Hastag Campus

5 Alasan Kamu Perlu Mencoba Simulasi Dulu Sebelum Ikut Tes TOEFL

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan salah satu jenis tes populer untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Tes ini acap kali diikuti oleh mereka yang ingin mendaftar ke universitas atau beasiswa luar negeri.

Sertifikat TOEFL dengan skor tinggi umumnya menjadi syarat penting yang harus kamu miliki jika ingin lulus seleksi universitas atau beasiswa ke luar negeri. Untuk bisa memperoleh sertifikat tersebut, kamu tentu harus mengikuti tes TOEFL resmi terlebih dahulu.

Sebelum menjalani tes TOEFL resmi, kamu perlu mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar bisa mencapai skor yang diinginkan. Persiapan itu gak hanya berupa belajar mandiri atau ikut kursus, tapi juga bisa kamu lakukan dengan mengikuti tes simulasi TOEFL atau TOEFL prediction test.

Berikut ini beberapa alasan kenapa kamu perlu mencoba simulasi dulu sebelum ikut tes resmi TOEFL.

1. Untuk mengevaluasi kemampuan bahasa Inggrismu saat ini
Meski mungkin gak seakurat tes TOEFL resmi, hasil dari tes simulasi ini bisa kamu jadikan sebagai bahan acuan. Kamu bisa jadi lebih tahu bagian mana yang harus ditingkatkan dan dipertahankan. Selain itu, kamu pun jadi lebih tahu strategi apa yang harus dilakukan untuk mencapai skor yang diinginkan.

Baca juga: 5 Hal yang Membuat KBM dengan Digital Learning di Rumah Lebih Efektif

2. Untuk mengetahui gambaran tes sesungguhnya
Tes simulasi TOEFL bisa menjadi sarana untuk memperoleh gambaran tes TOEFL yang sesungguhnya. Format tes yang diberikan saat simulasi gak akan jauh berbeda dengan tes TOEFL resmi. Sama seperti tes aslinya, kamu diwajibkan untuk menyelesaikan soal dengan batas waktu yang ditentukan.

3. Membuat kamu menjadi lebih pede saat mengikuti tes aslinya
Dengan rutin mengikuti tes simulasi, kamu jadi terbiasa dengan format dan timing ujian. Dengan begitu, ini bisa membantu kamu mengurangi rasa tegang saat mengikuti tes TOEFL resmi.

4. Simulasi TOEFL bisa dilakukan secara online maupun offline
Tes simulasi TOEFL bisa dilakukan secara offline maupun online. Saat ini, banyak lembaga kursus bahasa Inggris di Indonesia yang menyelenggarakan tes simulasi TOEFL. Kalau kamu mau melakukannya secara online, jangan khawatir karena gak sedikit website di internet yang menyediakan menu simulasi TOEFL secara interaktif.

Baca juga: 6 Motivasi untuk Tetap Konsisten Jalani Side Job Sesuai Passion

5. Biaya murah bahkan gratis
Biaya untuk mengikuti tes simulasi TOEFL tentu jauh lebih terjangkau daripada tes aslinya. Untuk tes simulasi yang dilakukan secara online, kamu bahkan gak perlu merogoh kocek sama sekali. Daripada langsung ikutan tes resmi TOEFL yang mahal tapi hasilnya gak sesuai harapan, mending ikut tes simulasi dulu kan?

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa kamu perlu mencoba simulasi dulu sebelum ikut tes TOEFL yang sesungguhnya. Ternyata, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti simulasi tersebut. Jadi gak perlu ragu lagi, yuk segera ikuti tes simulasi TOEFL!

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star