Hastag Campus

Ternyata Kecemasan Juga Bisa Membantumu Menyelesaikan Sesuatu Lho!

Apakah kamu termasuk orang yang selalu merasa cemas dan khawatir? Terobsesi untuk melakukan segala hal secara detail? Merasa ketakutan jika berada pada tenggat waktu? Nah, kalau begitu, berita buruknya adalah kamu termasuk seseorang yang mengalami bentuk kecemasan. Namun berita baiknya adalah, hal itu ternyata bisa membuatmu menjadi lebih bersemangat dan produktif. Yuk, cari tahu penjelasan lengkapnya.

1. Studi terbaru yang diterbitkan Journal of Individual Differences
Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Individual Differences menggambarkan spektrum penderita kecemasan dan mengamati bagaimana keadaan emosi memengaruhi motivasi seseorang. Mereka menemukan bahwa kecemasan dapat menjadi motivator yang kuat, namun bagi sebagian orang, nih. Bagi yang lain, hal itu justru memiliki efek sebaliknya, menyebabkan depresi dan penurunan produktivitas.

Studi ini terinspirasi oleh pengamatan penulis dari Juliane Strack, bahwa dalam beberapa situasi, emosi negatif seperti kecemasan dapat menjadi penggerak yang sama kuatnya dengan emosi positif. Penelitian ini dibuat untuk membuktikan pendapatnya. Kecemasan tidak selalu menghasilkan hasil negatif. Mungkin bagus untuk karirmu juga, lho.

Baca juga: 6 Motivasi untuk Tetap Konsisten Jalani Side Job Sesuai Passion

2. Fenomena ini disebut dengan high anxiety-motivation
Peneliti menyebutnya “high anxiety-motivation,” orang-orang yang masuk kategori ini ternyata memiliki nilai lebih tinggi dan lebih puas di tempat kerja daripada orang-orang yang gelisah dengan low anxiety-motivation. Dengan kata lain, kemampuan untuk dimotivasi oleh kecemasan ternyata sepenuhnya mengimbangi banyak efek samping negatif yang secara umum dikaitkan dengannya.

Jadi, jika kamu merasa kewalahan dengan beban kerja, mungkin ada baiknya kamu mencoba memelintir perasaan itu menjadi motivasi yang jauh lebih baik. Semakin cepat kamu mengatasinya, maka kamu tidak akan begitu kewalahan, kan.

3. Namun kecemasan adalah kecemasan, dan hal ini diperlukan strategi yang tepat
Meskipun kecemasan memiliki dampak positif pada kesejahteraan seseorang, namun hal itu tidak bisa kamu biarkan saja tanpa terkendali. Bagaimanapun, kecemasan selalu dikaitkan dengan masalah seperti kehilangan ingatan jangka pendek dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi. Jika kamu pernah mengalami masalah kecemasan secara berulang, kamu bisa mencoba tiga strategi ini untuk menenangkan dirimu.

Baca juga: Tingkatkan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris dengan 5 Cara Mudah Ini

Olahraga
Ya, tips ini pasti sudah pernah kamu dengar sebelumnya, tetapi memang itu benar adanya. Latihan kardio seperti joging bisa melepaskan endorfin dan membuatmu merasa lebih santai dan bisa meningkatkan prestasi. Jadi, jangan biarkan kecemasanmu larut begitu saja, ya. Coba terapkan tips yang satu ini.

Pelatihan pernapasan
Hiperventilasi adalah salah satu gejala utama serangan kecemasan, dan itu bisa saja memperburuk keadaan jika kamu tidak bisa menanganinya secara tepat. Nah, tips ini memang terdengar sangat sederhana. Tapi siapa sangka kalau tips ini memiliki manfaat yang besar. Cobalah memperlambat ritme napasmu menjadi 15 detik.

Stimulasi Sensorik
Untuk yang satu ini, kamu bisa meluangkan waktu untuk bersantai. Temukan kegiatan apapun yang bisa menurunkan kecemasanmu. Jika kamu merasa nyaman menonton TV, kamu bisa menonton acara TV kesukaanmu. Atau membaca buku dan mendengarkan musik.

Setiap manusia memang diberikan kecemasan. Kita pun sering menemuinya disaat momen-momen tertentu dalam hidup kita. Tentu hal itu wajar jika kecemasan itu masih lazim. Atau juga kecemasan itu justru membuatmu lebih antusias dan termotivasi dalam melakukan sesuatu. Tapi jangan sampai kecemasan itu justru menyerangmu balik dan kamu sampai merasa tak berdaya.

Sumber: Idntimes.com

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
close-alt close collapse comment ellipsis expand gallery heart lock menu next pinned previous reply search share star