannya. Informasi di internet dapat mengembangkan potensimu kalau kamu mencari sesuai minatmu.

Mencari informasi di buku juga menarik. Banyak sekali buku non-fiksi yang bermanfaat bagi generasi muda. Kamu tinggal mencari buku yang sekiranya sesuai minatmu atau mengembangkan potensimu. Lagi pula, buku merupakan jendela dunia.

Baca juga: 5 Alasan Freelance Merupakan Pekerjaan yang Cocok untuk Introver

4. Mencari pengalaman melalui kerabat yang memiliki banyak kemampuan
Kamu mungkin beberapa kali bosan akan rutinitas sekolah yang begitu saja. Jika kamu merupakan sosok yang suka sesuatu yang menantang, maka cara ini dapat kamu coba. Cobalah menghubungi kerabatmu yang telah ahli di bidangnya, lantas bertanyalah banyak- banyak serta menerapkan sarannya di kehidupan masa depanmu kelak. Serta, apabila kamu sanggup, cobalah mengikutinya dalam bekerja agar menambah pengalamanmu secara langsung. Ini cukup penting, Iho.

5. Mengasah kreativitas
Jika kamu punya banyak ide, maka kamu dapat mengasah kreativitasmu. Membuat barang-barang berguna atau mendesain merupakan kegiatan menarik, yang dapat membuat kreativitasmu terasah dengan baik. Atau asah kreativitasmu sesuai minatmu, karena akan sangat menyenangkan.

Itulah 5 cara tepat untuk memperbanyak ilmu. Kamu perlu menerapkannya jika ingin terus berkembang menjadi lebih baik, nih!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star