Hastag Campus

Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Sudah Masuk Kehidupan Kampus

Memasuki awal yang baru, tahun pertamamu menjadi seorang mahasiswa/mahasiswi adalah masa dimana banyak sekali terjadi perubahan dihidupmu. Dimana kamu harus rela jauh dari keluarga, rumah dan mulai mengejar cita-cita. Masa yang dipenuhi dengan dilema.

Menjadi seorang mahasiswa/mahasiswi merupakan sesuatu yang sangat berbeda dibanding dengan saat menjadi seorang siswa atau siswi dulu. Nah, makanya kamu harus mulai persiapkan diri, nih untuk memasuki dunia perkuliahan.

1. Kos
Poin yang pertama adalah kos. Sebagian besar pasti harus tinggal jauh dari orang tuanya dan mau tak mau harus merasakan kehidupan anak kos. Kehidupan kos akan mendorong kamu untuk lebih mandiri, dan juga saling bekerjasama antar penghuni kos lainnya.

Jadi selama kamu jadi anak kos harus pinter-pinter memilih pergaulan karena tak ada lagi orang tua yang langsung mengawasi. Deritanya saat lagi tanggal tua. Ya, kamu juga pasti akan merasakan hal ini. Beruntung bagi kalian yang masih tinggal dengan orang tua di rumah.

Baca juga: 5 Alasan Kamu Perlu Mencoba Simulasi Dulu Sebelum Ikut Tes TOEFL

2. Ikuti Ospek / Orientasi Kampus
Kegiatan ini merupakan masa pengenalan kampus, mulai dari masalah akademik, fasilitas dan infrastruktur hingga pengenalan organisasi kampus. Kegiatan ini sangat perlu kamu ikuti karena selain mengetahui seluk beluk kampus, kamu juga akan bertemu dan berkumpul dengan mahasiswa baru lainnya. Di sinilah ajang cari kenalan, temen atau malah gebetan.

3. Ikuti Organisasi Mahasiswa
Organisasi Mahasiswa, identik dengan aktivis kampus. Inilah saatnya kamu tunjukkan keaktifanmu dalam berorganisasi. Selain menambah pengalaman, kamu bisa memiliki relasi yang banyak mulai dari teman seangkatan bahkan kakak tingkat semester akhir. Sihangga akan memudahkanmu untuk memperoleh informasi.

Saat pertama menjadi mahasiswa biasanya yang paling awal open recruitment adalah pada ormawa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau komunitas-komunitas mahasiswa sejenis ekstrakurikuler waktu di SMA. Sangat disarankan untuk mengikuti apa yang memang kamu sukai! Karena inilah kesempatan kamu untuk mengembangkan minat dan bakat sekaligus menjadi mahasiwa yang aktif di kampus.

Baca juga: Kampus Negeri dengan Prodi S1 Keperawatan Akreditasi A pada Tahun 2020

4. Perjuangkan Prestasi Akademikmu
Berbeda di sekolah berbeda di kampus, disini selain belajar dengan giat kamu juga harus mengenali karakter dosen yang mengampu mata kuliahmu. Karena setiap dosen memiliki otoritas tersendiri dimana mahasiswa harus tunduk dengan cara penilaiannya. Untuk meningkatkan prestasi akademikmu, kamu juga bisa membuat kelompok belajar untuk kesuksesan bersama.

5. Keuangan, Belajarlah Berhemat !
Inilah saatnya kamu membuat daftar prioritas yang mana benar-benar kamu butuhkan dan yang mana kamu inginkan. Jangan sampai pas tanggal tua kamu mengalami sindrom ‘kantong kering’ alias bokek. Intinya belajarlah berhemat!

6. Pandai-pandai Mengatur Waktu
Ini masalah yang terjadi saat akademik dan organisasi berebutan porsi waktu. Tujuan utama kita tentu saja untuk belajar, memperoleh IPK yang tinggi, namun ingat softskill merupakan sesuatu yang penting yang akan kita dapatkan saat berorganisasi. Jadi, atur waktumu. Buatlah agenda bulanan, agar kamu bisa merencanakan kapan waktunya untuk belajar dan untuk berorganisasi.

7. Jaga Koneksi dengan Keluarga dan Orang Terdekat
Poin yang paling penting, saat di perantauan luangkanlah waktumu untuk sekedar menelpon orang tua ataupun keluargamu yang jauh disana. Karena bagaimana pun merekalah alasan kita untuk disini. Selain itu dukungan moral, juga akan menenangkan hatimu saat kekacauan tengah melanda dirimu.

Demikianlah langkah-langkah sederhana yang bisa kamu lakukan saat awali tahun pertama kehidupan kampusmu. Mulailah dari yang sederhana dan pasti selangkah demi selangkah kau pasti akan mencapai tujuanmu! Tetap Semangat!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star